Umum

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan CMS Drupal Untuk Usaha Online

Telah banyak website yang menjelaskan tentang CMS yang dapat digunakan untuk membuat website ataupun toko online. Namun seluruhnya tidak menjelaskan tentang Drupal yang memiliki kualitas terbaik diantara CMS lainnya. CMS Drupal merupakan CMS yang paling populer dan banyak digunakan untuk membuat sebuah website. Alsan penggunannya beragam, namun yang paling sering disampaikan adalah kemudahan dalam penggunaannya dibandingkan CMS lain.

 

Drupal sendiri didirikan sejak tahun 2001 oleh seorang programer dan hingga kini Drupal telah menjadi yang terbaik diantara CMS lainnya. Namun perkembangan Drupal di dunia internet tidak semudah kelihatannya, karena pengembangannya dilakukan dalam waktu lama. Hingga akhirnya Drupal dikenal dan menjadi yang terbaik diantara CMS lain. Pertanyaan berikutnya adalah mengapa anda harus menggunakan Drupal dibandingkan CMS lain, apakah alasannya?

pxhere.com

Alasan Menggunakan CMS Drupal Untuk Usaha Online

Drupal adalah salah satu CMS yang banyak direkomendasikan oleh penyedia jasa website. Alasannya cukup beragam, namun telah dirangkumkan dalam beberapa poin berikut ini,

  1. Ukurannya yang Ringan

Anda yang berencana menggunakan Drupal, tidak perlu repot menyediakan space yang besar. Karena ukuran dari Drupal sangat kecil dan dapat diekstrak menjadi lebih kecil. Hal ini tentunya berbeda dibandingkan Joomla atau WordPress. Tidak heran, jika akhirnya Drupal memiliki banyak pengguna dibandingkan Joomla atau WordPress.

  1. Forum Komunikasi

Drupal memiliki layanan yang terbaik dibanding CMS lain. Karena Drupal tidak membutuhkan tambahan modul dari luar untuk fitur forum. Fitur forum dari Drupal sudah termasuk dalam paket yang diinstalasi sekaligus didalamnya. Jadi, anda tidak perlu sulit mencari forum jika terdapat masalah pada layanan.

  1. Klasifikasi Setiap User

Drupal memiliki pengaturan yang cukup ketat untuk setiap usernya. Contohnya, terdapat seorang user yang memiliki tugas untuk menulis dan mengedit. Tetapi user ini tidak memiliki kewenangan untuk melakukan editing terhadap tulisan user lain. Melalui contoh ini, disimpulkan bahwa Drupal memberikan layanan keamanan yang baik untuk setiap user.

  1. Memiliki Fitur Tracker

Untuk anda yang penasaran dengan konten atau apa yang telah ditulis oleh user lain, Drupal memiliki layanan menarik untuk itu. Layanan yang dimaksud adalah layanan Tracker yang dapat digunakan kapan pun dibutuhkan. Drupal memberikan layanan ini secara gratis, karena sudah diinstalasi secara langsung. Jadi, user tidak perlu kesulitan untuk melihat tulisan pernah dikirim.

  1. Dukungan Database

Bagi yang penasaran dengan layanan database yang dimilikki Drupal dapat mengeceknya segera. Karena database yang diberikan oleh Drupal sangatlah beragam, diantaranya MySQL,  MS SQL dan PostgreSQL. Layanan ini akan menambahkan opsi lain dalam pemilihan software RDBMS. Layanan-layanan unik inilah yang tidak akan didapatkan di CMS lain.

pxhere.com
  1. Memiliki Sistem Taksonomi

Salah satu hal yang membuat Drupal sangat populer adalah sistemnya yang kompleks. Setiap kategori dan klasifikasi dibuat sangat runut dan mengacu pada semua konten yang ada. Kelebihan ini akan membantu website yang mengandalkan konten sebagai nilai jualnya. Karenanya, Drupal banyak digunakan oleh situs portal berita atau blog dengan konten beragam.

  1. Multisite

Fitur menarik lain yang ada di Drupal, menjadi alasan penggunaannya lebih populer. Fitur yang dimaksud akan memudahkan user dalam membuat website anak dibawah website yang telah ada sebelumnya. Jika ada update yang harus dilakukan, anda hanya perlu melakukan update pada website induk. Sementara website anak akan mengikuti website induk.

  1. Pengembangan yang Cepat

Dibandingkan dengan CMS lain, kecepatan Drupal dalam pengembangan merupakan yang tercepat. Namun saat ini, Drupal sedang bersaing dalam hal kecepatan dengan WordPress. Selain itu, masalah pengembangan Drupal adalah yang tercepat, karena setiap pengembangan akan menambahkan fitur-fitur baru yang menarik untuk pengguna.

  1. Layanan dan Fitur Modular

Berikutnya, Drupal akan selalu melakukan penambahan sistem setelah adanya fitur modul dan blok. Hal ini jelas berbeda dengan CMS lain yang hanya melakukan perubahan sedikit saat menambahkan fitur. Jadi, anda tidak perlu heran jika saat penggunaan terdapat perubahan. Karena perubahan akan membantu pengguna lebih mudah dalam pengembangan usaha.

pxhere.com

Kekurangan Penggunaan Drupal

Walaupun dikenal memiliki banyak keunggulan dan alasan untuk menggunakannya, rupanya Drupal tetap memiliki kekurangan. Kekurangan yang dimaksud dapat disimak di bawah ini,

  1. Tidak Memiliki Banyak Plugins

Jika dibandingkan dengan Joomla dan WordPress, Drupal tidak memiliki banyak plugins. Masalah ini akan sangat berpengaruh pada saat pengoperasian CMS dan website. Di mana pengguna harus mengetahui bahasa pemrograman dan beberapa hal terkait. Karenanya, Drupal tidak cocok untuk mereka yang baru mempelajari tentang website dan programing.

  1. Sulit Mendapatkan Testimoni

Drupal memang sudah banyak digunakan di luar negeri, namun tidak di Indonesia. Untuk itu, anda akan kesulitan dalam pencarian testimoni terkait Drupal di Indonesia. Namun jika bersikeras menggunakan Drupal, carilah penyedia jasa website yang dapat membantu menangani masalah dan mintalah testimoni penggunaan Drupal darinya.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Drupal memiliki banyak alasan untuk digunakan. Namun tetap penting mempertimbangkan tentang kekurangan CMS Drupal. Sehingga tidak melakukan kesalahan dalam rangka merintis usaha online yang sukses.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *