flora

Mengenal Lebih Dalam Tentang Bunga Anggrek dan Cara Perawatannya

Anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak digunakan sebagai pelengkap pekarang rumah. Namun banyak pula yang menggunakan Anggrek sebagai sumber pendapatan, karena banyak orang membutuhkannya sebagai penghias rumah ataupun kebutuhan lainnya. Tidak heran, jika semakin hari semakin banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkan Anggrek dan menjadikannya tanaman pembawa keberuntungan, karena terkenal menghasilkan.

 

Anggrek merupakan bunga yang memiliki ragam jenis, warnanya pun cukup beragam. Karenanya penting untuk mengetahui jenis bunga mana yang cocok untuk dimilikki dan dijadikan hiasan. Untuk mengetahui ragam Anggrek yang tersedia diberbagai belahan dunia, anda tidak boleh melewatkan informasi ini. Karena hanya disini, tersedia banyak pilihan Anggrek yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dana.

Mengenal Anggrek si Tanaman Hias Ragam Warna

Anggrek adalah bunga hias yang dikenal memiliki banyak jenis anggota. Jenisnya tersedia dan tersebar luas diberbagai negara, baik yang beriklim tropis hingga sirkumpolar. Walaupun begitu, Anggrek lebih banyak tumbuh di negara yang Beriklim tropis, seperti Indonesia. Uniknya, Anggrek memiliki cara tumbuh yang berbeda-beda. Sebut saja, saat hidup di daerah yang memiliki iklim sedang, Anggrek tumbuh di tanah dan berbentuk menyerupai umbi sebagai perlindungan diri dari musim dingin.

 

Anggrek yang memiliki tubuh seperti umbi ini dapat bertahan dalam ketersediaan air yang minim. Bahkan, anggrek dapat hidup melalui embun dan udara yang lembap. Tidak heran, Anggrek tetap dapat bertahan dalam keadaan apapun. Karena kekuatan dan keindahannya, banyak orang yang menggunakan nama anggrek untuk kehidupan sehari-hari. Sebut saja, sebuah kereta Argo yang menggunakan nama Anggrek untuk mengapresiasi keidahan dan kekuatan bunga tersebut.

 

www.pexels.com

Ragam Jenis Anggrek di Indonesia

Indonesia yang memiliki iklim tropik merupakan tempat terbaik untuk tumbuhnya Anggrek. Tidak heran di Indonesia tersedia banyak jenis Anggrek yang tersedia. Penasaran? Berikut informasinya.

 

  1. Anggrek Kasut Kumis

Untuk anda yang sering melihat kantung semar, maka tidak akan aneh jika melihat bunga ini. Karena Anggrek Kasut Kumis sering dikatakan sebagai kembaran dari kantung semar. Bunga ini memiliki kantung dan memiliki bulu disekitarnya. Bunga ini memiliki warna ungu dan hijau. Jika melihat bunga ini, maka jangan salah menilai dan menganggapnya sebagai kantung semar.

 

  1. Anggrek Sendok

Dari namanya anda dapat mengetahui bahwa bentuk Anggrek ini menyerupai sendok. Walaupun demikian, bukan berarti Anggrek ini dapat digunakan untuk keperluan alat makan. Bunga ini memiliki warna yang unik, karena memiliki perpaduan warna kuning dan merah. Sebagai pelengkapnya terdapat warna putih yang menambah kesan menawan pada bunga.

 

  1. Anggrek Kerlip

Anggrek yang satu ini adalah salah satu jenis Anggrek Bulan yang banyak dibudayakan. Warnanya cukup unik, yaitu paduan ungu dan putih. Selain warnanya, anda dapat melihat keindahan bunga melalui wewangian yang dimilikkinya. Bunga ini banyak dibudayakan karena kelamaan bunga sulit didapatkan karena membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang.

 

  1. Anggrek Jingga

Anda yang belum pernah mengenal tentang Anggrek Jingga, maka disinilah informasi lengkapnya. Anggrek Jingga memiliki motif yang unik, yaitu motif macan tutul. Nama lain dari anggrek jingga ini adalah Renanthera Matutina. Sayangnya untuk mencari anggrek ini harus dilakukan dengan segera, karena bunga banyak diburu di pasaran.

 

  1. Anggrek Callus Vanda

Tersedia beberapa jenis Anggrek yang tersedia di Indonesia, bahkan menurut informasi anda bisa mendapatkan 40 spesies dengan beragam jenis warna berbeda. Kelopak bunga ini memiliki paduan yang sangat beragam, diantaranya biru dan putih. Kelopak bunga ini sangat unik karena bentuknya berbeda dibandingkan kelopak bunga lainnya.

 

  1. Anggrek Serat

Tanaman yang satu ini, dapat anda temui di Sulawesi Tenggara. Pada saat pertemuan pertama, penyukanya akan melihatnya dengan senang. Karena tanaman ini dikenal dengan nama Anggrek Serat. Kandungan serat inilah yang digunakan sebagai bahan anyaman. Hal inilah yang menyebabkan populasi anggrek semakin menipis dan harus untuk dibudidayakan.

 

  1. Anggrek Pensil

Masih berbicara tentang Anggrek, anda dapat melihat bunga yang satu ini dibanyak daerah di Indonesia. Anggrek Pensil dikenal memiliki bentuk yang unik seperti pensil. Pada tahun 1882, bunga ini digelari sebagai Ratu Anggrek. Nama ilmiah dari anggrek ini adalah Vanda Hookeriana. Anda dapat menemukan bunga ini di bunga bakung sebagai inangnya.

 

  1. Anggrek hibrida

Pernahkah anda melihat Anggrek yang dicangkok dengan anggrek lainnya? Anggrek ini dikenal dengan nama Anggrek Hibrida. Produk yang dihasilkan dari cangkokan ini memberikan hasil yang beragam. Diantaranya, Anggrek-Anggrek yang berawarna unik, seperti merah, pink dan kuning. Untuk mendapatkannya carilah bunga ini di toko bunga terdekat.

 

  1. Anggrek Tebu

Si Anggrek Raksasa, inilah nama panggilan dari Anggrek Tebu. Perlu diketahui bahwa Anggrek ini memiliki berat 1 ton dan tingginya hingga tiga meter. Jika anda melihat Anggrek Tebu dengan diameter 1-2 meter, maka berat bunga ini akan lebih besar. Walaupun bunga ini memiliki ukuran besar, harga perawatan yang sama dibandingkan perawatan Anggrek yang lainnya.

 

  1. Anggrek Pandan

Pandan bagi sebagian orang diketahui memiliki banyak manfaat. Namun, ternyata Pandan digunakan pula sebagai nama Anggrek disebuah daerah. Adapun daerah yang dimaksud adalah daerah Sumatera. Walaupun dikenal sebagai Anggrek Pandan, didaerah Kalimantan bunga ini dikenal dengan nama Sakat Lidah Ulang Teduang.

www.pexels.com
  1. Anggrek Kantung Kolopaking

Pernah mendengar nama Kolopaking sebagai nama keluarga? Rupanya nama ini digunakan pula sebagai nama sebuah Anggrek. Anggrek ini dikenal dengan nama Anggrek Kantung Kolopaking. Warna bunga ini adalah hijau tua yang kemudian menyerupai pita, ujungnya membulat, hingga memiliki bentuk yang unik.

 

  1. Anggrek Struberi

Jangan terkejut, jika anda melihat Anggrek yang tidak menyerupai Anggrek di pasaran lainnya. Karena Anggrek ini memiliki bentuk yang unik, seperti Spiral. Warna pada Anggrek ini sangat unik, yaitu perpaduan antara ungu, kuning dan putih. Panduan warna yang unik inilah yang membuat Anggrek Struberi banyak diburu di pasaran.

 

  1. Anggrek Hitam

Pernahkah anda memperhatikan sebuah bunga yang berwarna hitam? Jika tidak maka sempatkan waktu untuk mendatangi toko bunga dan mencari Anggrek hitam. Anggrek Hitam memiliki warna hitam yang pekat dan bunganya memiliki warna hijau yang indah. Untuk mendapatkan bunga ini sebaiknya siapkan dana besar, karena bunga memiliki harga tinggi.

  1. Anggrek Larat

Inilah pilihan Anggrek yang banyak tersedia di pasaran. Banyak orang yang menyukai Anggrek ini karena warna ungunya yang dominan. Namun untuk menemukan Anggrek ini sangat mudah, karena bunga bisa ditemukan di rumah-rumah budidaya. Jika tidak, anda dapat menemukan produk dibeberapa rumah individu yang melakukan pelestarian Anggrek.

 

  1. Anggrek Ki Aksara

Anggrek adalah jenis tanaman hias yang dikenal memiliki ukuran yang kecil. Sama halnya dengan Anggrek Ki Aksara ini, di mana bentuknya sangat mungil. Bahkan banyak yang berpandangan bunga ini seperti dikerdilkan. Walaupun bentuknya sangat mungil, bunga ini banyak disukai karena memiliki keindahan, pada bagian daunnya, yaitu corak yang menyerupai kilatan petir.

 

  1. Anggrek Bulan

Namanya yang menarik tentu menjadi perhatian banyak orang dan menimbulkan pertanyaan, mengapa diberi nama Anggrek Bulan. Jawabannya mudah, karena bunga ini memiliki warna yang sama dengan bulan, yaitu putih. Namun bunga ini memiliki perpaduan warna lainnya yaitu warna merah dan kuning. Untuk mendapatkannya, anda bisa mencarinya di Kalimantan Barat.

 

  1. Anggrek Kebutan

Bagi yang tidak mengenal bunga yang satu ini, akan menganggapnya sebagai nama “bohongan”. Walaupun sebenarnya, bunga ini benar-benar ada dan merupakan keluarga dari jenis Anggrek. Anggrek ini diberi nama Kebutan karena memiliki warna orange yang indah. Sayangnya, Anggrek ini mulai langka dan lindungi negara. Karenanya, penting untuk melestarikan agar tidak punah.

 

  1. Anggrek Bulan Bintang

Berbeda dengan Anggrek Bulan sebelumnya, bunga ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk seperti lima jari. Karenanya bunga dinamai Anggrek Bulan Bintang, karena memiliki lima jari dan warnanya hampir sama dengan Anggrek Bulan sebelumnya. Perpaduan warna hijau, putih dan merah pada bunga inilah yang membuat setiap orang berlomba memilikinya.

 

  1. Anggrek Jamrud

Jamrud memang dikenal sebagai salah satu band terbaik di era-90an. Rupanya nama Jamrud juga digunakan untuk nama sebuah bunga, yaitu bunga Anggrek. Kemudian dikenal dengan nama Anggrek Jamrud dan memiliki paduan warna yang khas. Selain warnanya, bunga ini banyak disukai karena wanginya harum. Untuk mengetahui bunga ini perhatikan keberadaan bulu pada bagian bunganya.

 

Itulah beberapa jenis Anggrek yang dapat dijadikan pilihan. Dari semua Anggrek ini mana yang menjadi kesukaan anda? Jika sudah menentukan, waktunya melanjutkan untuk menanam dan cara perawatan bunga.

 

www.pexels.com

Perawatan Bunga Anggrek Termudah dan Dijamin Sukses

Banyak orang yang berpandangan bahwa merawat Anggrek adalah hal yang sulit dilakukan. Karenanya, banyak yang enggan merawat tanaman yang satu ini. Karena itu, inilah cara termudah merawat Anggrek.

 

  1. Penyiraman

Selayaknya tanaman lain, Anggrek membutuhkan air untuk tetap tumbuh. Karenanya, perlu dilakukan penyiraman secara berkala agar Anggrek tidak mati. Anggrek dapat disiram dengan jenis air apapun, selama air tidak terkontaminasi dengan campuran lainnya. Pastikan lakukan penyiraman secara berkala, agar Anggrek tidak kekurangan air dan menghambat pertumbuhan.

 

  1. Lampu Ruangan

Inilah alasan mengapa banyak orang yang enggan menumbuhkan Anggrek, karena Anggrek membutuhkan perhatian khusus saat ditanam dalam ruangan. Jika ingin melakukan ini, anda harus menyediakan lampu ruangan terbaik agar dapat menjaga tanaman terkena pencahayaan yang cukup. Sedangkan jika menggunakan sinar matahari, bacalah di poin yang berikut.

 

  1. Pemupukan

Untuk memberikan kesuburan pada tanaman, biasanya tumbuhan diberikan makanan ataupun pupuk. Pupuk yang digunakan cukup beragam, namun disarankan untuk menggunakan pupuk kompos. Jika kebingungan untuk mencari pupuk, anda dapat membelinya melalui Florist Jakarta, karena disini tersedia beragam pilihan pupuk yang cocok untuk Anggrek.

 

  1. Kelembapan Tanaman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anggrek adalah tanaman yang harus tumbuh dalam keadaan lembab. Karena tanaman ini biasanya tumbuh di daerah Tropis yang cukup lembab. Anda yang benar-benar menginginkan Anggrek, sebaiknya perhatikan kelembapan udaranya. Karena tanpa hal tersebut, Anggrek tidak berkembang dengan baik bahkan dapat mati.

 

  1. Sinar Matahari

Poin ini sangat penting untuk anda yang ingin menanam Anggrek di luar ruangan dan terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan Anggrek, namun tidak berarti semakin banyak terkena matahari semakin baik. Karenanya pengaturan pencahayaan perlu dilakukan sedemikain rupa agar Anggrek dapat bertumbuh subur.

 

  1. Media Tanam

Anda yang senang dengan tanaman, tentunya memiliki beberapa standar untuk menggunakan media tanam. Namun untuk Anggrek, perhatian khusus harus diberikan. Karena Anggrek memiliki cara yang berbeda untuk tumbuh, termasuk penggunaan media tanamnya. Untuk mengetahui media tanam yang cocok untuk Anggrek, cobalah mencari informasi lebih dalam.

 

  1. Waktu Tumbuh

Setiap Anggrek memiliki waktu tumbuh tersendiri, hal ini juga dipengaruhi oleh hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk itu, perlu diperhatikan setiap poinnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika anda belum mengetahui waktu tumbuh masing-masing Anggrek, carilah buku-buku terkait Anggrek ataupun mencari tahu dari beberapa toko penjual Anggrek.

 

Mudah bukan cara menanam dan merawat Anggrek? Jika tertarik, segeralah cari bibit Anggrek terbaik di Florist Jakarta. Karena disini tersedia berbagai pilihan bibit dan beberapa tips agar Anggrek dapat bertumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah.

 

www.pexels.com

Manfaat Bunga Anggrek Untuk Kesehatan dan Keindahan

Pandanga orang tentang Anggrek hanyalah untuk memberi keindahan di rumah. Sebenarnya, tersedia beberapa pandangan lain tentang manfaat Anggrek. Apakah manfaatnya? Berikut informasinya.

 

  1. Keindahan

Seperti yang telah banyak diketahui, Anggrek memang berguna untuk memberikan keindahan bagi rumah. Hal ini terbukti karena Anggrek memiliki warna-warna menarik di setiap bunga. Uniknya, tidak ada warna yang sama pada setiap paduan warna yang dimilikki. Karenanya, banyak orang yang berlomba menjadi kolektor Anggrek sekaligus mengusahakannya.

 

  1. Menghilangkan Polusi

Polusi yang ada di Indonesia terus meningkat dengan meningkatnya angka kendaraan. Untuk menyiasati terus bertambahnya polusi di udara, anda dapat menanam Anggrek di rumah. Karena Anggrek dipercaya memiliki manfaat untuk menghilangkan polusi dan racun di udara. Karena itu, udara di sekitar rumah lebih segar dan sejuk untuk dinikmati.

 

  1. Penghilang Stress

Pada beberapa kesempatan, para orang tua mengumpulkan Anggrek untuk menghilangkan stress karena pekerjaan. Hal ini terbukti, karena Anggrek memberikan kesibukan saat mewarat Anggrek dan melupakan pekerjaan dan tekanan stress. Selain itu, keindahannya akan mengurangi rasa stress dengan segera karena memberikan energi positif dan menenangkan.

 

  1. Membantu Sakit Gigi dan Telinga

Salah satu jenis Anggrek yang tersedia di Indonesia adalah jenis Arethusa Bulbosa. Jenis Anggrek inilah yang memiliki senyawa aktif untuk meredakan sakit gigi dan telinga. Namun untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, anda dapat mencarinya di buku-buku ataupun media pencarian. Tujuannya, agar diketahui bagaimana cara pemanfaatan Anggrek tersebut.

 

  1. Menyembuhkan Demam

Rupanya masih tersedia manfaat lain yang dapat dirasakan dari Anggrek. Salah satunya untuk meredakan demam dan nyeri sendi. Masalah ini akan teratasi dengan Anggrek jenis Aplestrum Hyemale. Karena didalamnya terdapat senyawa yang akan mengobati demam hingga bisul. Sementara itu, nyeri sendi dapat di obati dengan daun hootieriana vanda.

 

  1. Tonik Panjang Umur

Setiap orang menginginkan umur panjang dan tetap dalam keadaan sehat. Sayangnya, hal ini sulit terjadi mengingat banyaknya penyakit terbaru yang ada di masyarakat. Namun dengan menggunakan Anggrek, anda dapat mewujudkan hal ini. Cara mengonsumsinya adalah campurkan ramuan tonic dengan akar licorice dan konsumsi berkala.

 

  1. Bahan Makanan

Inilah yang masih jarang diketahui banyak orang, di mana Anggrek digunakan sebagai bahan makanan. Anggrek digunakan sebagai snack yang lezat di Thailand, sementara dinegara lain Anggrek digunakan sebagai acar ataupun hiasan pada kue. Jika penasaran dengan kenyataannya, cobalah mencarinya di mesin pencari untuk melihat ketersediaan makanan.

 

Besarkah Peluang Berusaha Budidaya Anggrek?

Anggrek adalah jenis tanaman hias yang sulit untuk dikembangkan. Karenanya, banyak orang yang enggan membudidayakan Anggrek, sementara Anggrek terus diburu dan dimanfaatkan. Akibatnya, Anggrek mengalami kelangkaan dan membutuhkan budidaya lebih lanjut. Bahkan sebagai upaya pembudidaya Anggrek, pemerintah melarang beberapa jenis Anggrek untuk diburu, karena langka.

 

Melihat banyak dibutuhkannya Anggrek di pasaran, anda perlu melihat bahwa terbuka peluang usaha sangat besar. Namun untuk menjalankan usaha ini, penting mempelajari cara berbisnis dan perawatan Anggrek, sehingga usaha dapat berjalan lancar. Cara perawatan Anggrek adalah hal yang terutama untuk dipelajari, karena perawatan Anggrek berbeda dengan perawatan tanaman lain.

 

Tujuannya, agar Anggrek dapat memberikan hasil yang maksimal dan dapat tumbuh dengan subur. Selain itu, perlu diperhatikan pula cara berbisnis yang benar, utamanya perhitungan pencarian untung dan modal yang dikeluarkan. Jika kedua hal ini sudah dipelari dan dijalankan dengan benar, tidak perlu khawatir untuk menjalankan usaha, mengingat peluang usaha Anggrek terbuka sangat lebar.

 

Persiapan Memulai Usaha Jual Beli Anggrek

Sudah siap memulai usaha Anggrek dan dapatkan keuntungan berlimpah? Tunggu beberapa saat lagi dan dapatkan tips memulai usaha terbaiknya, seperti berikut ini.

 

  1. Mental

Sebagai seorang pengusaha anda membutuhkan mental yang kuat untuk menjalankan usaha. Artinya, jangan terlalu lemah dan merasa terpuruk saat usaha mengalami masalah. Melainkan usaha harus kembali bangkit untuk mendapatkan keuntungan lebih. Jika mental belum siap untuk melakukannya, sebaiknya urungkan niat untuk memulai bisnis Anggrek.

 

  1. Modal

Anggrek dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki harga mahal. Hal ini cukup relevan mengingat perawatan Anggrek sangat mahal dan bibit yang dipilih haruslah bibit terbaik. Karenanya modal untuk memulai usaha ini dikenal cukup besar. Jika tidak memiliki modal yang besar, sebaiknya mulailah dengan mengikut usaha orang lain dan merintis secara perlahan.

 

  1. Promosi

Pilihlah cara promosi yang tepat untuk memulai usaha. Karena ini merupakan bisnis tanaman, maka penting untuk promosikannya ke pecinta tanaman. Bagaimana cara menemukan pecinta tanaman? Anda dapat mengikuti berbagai pameran tanaman dan memberikan kartu nama untuk para pengunjung. Dari sinilah, usaha akan dikenal oleh banyak orang.

 

  1. Tempat yang Strategis

Berikutnya, anda harus memilih tempat terbaik untuk melakukan usaha. Disarankan untuk memilih tempat usaha yang berdekatan dengan jalan dan banyak dilalui orang. Namun, pastikan pula tanah yang ada ditempat tersebut merupakan tanah yang subur. Tujuannya, agar Anggrek dapat ditanam secara langsung pada tanah-tanah tersebut.

 

  1. Ketersediaan Barang

Anda harus mempersiapkan produk beragam saat memulai usaha ini. Artinya, sediakanlah ragam varian Anggrek untuk diperjualbelikan pada pelanggan. Semakin sulit bibit yang dipunya didapat, maka harga bibit tersebut akan semakin mahal. Namun, hal ini berlaku pula saat bibit banyak beredar.

 

Sebelum memulai usaha dan menanam Anggrek, ada baiknya lengkapi pengetahuan dengan mengikuti pelatihan dan usaha orang. Karena dari sanalah akan didapat beragam ilmu terkait bisnis dan Anggrek.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *