Umum

12 Contoh Robot Penyelamat

Karena ruang lingkup atau tingkat keparahan, kondisi bencana kadang-kadang terlalu berbahaya atau secara logistik rumit untuk mengirim responden pertama manusia. Inilah cara robot terbang, menggali, dan berenang untuk menyelamatkan.

Bencana alam sedang meningkat – begitu dramatis. Sejak tahun 1970, menurut PBB, jumlah peristiwa bencana di seluruh dunia telah empat kali lipat. Ketika datang ke respon bencana, maka, masuk akal bahwa lebih banyak bantuan lebih baik daripada kurang.

Semakin, itu berarti robotika untuk menyelamatkan.

Robot penyelamat – mereka yang terbang, berenang, merangkak melalui puing-puing, memadamkan api atau membantu penanggap pertama mengatasi masalah – telah meningkat pesat selama beberapa dekade terakhir. Begitu banyak, pada kenyataannya, bahwa ketika perampok robot penyelamat-robot Robin Murphy baru-baru ini ditanya masalah robot penyelamat mana yang paling ia sukai untuk menghilang, jawabannya sangat sederhana: kurangnya kesadaran. Responden, katanya, perlu tahu lebih banyak tentang alat teknologi yang sangat efektif yang mereka miliki.

Banyak penyelamatan air terjadi dalam kondisi berbahaya, tetapi beberapa terlalu sulit bagi manusia untuk melakukan tanpa risiko cedera serius atau hilangnya nyawa.

Sebuah kendaraan bisa terdampar di perairan yang cepat naik seperti banjir bandang. Jeram yang bergerak cepat bisa menyapu perenang yang tertekan ke hilir. Es mungkin memberi jalan di bawah kaki seseorang, memasukkannya ke dalam air yang sangat dingin.

Masukkan: robot penyelamat air. Mereka pergi ke tempat di mana manusia tidak bisa – dan tidak seharusnya.

Perusahaan-perusahaan ini mendorong robotika penyelamatan maritim lebih jauh ke perairan yang belum dipetakan.

Lokasi: Lembah Hijau, Ariz.

Bagaimana cara menggunakan robot penyelamat: Lanyard Penyelamatan Darurat Terpadu Hyrodnalix (EMILY) milik Hyrodnalix adalah robot yang dikendalikan dari jarak jauh dengan berat 25 pound yang berfungsi sebagai pelampung pelampung flotasi hybrid. Meskipun versi pertama tanggal kembali ke 2010, robot itu relatif sedikit diketahui sampai 2016, ketika itu dilaporkan membantu menyelamatkan ratusan pencari suaka di lepas pantai Yunani selama krisis migran Eropa. Menurut PRI, EMILY membantu lebih dari 240 pengungsi dalam 10 hari pertama penempatannya saja.

Dikembangkan bersama oleh Kantor Riset Angkatan Laut AS, Riset Inovasi Bisnis Kecil Angkatan Laut dan Hydronalix, EMILY dapat berlayar dengan kecepatan hingga 22 mph berkat mesin bertenaga baterai 22 volt. Selain itu, pesawat ini dapat membawa hingga lima orang dan menampilkan lambung yang diperkuat Kevlar yang membantunya menahan gelombang besar dan jenis benturan lainnya.

Berikutnya? Dibantu oleh National Science Foundation, para peneliti A&M Texas berusaha membuat EMILY lebih otonom melalui penggunaan teknologi penambatan drone dan sensor termal. Tujuan mereka adalah untuk mengurangi kesalahan manusia.

Lokasi: Pottstown, Pa.

Cara menggunakan robot penyelamat: Seperti EMILY, sistem pencarian dan penyelamatan / pemulihan VideoRay dioperasikan dari jarak jauh. (Kendaraan bawah air otonom – alias AUV – semakin umum di industri komersial, seperti minyak dan gas, tetapi bot penyelamatan masih membutuhkan kehadiran manusia, untuk alasan yang jelas.)

Kendaraan berkemampuan video yang dikendalikan oleh joystick adalah submersible kecil serbaguna yang menggunakan lampu bertenaga tinggi, pencitraan sonar multi-balok, GPS dan pengukur logam untuk membantu misi penyelamatan dan pemulihan. NYC Harbor Unit telah menggunakannya untuk inspeksi kargo dan Bertram Yachts pernah mengubahnya menjadi aksesori olahraga memancing. Tapi itu benar-benar bersinar di tangan klien seperti Kantor Sheriff St. Louis County, Minn., Yang regu penyelamatnya telah lama menggunakan perangkat itu. Di sini, mereka menceritakan sebuah situasi di mana seorang tukang kebun salju runtuh menjadi danau es dan kendaraan yang dioperasikan jarak jauh (ROV) membawa penyelam ke korban yang tenggelam.

Lokasi: NYC

Cara menggunakan robot penyelamat: entri robotika Pliant Energy yang paling terkenal adalah Velox amfibi. Dengan menggunakan sistem propulsi bergelombang dan lebih mirip beberapa vertebrata prasejarah daripada robot penyelamat biasa, Velox menavigasi medan menggunakan sirip silikon.

Direkatkan dengan kemampuan manuver yang ekstrem, ia dapat berenang melalui air, berseluncur di sepanjang es dan mendorong salju, yang semuanya menjadikannya kandidat yang baik untuk mengangkut tali atau penyelamat kehidupan bagi seseorang yang telah jatuh melalui es tipis dan masuk ke air dingin yang berbahaya.

Dengan moluska-y mien, Velox juga merupakan contoh yang baik dari biomimikri yang sangat umum dalam pengembangan robot penyelamatan. (Lihat snakebot di bawah ini.)

Robot Pencarian & Penyelamatan Urban

Tim robot iRap adalah Yankees dari sirkuit turnamen robot penyelamat. Berbasis di KMUT North Bangkok, kelompok proyek memenangkan hadiah utama di RoboCup Rescue internasional delapan kali dalam 18 tahun keberadaan kompetisi.

Tentu saja, kontes tahunan lebih sedikit tentang persaingan sengit daripada tentang memajukan robot penyelamatan, atau lebih khusus lagi, mengukur kemajuan tahun-ke-tahun di lapangan. Prototipe robot pencarian kota dan penyelamatan mengirimkan perbekalan, bekerja keras melalui pintu, melewati lubang-lubang batu dan menaiki “ladang step” kayu (pikirkan kerabat jauh dengan piramida kubus Q * bert) untuk mengukur ketangkasan, mobilitas, dan kecakapan eksplorasi mereka. .

Seperti halnya di bidang penyelamatan robot, kompetisi ini lahir sebagai respons terhadap tragedi – khususnya, dari keputusan pemerintah Jepang untuk mempromosikan penelitian dalam bantuan bencana perkotaan skala besar setelah gempa bumi Hanshin Besar tahun 1995.

Lihat beberapa lainnya yang telah membuat kontribusi penting, termasuk di garis depan bencana besar.

Lokasi: Nanaimo, B.C., dan Deer Park, Texas

Bagaimana cara menggunakan robot penyelamat: Diakuisisi oleh Eddyfi Technologies awal tahun ini, Inuktun tidak lagi berfokus terutama pada pembuatan robot inspeksi untuk operasi pencarian dan penyelamatan. Namun, upaya yang menonjol setelah dua tragedi paling menghancurkan dalam sejarah Amerika disebutkan.

Setelah serangan teroris 11 September, Departemen Desain dan Konstruksi Kota New York menggunakan robot Delta Inuktun (kemudian dikenal sebagai VGTV, untuk Variable Geometry Tracked Vehicle) untuk inspeksi penting – seperti misi ini untuk memastikan bahwa dinding lumpur kompleks World Trade masih akan melindungi dari banjir. Empat tahun kemudian, Florida Task Force 3 menggunakan crawler yang didukung kamera – yang dapat mencakup hingga 90 kaki per menit – untuk mencari korban yang selamat di bangunan yang terlalu tidak stabil untuk pencarian manusia di Biloxi, Miss.

Lokasi: Waltham, Mass.

Cara menggunakan robot penyelamat: Salah satu robot paling terkenal di dunia, kemanusiaan atau lainnya, Boston Dynamics ‘Atlas mengambil langkah pertamanya sebagai bagian dari Tantangan Robotika DARPA semi-legendaris. Kompetisi mendorong para insinyur untuk membangun mesin robot yang dapat membantu kru manajemen darurat mengatasi bencana alam dan buatan manusia. Sejak itu, Atlas humanoid telah tumbuh sedikit lebih gesit. Ia bahkan dapat melakukan backflips dan parkour.

Sebagai bagian dari tantangan DARPA, Atlas dirancang untuk melakukan tugas-tugas dasar tetapi berpotensi menyelamatkan jiwa dalam kondisi berbahaya: membalik sakelar, mematikan katup, membuka pintu, menjalankan peralatan listrik.

Selain penampilannya yang menyerupai manusia (diucapkan menyeramkan), Atlas terkenal karena beberapa komponen desain yang unik, seperti hidrolik ringan dan pelengkap cetak 3D. Itu juga dapat menyerap sejumlah besar penyalahgunaan.

Lokasi: Bedford, Mass.

Bagaimana cara menggunakan robot penyelamat: Seperti yang dicatat Wired pada tahun 2018, Fukushima pasca-krisis menjabat selama bertahun-tahun sebagai ruang latihan dan panggung utama bagi para peneliti robot yang ingin meluruskan barang dagangan mereka dalam penilaian dan pembersihan nuklir-darurat. Itu juga berlaku segera setelah itu, ketika iRobot – jangan bingung dengan saya, Robot – membawa sepasang PackBots untuk membantu menilai kerusakan.

Duo yang dioperasikan dengan telapak kaki dan telapak kaki “terbukti sangat berharga selama upaya awal untuk memastikan sepenuhnya rongsokan di dalam unit [reaktor], yang menderita kerusakan struktural besar sebagai akibat ledakan hidrogen,” tulis Japan Times hampir setahun. setelah tragedi itu.

iRobot lebih terkenal saat ini sebagai penemu Roomba. Dan PackBots, yang juga dikerahkan untuk menjelajahi puing-puing setelah 11/9, telah berubah menjadi aplikasi yang lebih militer-sentris seperti bom “mengendus,” deteksi sniper, dan penembakan IED. Tetapi PackBots tetap menjadi alat darurat yang berguna dan batu loncatan yang sangat berpengaruh dalam sejarah robot penyelamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *