kuliner

14 Makanan Solo yang Terkenal dan Harus Dicoba, Apakah Ada Favorit Anda?

Anda pasti setuju bahwa kota Solo atau Surakarta akan selalu menjadi salah satu dari banyak tempat liburan favorit bagi banyak orang. Solo memiliki banyak nuansa murni dan budaya dari pemandangan berlibur yang membuat siapa pun tidak dapat menolak untuk kembali lagi ke kota metropolis ini.

Seiring dengan banyaknya kunjungan, ada banyak makanan khas Solo yang dapat Anda perjuangkan sambil berjalan-jalan di kota metropolitan yang dapat dijuluki “The Spirit of Java”.

Makanan Solo yang Harus Dicoba, Ayo Bergaya!
Untuk teman-teman tiket yang harus memesan atau memutar jalan-jalan di Solo, tercantum di bawah ini adalah 14 makanan khas Solo yang harus dicoba. Tunjukkan bahwa Anda seorang pencinta kuliner dengan persediaan makanan lezat di Solo di bawah.

1. Bakso Solo

Siapa yang tidak kenal bakso Solo? Makanan lezat dari Solo ini dibuat dari bahan dasar daging sapi yang dibuat menjadi butiran, kemudian diperkaya dengan kaldu yang nikmat. Tidak hanya di Solo, spesialisasi Solo juga umumnya hadir di berbagai kota yang berbeda.

Bakso Solo, Anda dapat mencoba datang ke warung bakso Solo, diundang oleh Alex Solo Bakso (Jl. Yosodipuro, Ketelan, Banjarsari), Bakso Kadipolo (Banjarsari), dan Bakso Titoti (Jl. Honggowongso, Kemlayan, Serengan) .

2. Selat Solo

Tidak mengizinkan Anda untuk kuliner di Solo namun melewatkan makanan standar di Solo ini? Selat Solo adalah steak khas Jawa yang disajikan dengan sayuran hijau yang cukup banyak. Bahan utama itu sendiri adalah daging sapi yang memiliki saus luar dan permen, kurus.

Anda mungkin bisa berdiskusi mengenai Selat Solo di sejumlah lokasi yang tersebar di kota metropolitan ini, seperti Selat Mbak Lies Strait (Jalan Veteran, Serengan), Selat Warung Tenda Biru (Jl. KH Samanhudi, Laweyan), atau di Omah Selat Solo (Jl. Gotong Royong, Failure, Jebres).

3. Soto Kwali

Indonesia memang memiliki banyak varietas kuliner soto terkenal di berbagai daerah. Salah satu dari banyak soto di Indonesia yang memiliki banyak pengikut adalah Solo soto kwali. Kwali adalah wadah standar yang dibuat dari tanah liat. Soto yang dimasak dalam kuali bisa memiliki aroma tertentu dan ini memberikan kelezatan soto saat dimakan.

Salah satu lokasi makan soto kwali yang sangat membantu di Solo adalah Soto Kwali Pak Gino di Jalan Ki Mangun Sarkoro.

4. Tahu Kupat

Satu makanan khas Solo lainnya yang bisa Anda tanyakan adalah tahu kupat. Kuliner Solo yang lezat ini terdiri dari belah ketupat dan irisan tahu putih goreng. Selain itu, makanan ini bisa dilengkapi dengan kol, tauge, mie, dan saus kecap manis.

Anda mungkin bisa belajar kuliner di telinga Tahu Kupat Telor Sido Mampir Mbak Ida di Punggawan, Banjarsari, Solo, atau di Tahu Kupat Gombloh di Jalan Perintis Kemerdekaan, Laweyan.

5. Timlo

Sup daging ala Solo ini sudah sangat terkenal. Dalam kasus apa pun, siapa yang tidak tergoda untuk makan makanan khas Solo yang terdiri dari ayam suwir, telur, dan sosis solo yang nikmat ini? Timlo sangat ideal jika Anda memakannya dengan nasi putih panas.

Lalu di mana Anda bisa mengaktifkan Timlo? Mencoba datang ke Timlo Kwali Mangkunegaran di Jalan Raden Mas Disebutkan di Banjarsari, Solo. Anda juga dapat datang ke toko Timlo Solo Sastro yang terletak di Pasar Gede.

6. Pancake Solo

Setelah mencicipi makanan berat, Anda mungkin juga penasaran dengan gaya pancake Solo yang sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner. Kue konvensional legendaris ini dibuat dari tepung beras dengan tekstur lembek.

Salah satu dari banyak lokasi untuk membeli pancake Solo yang mungkin sangat terkenal adalah di Serabi Notosuman, yang terletak di Jalan Moh. Yamin Anda juga dapat menyampaikan makanan khas Solo ini sebagai oleh-oleh, tiket teman. Itu keren kan?

7. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah menu sarapan khas Solo dalam jenis nasi gurih dengan sayuran hijau, ayam, dan ayam. Nasi gurih yang disajikan dimasak dengan santan agar rasanya benar-benar berbeda dari nasi secara keseluruhan.

Jika Anda penasaran dengan bagaimana gaya makan khas Solo ini, upayakan nasi liwet kuliner, salah satunya di Buwong Buwet Rice di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Surakarta.

8. Kambing Tengkleng

Apakah Anda lebih suka makan daging kambing? Jika itu masalahnya, berarti harus bergaya untuk mencoba makanan khas Solo. Identinya adalah kambing tengkleng. Pada pandangan pertama, kambing tengkleng seperti kari. Namun demikian, benar-benar tidak sama, Anda mengerti!

Apakah Anda tertarik dengan kuliner ini? Mencoba datang ke salah satu dari banyak warung tengkleng yang sudah terkenal di kalangan pecinta kuliner Solo, khususnya Warung Tengkleng Klewer Bu Edi di sekitar Pasar Klewer.

9. Gudeg Ceker

Makanan khas berikut yang tidak boleh Anda lewatkan adalah cakar yang bagus dan nyaman. Ceker atau cakar ayam adalah bahan utama dalam membuat menu kuliner konvensional ini. Panas ft sangat nikmat ketika dimakan dengan nasi gurih, sambal krecek, dan sedikit kaldu.

Penasaran dengan makanan yang satu ini? Berusaha datang ke toko Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno di Jalan Monginsidi, Solo.

10. Sate Bateel

Menurut situs nurfasta Solo juga memiliki kuliner sate yang tidak kalah nikmatnya, lho. Kuliner ini diberi nama sate buntel. Buntel solo khas adalah kuliner dari daging kambing cincang. Untuk membuat sate lebih tebal, ada lapisan tipis lemak di permukaan yang juga memperkaya rasa sate.

Apakah Anda ingin mendisain makanan khas Solo ini, tiket teman? Mencoba datang ke Warung Sate Bu Hj. Bejo terletak di Jalan Sungai Sebakung, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo.

11. Wedangan

Jika hidangannya ada di Solo, Anda akan melihat bahwa tempat makan disebut sebagai restoran. Peregangan ini jelas merupakan tempat makan selain tempat nongkrong yang asyik untuk menghabiskan malam.

Ada banyak gudang di Solo. Salah satu makanan standar di Solo adalah nasi wedangan kucing, yaitu nasi dengan lauk pauk susu dan sambal. Salah satu dari banyak lokasi yang dapat Anda kunjungi di Solo adalah tempat Pak Dhie, yang terletak di belakang Istana Mangkunegaran.

12. Brambang Asem

Tentu saja salah satu makanan khas Solo yang sudah bulat untuk waktu yang sangat lama adalah brambang asam. Makanan ini dibuat dari daun permen kentang rebus, memiliki aroma bawang, dan karakter pedas.

Makanan ini paling pas jika dimakan dengan tempe gembus. Tanpa tempe, rasanya tidak lengkap. Sejumlah lokasi yang mempromosikan brambang asam. Anda akan menemukan salah satunya di Pasar Gede.

13. Tahok

Makanan di Solo yang mungkin sangat terkenal salah satunya adalah tahok. Makanan ini adalah suatu keharusan sehingga Anda dapat berusaha karena rasanya sangat nikmat. Di tempat lain, makanan ini umumnya dikenal sebagai bunga tahu.

Tahok memiliki tekstur lembek seperti puding dan rasanya permen. Biasanya makanan ini dimakan dengan saus gula jawa panas. Tempat terkenal untuk bergaya tahok adalah Pak Citro di Jalan Suryopranoto.

14. Es Gempol

Jika Anda mencari makanan khas Solo baru-baru ini, maka Anda akan dapat berusaha keras mengonsumsi es. Kuliner ini dibuat dari Gempol, santan, dan gula cair. Ungkapan gempol itu sendiri berasal dari kombinasi tepung beras yang dibuat dan diwarnai, kemudian dikukus.

Pada sore hari yang panas, Anda dapat memesan keripik es yang disajikan dengan es batu. Pasti dapat menyegarkan hari Anda dan dapat menemukan kota Solo bahkan lebih. Untuk gaya itu, Anda akan dapat datang ke ruang Laweyan, Solo.

Kuliner Spesialisasi Solo Pasti Bikin Kekurangan
Buddy ticket, setelah Anda memahami 14 makanan tertentu yang harus dicicipi di atas, kini bisa jadi saatnya Anda bisa disatukan untuk perjalanan ke Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *