pendidikan

Jenis dan Pengertian Akuntansi Anggaran

Anggaran adalah sebuah perencanaan perjalanan uang yang melibatkan perkiraan pengeluaran dan berbagai pemasukan yang akan digunakan untuk menutupi biaya dalam jangka waktu tertentu. Akuntansi anggaran merupakan salah satu jalan untuk melakukan pencatatan langsung pada anggaran dan memastikan perjalanan uang dalam anggaran ini sesuai baik dalam hal pengeluaran dan pemasukan. Pencatatan dilakukan secara khusus untuk menghasilkan perbandingan antara pengeluaran dan pemasukan yang dapat dilihat secara langsung.

 

Pencatatan anggaran secara rinci akan menjabarkan setiap proses keuangan dalam jangka waktu sesuai perencanaan anggaran dengan tujuan untuk menghasilkan analisa dan pengawasan. Sistem akuntansi yang digunakan merupakan bagian dari akuntansi manajemen. Pencatatan akan dilakukan pada rentang waktu yang telah diputuskan sesuai anggaran dan secara khusus berfokus pada perjalanan uang pada kaitannya dengan anggaran dan batas waktu yang telah ditetapkan. Pencatatan ini akan berakhir dengan tutup buku yang menghakhiri periode anggaran semua kegiatan keuangan yang berhubungan dengan anggaran tersebut.

pxhere.com

Perencanaan Anggaran

Memulai sebuah anggaran akan diawali dengan perencanaan kegiatan. Anggaran merupakan sebuah sistem pendanaan yang digunakan secara khusus untuk mendukung kegiatan terentu. Kegiatan akan melibatkan berbagai tindakan dan spesifikasi khusus untuk mencapai tujuan kegiatan. Pencatatan akan secara khusus dilakukan untuk memperhitungkan kegiatan perusahaan dalam satuan uang. Perusahaan membutuhkan perencanaan karena beberapa hal berikut.

  • Kondisi yang tidak pasti di masa depan
  • Sebagai pedoman kerja perusahaan
  • Persiapan awal untuk alternatif pelaksanaan kegiatan
  • Digunakan sebagai alat untuk mengatur kegiatan berbagai pihak yang terkait dengan kegiatan perusahaan.
  • Sebagai sebuah metode pengawasan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan.

 

Keterlibatan berbagai aspek perusahaan dalam kegiatan yang dianggarkan menjadi bagian yang harus diperhatikan dalam pencatatan anggaran. Sebuah rencana yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan baik dalam bentuk pekerjaan SOP perusahaan atau rencana lain akan melibatkan banyak pihak dan bagian dalam sebuah perusahaan. Pembagian anggaran dan pencatatan perlu dilakukan dengan ketelitian. Pencatatan yang dilakukan juga hanya berhubungan dengan sesuatu yang dapat dinilai dengan uang. Artinya semua ongkos, transaksi, material dan berbagai hal lain yang dapat dinilai dengan uang akan dimasukkan ke dalam pencatatan. Pada masa kini pencatatan anggaran telah melibatkan hampir semua hal dan jenis kegiatan.

 

Bagian yang paling penting dari perencanaan anggaran adalah menentukan periode penggunaan anggaran ini. Ada beberapa hal yang memudahkan dalam penentuan rentang waktu. Salah-satunya adalah prediksi pengeluaran dan nilai yang akan dikeluarkan untuk kegiatan terentu berdasarkan harga aktual pada masa kini dan perkiraan di masa yang akan datang. Semua jenis akuntansi anggaran ini akan dibatasi pada rentang waktu yang biasanya adalah satu tahun.

pxhere.com

Jenis-Jenis Anggaran dan Kegunaannya

Anggaran terdapat dalam beberapa jenis yang biasanya akan berbeda dalam hal tujuan dan rentang waktu. Jenis anggaran strategis adalah sebuah anggaran untuk kegiatan operasional umum perusahaan dan memiliki dampak jangka panjang. Anggaran ini bisa tetap berjalan dalam jangka waktu melebihi 1 tahun namun akan dievaluasi secara berkala. Selain itu ada juga anggaran taktis yang ditujukan untuk periode pencatatan satu tahun. Anggaran dengan jangka waktu yang kurang dari satu tahun akan disebut dengan anggaran bertahap sedangkan anggaran untuk jangka satu tahun akan disebut dengan anggaran periodik.

 

Pencatatan anggaran merupakan sesuatu yang digunakan untuk menjadi penentu arah dan pedoman untuk kegiatan perusahaan. Hal ini terjadi karena perencanaan anggaran akan melibatkan sasaran dan proses kerja yang cukup jelas. Karena alasan ini anggaran memiliki dampak langsung pada pekerjaan di dalam perusahaan. Susunan anggaran yang baik akan mengarahkan koordinasi pekerjaan setiap departemen dalam perusahaan sehingga akan tercipta gerakan perusahaan yang sinergis. Pada akhirnya hasil dari pencatatan akan menjadi sebuah alat untuk menentukan keberhasilan. Evaluasi dilakukan dengan menganalisa hasil dari pencatatan yang menggambarkan cara sebuah pekerjaan dilakukan.

 

Pembuatan catatan anggaran juga dipengaruhi oleh berbagai hal. Beberapa faktor dapat mempengaruhi pembuatan catatan anggaran secara internal permasalahan ini merupakan sesuatu yang berpusat pada kondisi perusahaan. Anggaran pada dasarnya akan dibuat dengan dasar kemampuan perusahaan untuk membayar dan berusaha mencapai tujuan. Prediksi yang digunakan dalam perusahaan akan didasarkan pada hasil yang didapatkan pada periode sebelumnya, modal perusahaan saat ini, tenaga kerja dan kapasitas perusahaan. Selain itu anggaran juga dapat secara langsung dipengaruhi oleh kebijakan dari perusahaan itu sendiri.

pxhere.com

Selain dari permasalahan internal perusahaan terdapat berbagai faktor dari luar yang mempengaruhi perusahaan. Setiap tahun terdapat perbedaan pada keadaan yang dihadapi perusahaan. Persaingan akan menjadi lebih ketat secara bertahap. Penghasilan, pendidikan, pertumbuhan penduduk serta agama, adat dan kebudayaan masyarakat akan mempengaruhi pergerakan perusahaan secara langsung. Ini merupakan hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan anggaran terutama dalam bidang pekerjaan dan tujuan.

 

Anggaran bisa meliputi seluruh kegiatan dalam perusahaan atau sebagian sesuai dengan rencana yang akan dijalankan. Untuk jenis yang melibatkan seluruh perusahaan dikenal dengan sebutan budget komprehensif. Perencanaan melibatkan peramalan kegiatan di masa depan yang akan didukung dengan anggaran taksiran atau forecasting budget. Akuntansi anggaran untuk perubahan biaya operasional perusahaan akan dibuat dalam anggaran variabel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *