teknologi

8 Tips untuk Menjadi Gamers Profesional yang Hebat

Seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak sekali teknologi canggih yang diciptakan. Salah satu teknologi digital yang tidak terlewatka yaitu video game. Bagi sebagian orang, bermain game hanyalah sekedar hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang atau menghilangka stress sejenak. Akan tetapi, bagi sebagian yang lain, game justru dijadikan sebagai salah satu yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Untuk mendapatkannya, tentu saja Anda harus menjadi gamer profesional.

Ada banyak sekali jenis game yang bisa Anda mainkan. Bagi para gamers, keinginan untuk menjadi seorang gamer profesional adalah sebuah mimpi besar yang nyatanya tidak lagi hanya bisa didapatkan oleh segelintir orang. Jika Anda berniat dan sungguh-sungguh, Anda juga bisa menjadi salah satu gamers profesional yang hebat. Menjadi seorang gamer profesional tentu saja tidak hanya untuk kesenangan bermain tetapi juga untuk menghasilkan uang dari game yang dimainkan.

Cara untuk Menjadi Gamers Profesional

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadi seorang gamer profesional atau atlet eSport, berikut ini beberapa diantaranya.

  1. Pilih Game yang Disukai

Ada banyak langkah yang harus ditempuh untuk menjadi gamer profesional. Langkah yang paling dasar adalah memilih game yang Anda sukai, tepat dan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Ada banyak sekali game eSport yang bisa Anda jadikan pilihan seperti DoTa 2 atau Counter Strike. Anda bisa melatih kemampuan melalui pola-pola yang dimainkan lawan. Anda pun perlu memiliki laptop gaming yang mumpuni agar bisa memainkan game kesukaan dengan maksimal.

pxhere.com
  1. Latihan Secara Rutin

Untuk menjadi seorang gamer profesional bukanlah hal yang mudah. Tidak ada cara yang instan untuk mencapai kesuksesan. Anda harus rajin berlatih dan bersungguh-sungguh sebagai kunci utama untuk menjadi seorang pemain eSport. Apapun keinginan Anda, tetap diperlukan latihan yang rutin. Anda bebas memilih metode latihan baik melalui video tutorial ataupun bereksperimen sendiri serta memilih peralatan gaming yang Anda butuhkan. Anda juga perlu melihat performa bermain Anda, lalu melakukan evaluasi secara berkala. Hal lain yang juga perlu Anda ingat untuk memiliki suasan latihanyang kondusif dan bebas distraksi.

 

  1. Komitmen

Anda juga perlu menetapkan target dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mencapainya. Mungkin hal ini agak sulit, apalagi jika profesi sebagai gamer dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Akan tetapi, pandangan tersebut tentu saja dapat diubah. Ambisi menjadi gamer profesional adalah hal yang realistis dan memungkinkan untuk dicapai. Cara berkomitmen dalam merancang perencanaan ke depannya, tentu saja tanpa meninggalkan kewajiban Anda.

 

  1. Bentuk Sebuah Tim

Jika Anda merasa kemampuan bermain game sudah mumpuni, sebaiknya Anda mencari teman yang memiliki kemampuan bermain yang baik juga. Lalu, buatlah tim dengan teman-teman Anda adar bisa mengikuti turnamen. Berlatih bersama akan membantu Anda untuk semakin memperdalam skill dalam menghadapi situasi-situasi baru yang tidak Anda dapatkan ketika bermain sendirian. Selain itu, Anda juga bisa bertukar pendapat dan menanyakan hal-hal yang belum Anda ketahui sebelumnya.

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam tim adalah selalu jaga kekompakan dan komunikasi yang baik. Hal ini penting untuk membuat tim yang kuat dan solid. Salah satu karakteristik seorang gamer yang akan menjadi bahan pertimbangan dari sebuah perusahaan adalah bagaimana ia membangun hubungan kerja sama yang baik dengan sesama rekan dalam timnya. Untuk itu, Anda harus memiliki sifat kooperatif, komunikatif, dan toleran.

pxhere.com
  1. Ikuti Berbagai Turnamen

Jika Anda merasa skill yang Anda miliki sudah cukup baik, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengikuti turnamen. Anda tidak harus langsung mengikuti turnamen game bergengsi. Bisa saja Anda memulai dengan mengikuti berbagai turnamen game kecil-kecilan. Dengan mengikuti turnamen, Anda akan tahu sudah sejauh mana skill yang Anda miliki. Semakin banyak turnamen yang Anda ikuti, maka semakin tinggi pula jam terbang yang Anda punya. Jam terbang yang tinggi akan menjadikan tim Anda semakin solid dan kuat.

  1. Gabung di Komunitas Gamers

Hindari membatasi pergaulan yang hanya sebatas rekan satu tim saja. Perluaslah jaringan pertemanan dengan bergabung di komunitas-komunitas gamer. Anda dapat memanfaatkan kesempatan bergabung di komunitas untuk saling bertukar cerita, berbagi tips, dan pengalaman bermain. Dengan bergabung ke komunitas, Anda akan mendapatkan ilmu-ilmu dan inspirasi baru yang bermanfaat dan membuat Anda semakin mahir ke depannya.

 

  1. Cari Sponsor

Untuk mendukung berbagai kegiatan gaming, tentu saja Anda membutuhkan uang yang tidak sedikit. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena saat ini perkembangan industri game berkembang pesat, sehngga usaha Anda untuk mencari sposor menjadi lebih mudah. Ditambah lagi dengan adanya asosiasi resmi yang menangani eSport ada di Indonesia seperti IeSPA (Indonesian eSport Association).

pxhere.com
  1. Rendah Hati

Dalam bermain game Anda juga harus memiliki sifat rendah hati dan tidak mudah berbesar hati. Meskipun Anda memiliki berbagai pencapaian yang hebat dalam karir Anda, sangat mungkin ada waktu juga Anda mengalami kegagalan. Oleh karena itu, jangan mudah berbesar hati dan puas dengan pencapaian Anda saat ini. Teruslah berlatih  dan menjadi pribadi yang lebih baik agar Anda dapat menjadi seorang gamer profesional sejati.

 

Ternyata, hobi bermain game bukanlah hal yang negatif. Jika dikelola dengan baik, hobi bermain game bisa menjadi sumber penghasilan hingga jutaan rupiah. Yuk, semangat berlatih untuk menjadi gamers profesional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *