Umum

Alasan Kenapa Mobil Anda Harus Dibawa Ke Bengkel Mobil

Sebuah mobil dengan spesifikasi dan teknologi yang canggih sekalipun pasti tak menutup kemungkinan akan mengalami masalah dibagian mesinnya. Biasanya kerusakan tersebut juga bisa disebabkan oleh kurangnya perhatian dankesadaran untuk merawat mobil. Sebagai pemilik mobil anda memang harus tanggap untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk pergi ke bengkel mobil. Jangan sampai kerusakan kecil pada mobil akhirnya berujung kerusakan yang parah akibat terlambat membawanya ke bengkel. Untuk itulah dalam artikel ini akan dijelaskan kapan waktu yang tepat pergi ke bengkel sekaligus tips memilih bengkel yang terbaik.

Kapan Waktu yang Tepat Membawa Mobil ke Bengkel?

Untuk merawat sebuah mobil memang diperlukan perlakuan khusus supaya mobil tersebut selalu dalam kondisi prima serta nyaman dipakai. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama diperjalanan maka anda perlu tahu tanda kapan mobil sebaiknya harus segera dibawa ke bengkel. Meskipun begitu, tanda-tanda tersebut belum tentu bisa sepenuhnya menjadi patokan waktu untuk membawa mobil ke bengkel. Untuk memudahkan anda menentukan saat yang tepat membawa mobil ke bengkel maka berikut akan dijelaskan tanda-tandanya.

  1. Muncul Asap Tebal dari Knalpot
    Saat knalpot mobil anda mengeluarkan asap yang tebal maka kemungkinan mesin mobil sedang bermasalah. Terlebih jika mesin mobil tersebut menggunakan diesel maka asap yang dihasilkan cenderung besar. Sebagai pemilik mobil anda harus tanggap terhadap warna asap mobil mulai dai putih, abu-abu, biru hingga hitam. Bila asap mobil berwarna putih maka artinya mesin mobil mengirim air melalui knalpot yang disebabkan oleh paking kepala silinder rusak. Untuk asap biru disebabkan karena mesin yang mengandung oli. Untuk asap yang berwarna hitam berarti mesin perlu di tune up karena terjadi masalah dalam pembakaran. Sedangkan asap berwarna abu-abu berarti terdapat beberapa masalah yang berasal dari katup PCV sampai kepala silinder.

    pxhere.com
  2. Kebocoran
    Tak bisa dipungkiri mobil juga bisa mengalami kebocoran karena terdapat berbagai jenis cairan di dalamnya. Untuk mengetahui ada atau tidaknya kebocoran maka sulakan cek bagian bawah mobil apakah terdapat cairan yang keluar atau tidak. Masalah kebocoran sebaiknya segera diatasi supaya tidak merambat ke komponen lain yang bisa menimbulkan kerusakan lebih parah pada mobil anda.
  3. Bergetar dan Menderit
    Perhatikan suara mobil anda, bila muncul suara berderit terutama ketika melewati gundukan kecil karena masalah tersebut bisa disebabkan oleh suspensi yang harus diperiksa. Sesudah muncul bunyi keras dari kendaraan maka silakan periksan bagian bawah mobil untuk memastikan apakah ada suspensi yang retak atau komponen lain yang rusak.
  4. Masalah Aneh
    Masalah aneh pada mobil tidak harus muncul setiap hari namun pada saat tertentu saja. Seperti pemakaian bahan bakar yang banyak namun tidak ada perubahan dalam gaya mengemudinya. Bila muncul bunyi yang aneh saat memindahkan gigi, tenaga yang hilang serta operasi mesin yang tidak rata maka segera lakukan pemeriksaan.
  5. Sistem Kelistrikan
    Awasilah fluktuasi kekuatan pada lampu mobil anda ketika berjalan dan berhenti. Lalu perhatikan pula intensitascahayanya. Cek pula sambungan listik bila anda menemukan masalah pada beberapa tombolnya. Untuk mengecek masalah kelistrikan ini sebaiknya anda menyerahkannya pada orang yang ahli masalah kelistrikan mobil.
pxhere.com

Memilih Bengkel Terbaik untuk Mobil

Sesudah anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membawa mobil ke bengkel, selanjutnya anda perlu cermat memilih bengkel mobil yang terbaik. Sebab bila anda salah memilih bengkel mobil maka bisa berakibat fatal pada mobil anda. Agar anda tidak salah dalam memilih bengkel untuk mobil maka berikut ini akan diberikan beberapa tipsnya.

  1. Bengkel dengan Suku Cadang yang Lengkap
    Ketika anda sedang mencari bengkel yang terbaik, maka pastikan bengkel tersebut mempunyai suku cadang mobil yang lengkap dan tersedia beragam pilihan. Anda bisa memilih sendiri suku cadang sesuai dengan budget yang dimiliki.
  2. Teknisi Profesional dan Bersertifikat
    Bengkel yang terbaik biasanya memiliki teknisi yang profesional dan sudah bersertifikat. Teknisi dengan kualifikasi tersebut bisa dipastikan sudah mempunyai pengetahuan yang banyak seputar mobil. Hal tersebut akan lebih terpercaya dan mempu menjamin service mobil anda akan berjalan sesuai prosedur yang berlaku.
  3. Bengkel Harus Mempunyai SOP dan QC
    Pastikan bengkel yang akan anda pilih sudah memiliki Standard Operating Procedure (SOP) dan Quality Control (QC) yang berkualitas tinggi. Dengan begitu bengkel akan lebih akurat untuk mendiagnosa penyakit mobil yang sedang dialami.

    pxhere.com
  4. Bisa didatangi Kapan Saja
    Pilihlah bengkel yang meleyani service tidak hanya pada hari kerja saja melainkan juga melayani saat tanggal merah maupun hari minggu. Dengan begitu anda bisa menservice mobil diwaktu senggang dan kapan saja.
  5. Memberikan Catatan Service
    Pastikan bengkel yang anda kunjungi dapat memberikan catatan service sehingga memudahkan anda dalam mengetahui kondisi terkini mobil tersebut untuk dilakukan service berikutnya.
  6. Pilih Bengkel yang Ramai
    Supaya anda tidak ragu membawa mobil ke bengkel yang terbaik maka silakan pilih bengkel yang ramai karena bisa menjadi pertanda bahwa banyak orang yang percaya dengan kualitas bengkel tersebut.

Melalui penjelasan di atas tentu sudah tidak ada alasan lagi yang membuat anda enggan pergi ke bengkel. Selain masalah di atas, bila AC mobil anda bermasalah maka anda bisa membawanya ke bengkel AC mobil untuk memperoleh penangan yang cepat dan tepat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *