Umum

Cara Mudah Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa

Pohon kelapa diketahui sebagai tanaman multiguna. Mulai dari akar dan buah-buahan, sehingga daunnya dapat dipakai untuk bermacam-macam kebutuhan. Demikian juga tempurung kelapa yang dapat dipakai sebagai bahan kerajinan dari tempurung kelapa yang mempunyai energi jual tinggi.

Kerajinan tempurung kelapa yang dapat dipasarkan di sana bermacam-macam-jenis. Sebagian mempunyai skor fungsional untuk kehidupan sehari-hari, seperti celengan dan cangkir. Ada juga aksesoris indah seperti kalung kerajinan.

Mari kita cari tahu teknik membikin kerajinan dari batok kelapa!

  1. Kerajinan batok kelapa: lampu hias dari batok kelapa

Seperti halnya kerajinan kardus, kerajinan tangan yang terbuat dari tempurung kelapa bisa menjadikan lampu hias yang gampang dihasilkan dan menawan, dan tentunya mempunyai daya penjualan yang tinggi.

Lampu hias seperti ini akan mempercantik tampilan ruang tetamu Anda. Anda juga dapat mengaplikasikannya sebagai lampu tidur di dalam ruangan sebab sinarnya tak terlalu jelas berhubungan dengan pola yang diciptakan oleh lampu dinding.

Berikut merupakan bahan-bahan yang wajib Anda persiapkan sebelum membikin lampu dekoratif ini.

  • Batok kelapa
  • Kertas kaca
  • Kawat besi
  • Bor listrik
  • Cat pernis

Sistem membikin:

  • Ampelas permukaan tempurung kelapa hingga menjadi halus.
  • Pertama, gambarkan figur yang diharapkan, kemudian desain figur dengan pisau.
  • Buat lubang di batok kelapa sebagai lampu.
  • Buat stan yang menerapkan tempurung kelapa. Stand ini juga dapat dihasilkan dari tempurung kelapa atau kayu. Format pantas kemauan Anda.
  • Tempelkan cangkang dan dudukan menerapkan kawat.
  • Tutupi kerak dengan pernis supaya kelihatan mengkilap, tapi konsisten menonjolkan warna dan tampilan kelapa absah.

Kiat:

Jikalau Anda berharap menggantung lampu dekoratif, Anda bisa menerapkan tali dan melilitkannya di sekitar batok kelapa dengan menyusun pola yang unik dan menarik.

  1. Kerajinan tempurung kelapa: cangkang cangkang

Kutipan:

Menunjukkan adat istiadat modern yang dibalut kearifan lokal yang simpel, itu akan menjadi tenaga tarik khusus bagi pengunjung atau pelancong lokal atau asing.

Bisnis masakan di Indonesia sedang berkembang kini. Pengusaha masakan bertanding untuk menarik lebih banyak pengunjung dengan sistem yang berbeda, dari menunjukkan konsep yang tak awam dan rasa makanan yang unik.

Kecuali mendekorasi ruangan dengan kelengkapan makan menarik yang dipakai untuk menjamu tetamu, mereka juga melihat.

Memakai kelengkapan makan yang terbuat dari bahan-bahan natural seperti cangkir dan mangkok yang terbuat dari tempurung kelapa akan menambah nuansa eksentrik.

Bantul merupakan gudang kerajinan dari Tempurung Kelapa. Salah satu kerajinan yang familiar merupakan mangkok yang terbuat dari tempurung kelapa yang umumnya dipakai untuk memberi tahu cangkang soto.

Kerajinan lain yang tidak keok menawan dari pot batok kelapa merupakan cangkir batok kelapa. Sistem membuatnya jadi gampang.

Siapkan saja kelapa dan kayu sebagai pegangan. Berikutnya, bagi semua tempurung kelapa menjadi dua komponen. Yang satu wajib sedikit lebih besar dari yang lain.

Pengamplasan tempurung kelapa hingga halus. Jadikan kaki sebagai alas dari sisa tempurung kelapa tadi. Dapatkan dan pegang batok kelapa. Cup coat dengan minyak mineral supaya lebih menarik. Anda juga dapat mengecat komponen luar cangkir seandainya perlu.

  1. Kerajinan Tempurung Kelapa: Celengan Lucu Celup Kelapa

Memberi si kecil-si kecil ke tabungan semenjak kecil akan menumbuhkan budaya bagus. Hati-si kecil Anda akan terbiasa hidup hemat dan menyisihkan beberapa uang mereka untuk dipakai di masa depan.

Untuk si kecil-si kecil menjadi lebih bermotivasi seputar menabung, Anda bisa membeli celengan unik seperti celengan dengan gambar karakter animasi unggulan mereka atau celengan kelapa seperti ini.

Celengan dari batok kelapa dalam format kura-kura yang betul-betul unik. Ukurannya yang ringkas betul-betul pantas untuk menampung uang yang disisihkan oleh si kecil-si kecil Anda.

Terbukti, bagaimana Anda membuatnya semacam itu gampang, lho. Anda juga bisa membikin sendiri untuk si kecil-si kecil Anda. Jikalau Anda berperilaku lebih banyak, bukan tak mungkin untuk memasarkan dan menjadikan profit.

Untuk membikin celengan ini, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut.

  • Batok kelapa
  • Kertas halus, kasar, dan halus
  • Saw
  • Pisau
  • Perekat

Sistem membikin:

  • Campur semua permukaan batok kelapa dengan kertas amplas kasar.
  • Sesudah halus, lihat komponen tengah cangkang hingga pecah.
  • Bersihkan dan haluskan komponen dalam batok kelapa.
  • Buat lubang kecil seandainya cukup untuk menyimpan uang di celengan.
  • Campur lubangnya dengan amplas.
  • Buat tikar celengan berbentuk seperti kaki dan kepala kura-kura.
  • Masukkan batok kelapa dan biarkan dengan perekat.
  • Melapisi batok kelapa atau melapisi dengan pernis supaya lebih menarik.
  1. Karakter batok kelapa: Gantungan kunci terbuat dari batok

Ketika menyelenggarakan pernikahan, itu tak akan komplit seandainya Anda tak menawarkan souvenir indah sebagai oleh-oleh untuk tetamu undangan. Souvenir yang dikasih terhadap tetamu undangan umumnya merupakan pengrajin yang berkhasiat.

Model kerajinan yang kerap dipakai sebagai oleh-oleh untuk pernikahan merupakan artefak dari kerajinan dan kerajinan tempurung kelapa.

Model kerajinan dari batok kelapa yang gampang dihasilkan dan pantas untuk pernikahan merupakan gantungan kunci. Terlepas dari kesederhanaannya, seri utama ini unik dan berguna. Malah, banyak dari rantai utama ini dipasarkan di daerah-daerah tamasya sebagai oleh-oleh.

Walaupun, sistem membikin gantungan kunci kelapa betul-betul gampang. Yang wajib Anda lakukan merupakan memotong batok kelapa kering menjadi potongan-potongan kecil untuk membikin figur lebih gampang.

Gambar pola yang Anda inginkan pada selembar batok kelapa. Polanya dapat dalam format dedaunan, bunga, kuda nil, telapak tangan atau tulang ikan. Lalu, hati-hati memotong polanya menerapkan pisau.

Jikalau Anda mempunyai figur yang diharapkan, gali komponen atas figur sebagai gantungan kunci. Berikutnya, amplas permukaan semua batok kelapa yang terwujud permulaan supaya halus.

Sesudah shell menjadi lembut, Anda bisa memakai warna atau kilau unggulan Anda. Untuk sentuhan akhir, sambungkan gantungan kunci besi ke lubang kecil yang sebelumnya sudah dibor.

  1. Karakter batok kelapa: Shell untuk kalung

Keperluan masyarakat Indonesia dan pelancong asing untuk menerima aksesori unik dan eksotis yang melengkapi mode merupakan kans bisnis bagi pengrajin kelapa. Kini aksesoris tempurung kelapa kian diminati oleh masyarakat.

Tingginya permintaan untuk cincin dan kalung tempurung kelapa membikin pengrajin kelapa menjadikan jutaan rupee sebulan.

Anda juga bisa mencoba kans bisnis ini. Padahal tak gampang untuk membikin kerajinan flanel, Anda masih dapat membikin kelapa.

Dengan mengambil profit dari batok kelapa yang sudah dipotong, dikasih, diampelas dan dikombinasikan dengan sedikit kreativitas, Anda akan bisa meniru langkah-langkah pengrajin yang berhasil dalam membikin biji kelapa.

Manfaat Batok Kelapa

  • Pengawet Makanan Natural

Tahukah Anda bahwa batok kelapa dapat menjadi pengawet makanan natural? Ini dapat ditangani terutama dulu menjadi cair. Triknya memang agak kompleks, yakni menghisap cangkang dan kemudian cairan kentalnya timbul sebagai kecap. Isi cairan dalam satu wadah. Cairan hal yang demikian dapat dipakai untuk menjaga kayu supaya tak dimakan rayap.

Jikalau Anda berharap mengaplikasikannya sebagai pengawet gizi, Anda wajib memperlakukan cairan lagi. Cuma dengan demikian bisa dipakai pada panganan yang berharap Anda pertahankan.

  • Filter Natural untuk Memperoleh Air Bersih

Mungkin Anda merupakan satu dari banyak orang yang menderita keluhan air dekil di rumah. Tak seluruh tempat mempunyai jalan masuk ke air bersih. Sebagian daerah mempunyai banyak logam sehingga air terlihat berkelok. Karenanya Anda dapat menerapkan tempurung kelapa ini.

Dengan batok kelapa, airnya dapat lebih murni dan bersih. Ini sebab tempurung kelapa mempunyai kandungan karbon aktif. Bahan karbon mengikat kotoran sehingga air menjadi lebih bening sesudah via filter batok kelapa.

  • Bahan Baku Pupuk Organik

Ada banyak manfaat yang dapat didapatkan dari batok kelapa. Anda pun bisa membikin yang satu ini sebagai pupuk organik. Pupuk organik ini bisa memberikan gizi optimal bagi tanaman. Kandungan tempurung kelapa yang natural dan bebas bahan kimia membikin tanaman budidaya ini lebih aman untuk dikonsumsi.

Kecuali itu, arang aktif aktif bisa dipakai untuk mengecat pupuk urea. Ini bertujuan untuk membikin urea lambat larut. Untuk mengemas pupuk urea dengan arang aktif, dibutuhkan alat yang dipakai untuk membikin butiran pupuk.

  • Diciptakan Jadi Kerajinan Tangan

Jikalau Anda mempunyai banyak tempurung kelapa, jangan dibuang. Sebab tempurung kelapa ini bisa dihasilkan untuk kebutuhan kerajinan yang betul-betul bernilai. Selama ia kreatif, ia menentukan bahwa tak akan ada kesusahan dalam menjadikan kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Banyak sekali produk kerajinan tangan yang dapat diproduksi dari batok kelapa. Semisal, kelengkapan dapur seperti sendok sayur. Ini juga dapat menjadi gayung kamar mandi dan pun kancing baju dan ransel.

Nah kini Anda telah tahu sebagian gambar kerajinan tempurung kelapa. Kerajinan tangan tempurung kelapa kian diminati oleh masyarakat. Tentu saja ini membuka profesi di tengah berkurangnya kans kerja.

Pelajari juga pengetahuan-pengaetahuan dari sumber referensi penaqolbi yang tentunya akan dapat menambah wawasan kalian terutama untuk mengetahui macam-macam kerajinan dari bahan keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *