food

5 Resep MudahCara Membuat Kue Kering Tanpa Oven

Banyak orang menyukai camilan manis untuk disantap di waktu luang sambil menonton tv, bekerja ataupun belajar. Salah satu camilan yang cukup banyak digemari adalah jenis kue kering. Kue kering sendiri ada banyak sekali macamnya, bahkan ada berbagai kue kering khas daerah tertentu yang hanya bisa ditemukan di daerah asalnya. Kue kering ini pun bisa jadi bisnis yang menjanjikan mengingat banyaknya penggemar dari kue manis nan renyah ini.

Cara Membuat Kue Kering Tanpa Oven

Namanya saja sudah kue kering sudah pasti di dalam proses pembuatannya ada tahapan yang membuatnya renyah dan enak. Tahapan ini umumnya dilakukan dengan cara pengovenan. Oven sendiri saat ini memang sudah menjadi salah satu alat wajib untuk pembuatan roti. Tapi tidak semua orang punya alat pemanggang yang satu ini. Tak perlu khawatir tidak bisa membuat kue kering, Anda tetap bisa membuat sendiri kue renyah enak sesuai selera Anda dengan resep mudah cara membuat kue kering tanpa oven berikut ini:

  1. Kue Putri Salju

Siapa yang tidak suka dengan kue bercita rasa manis dan gurih yang satu ini. Kue ini dinamai putri salju karena penampilannya yang diselimuti gula halus putih yang manis. Kue kegemaran banyak orang ini ternyata bisa lho dibuat tanpa harus menggunakan oven, berikut ini bahan dan tahapannya:

www.pexels.com
  • Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue putri salju ini diantaranya adalah mentega 200 gram, gula halus 70 gram, kacang mete sebanyak 200 gram yang sudah dihaluskan, tepung terigu 210 gram, gula halus dan gula bubuk untuk taburan.

  • Cara Membuat Kue Putri Salju

Kue putri salju ini sebenarnya tidaklah sulit untuk dibuat, tahapannya pun tidak terlalu rumit. Jika ingin mencoba membuat sendiri kue putri salju tanpa oven ikuti langkah berikut ini:

  1. Siapkan wadah besar kemudian masukkan gula halus dan margarin dan aduk hingga semua tercampur merata
  2. Masukkan tepung terigu dan kacang mete yang sudah dihaluskan ke dalam adonan tadi lalu aduk kembali hingga tercampur sempurna.
  3. Jika konsistensi adonan sudah tepat uleni adonan kemudian bulatkan dan simpan di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
  4. Setelah 30 menit Anda bisa mulai proses pencetakan adonan yaitu dengan cara memipihkan adonan terlebih dulu bisa dengan cara menggilingnya. Setelah adonan pipih bentuk dengan cetakan berbentuk bulan sabit khas kue putri salju.
  5. Adonan yang sudah tercetak kemudian dikukus di dalam panci pengukus namun tanpa diberi air. Sebelum dikukus jangan lupa untuk mengoleskan margarin terlebih dulu di bagian atas saringan kukusan Anda.
  6. Masaklah adonan dengan panci pengukus tanpa air tadi selama sekitar 20 menit menggunakan api kecil.
  7. Setelah matang dinginkan kue dan buatlah bahan tambahannya berupa gula bubuk.
  8. Gulingkan kue putri salju yang sudah matang tadi ke dalam gula bubuk sampai terselimuti sempurna.
  9. Kue siap disantap.
  10. Kastengel

Kue kastengel adalah salah satu kue favorit orang Indonesia yang biasa ditemui ketika hari raya Lebaran. Kue ini punya rasa gurih nikmat dengan taburan keju di atasnya. Kue kastengel ini disukai oleh berbagai kalangan dan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kue favorit ini bisa lho Anda buat sendiri di rumah tanpa perlu menggunakan oven, berikut bahan dan langkah pembuatannya;

  • Bahan

Cara membuat kue kering kastengel diawali dengan mempersiapkan bahan berupa :

www.pexels.com
  1. Tepung terigu 500 gram
  2. Tepung maizena 25 gram
  3. Susu skim atau susu fluu cream 25 gram
  4. Mentega kurang lebih 4 sendok makan
  5. Margarin sebanyak 200 gram
  6. Telur ayam 2 butir (ambil kuningnya saja)
  7. Garam secukupnya
  8. Keju parut

Bahan untuk olesan :

  1. Keju parut (cheddar)
  2. Kuning telur 1 butir
  3. Pewarna makanan kuning
  4. Minyak goreng
  • Semua bahan tadi kemudian digunakan untuk membuat kue kastengel dengan langkah:
  1. Siapkan wadah kemudian masukkan tepung maizena, tepung terigu, baking powder dan susu skim lalu aduk hingga merata.
  2. Siapkan wadah lain untuk mengocok mentega, margarin serta kuning telur. Kocok menggunakan mixer ataupun kawat pengocol sampai adonan berubah warna menjadi pucat dan juga lembut.
  3. Tambahkan keju ke dalam adonan telur tadi dan kocok kembali hingga rata.
  4. Setelah adonan telur dan keju tercampur sempurna mulai masukkan campuran tepung dan susu tadi ke dalam adonan keju dan telur secara perlahan sembari diaduk. Pastikan semua adonan sudah tercampur sempurna.
  5. Ambil adonan sedikit kemudian bentuklah memanjang sesuai keinginan dan taruh di atas loyang ataupun wadah datar lainnya.
  6. Buat bahan olesan dengan mencampurkan kuning telur, air, minyak goreng serta pewarna makanan kuning. Aduk semua hingga merata
  7. Oleskan campuran tadi ke tiap-tiap adonan yang sudah dibentuk dan diletakkan di atas loyang kemudian taburi masing-masingnya dengan keju chedar parut.
  8. Siapkan alat untuk memanggang dengan memanaskan wajan terlebih dulu. Setelah panas taruhlah tatakan panci dengan posisi dasarnya di atas. Kemudian taruhlah tutup panci di bagian atasnya dan tunggu sebentar sampai tatakan panci panas.
  9. Tatakan panci yang sudah panas selanjutnya diolesi dengan margarin dan siap untuk ditaruh kastengel di atasnya.
  10. Selanjutnya tutuplah wajah dengan menggunakan tutup panci lalu masak adonan dengan api sedang sampai matang.
  11. Angkat kastengel yang sudah matang, kemudian biarkan dulu sampai benar-benar dingin sebelum memasukkannya ke dalam toples ataupun membungkusnya.
www.pexels.com

Dua kue tadi merupakan contoh kue kering terpopuler yang banyak disukai masyarakat. Selain kue kering tadi masih ada banyak jenis kue kering lainnya yang bisa dibuat tanpa menggunakan oven. Meskipun tidak menggunakan oven Anda tetap bisa memanfaatkan perkakas dapur lainnya dengan prinsip memanggang adonan. Selain kue kering ada pula jenis kue basah dan kue tradisional yang juga banyak menjadi favorit masyarakat. Setelah mempelajari cara membuat kue kering Anda bisa mengembangkan diri dengan mempelajari cara membuat aneka kue lainnya seperti kue basah dan kue tradisional.

Jika bisnis kue kering bisa dilakukan dengan memasarkan kue dalam jumlah banyak dengan kemasan, bisnis kue basah dan kue tradisional bisa dilakukan dengan membuka jasa pesan snack box. Jasa pesan snack box ini bisa melayani pelanggan yang membutuhkan makanan ringan untuk berbagai acara baik acara resmi ataupun tidak resmi, berbeda dengan bisnis kue yang kering arahnya lebih banyak ke konsumen rumah tangga. Apapun usaha kue yang ditekuni lakukan dengan serius dan telaten agar bisa memberikan pelayanan dan produk terbaik kepada konsumen yang pada akhirnya tentu akan mendatangkan keuntungan berlimpah sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *