Islam

Habib Rizieq

Tentunya sebagian besar masyarakat di Indonesia tentunya mengenai seorang Habib Rizieq bukan? ketahuilah bahwa beliau memang terkenal sebagai seorang habib dan juga sebagai keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut pastinya memang sangatlah membuat masyarakat di Indonesia menjadi mengenalnya.

pxhere.com

Habib Rizieq

Sudahkah Anda mengetahui fakta-fakta tentang seorang Habib Rizieq? Kenali seputar informasi lebih detailnya dalam penjelasan yang terdapat dalam list di bawah ini.

 

  1. BeliauKeturunan Rasulullah SAW

Habib Muhammad Rizieq bin Husein Shihab adalah  seseorang keturunan dari Rasulullah SAW. Bahkan Habib Rizieq juga pernah membuat silsilah dan keturunan rasulullah SAW.  Beliau menyatakan “Garis keturunan bukan untuk tujuan pamer”. Hal tersebut dikatakan agar terhindar dari sikap sombong, seperti yang dijelaskan olehnya.  Bahkan juga dapat mendatangkan dosa.

 

Ketahuilah bahwa didalam diri Habib Rizieq Syihab juga mengalir darah Arab dan Betawi.

 

  1. Ayahnya Pendiri PAI dan Pejuang Kemerdekaan

Fakta berikutnya yaitu ayah habib rizieq yaitu almarhum Habib Husein Shihab seorang penghimpun para pemuda Arab untuk mengabdi pada bangsa. Pada tahun 1937 ayahnya mendirikan Pandu Arab Indonesia (PAI) yaitu perkumpulan kepanduan yang didirikan orang Indonesia keturunan Arab di Jakarta kemudian diubah menjadi Pandu Islam Indonesia.

Beliau menyatakan bangga memiliki ayah dengan semangat nasionalisme yang tinggi bahkan juga berperan dalam membakar semangat para pemuda Arab melawan Belanda melalui sebuah organisasi Pandu Arab Indonesia.

pxhere.com
  1. Yatim Sejak Umur 11 Tahun

Ternyata Habib Rizieq telah ditinggal ayahnya Habib Husein Shihab meninggal saat Rizieq berusia 11 tahun. Dengan demikian maka beliau memang hanya mengenalnya dari foto saja.  Jadi, habib rizieq juga hanya mengenal ayahnya hanya melalui cerita keluarga atau orang lain saja. Namun, sebelum ayahnya meninggal ternyata memang menginginkan habib rizieq ketika sudah besar nanti menjadi seorang ulama.

Dengan demikian maka Habib Rizieq juga memiliki pendidikan agama yang sangat baik untuk menjadi seorang ulama yang berperan dalam perkembangan agama Islam di Indonesia.

 

  1. Tentang Istrinya

Berikutnya, mengenai biografi Habib Rizieq sudah memiliki istri kemudian menikah pada 11 September 1987 dengan seorang Syarifah Fadhlun yang memang masih memiliki garis keturunan dari keluarga dan kalangan seorang Habib. Dari hasil pernikahannya tersebut sudah dikaruniai lima orang anak yaitu Zulfa Shihab, Rufaidah Shihab, Najwa Shihab, Humairah Shihabdan Mumtaz Shihab. Nah, untuk kelima anaknya tersebut di sekolahkan dii Jami’at Khair, kemudian juga mendatangkan guru privat ilmu agama dan umum untuk menambahkan ilmu agama.

 

  1. Masuk Sekolah Kristen

Sejak ayahnya meninggal, HabibRizieq Shihab ternyata memang sudah tidak didik di sebuah pesantren. Sejak berusia empat tahun ternyata mereka sudah rajin mengaji di masjid-masjid. Kemudian Ibunya berperan sekaligus menjadi seorang bapak yang bekerja menjadi seorang penjahit pakaian dan perias pengantin. Ibunya memang sangat memperhatikan pendidikan anaknya. Nah,  setelah lulus SD ibunya memasukkannya ke sekolah SMP Bethel Kristen yang memiliki jarak sekitar 100 meter dari rumahnya.

pxhere.com

 

6. Mendiikan FPI

Ternyata Habib Muhammad Rizieq Shihab juga mendirikan FPI sejak tanggal 17 Agustus 1998 yang memiliki anggota sekitar 200 anggota. Nah, organisasi tersebut ternyata pernah mendapatkan tantangan dari ratusan preman. Namun semakin ke sini, FPI semakin dikenal sebagai organisasi yang baik, bermanfaat untuk ummat.

 

Demikianlah penjelasan mengenai seorang habib rizieq, semoga Allah panjangkan umur beliau, agar bisa terus memimpin ummat.

BTW, kamu tidak perlu menjadi seorang Habib Rizieq untuk berdakwah, karena memang akan sulit bisa selevel beliau. Kamu bisa berdakwah secara kreatif, dengan kaos dakwah misalnya. Cukup mudah kan, tinggal bikin desain, tinggal pakai. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *