Bisnis

Jangan Sembarangan! Inilah Faktor Penentu Harga Nasi Box Untuk Acara

Dalam sebuah acara tidak terlepas dari makanan yang disajikan, baik cemilan ataupun makanan berat. Makanan berat dikenal dengan nasi box atau nasi kotak yang disediakan pemilik acara. Pemilik acara memilihkan menu pilihan dan membayarkan harga nasi box sesuai dengan menu pilihan. Sedangkan peserta hanya menerima dan menikmati sajian. Dari ilustrasi ini, sebagai panitia acara, anda harus menentukan menu apakah yang dipilih sesuai dengan budget yang dimilikki.

 

Pertanyaan berikutnya adalah mengapa harga nasi kotak selalu berubah setiap saat? Sebenarnya banyak hal yang menjadi penentu terjadinya hal ini. Jadi, anda tidak perlu heran mengapa harga nasi kotak selalu mengalami perubahan. Karena yang perlu diketahui adalah faktor-faktor penentu terjadinya hal tersebut, sehingga cukup melek informasi dan mengetahui penyebab naiknya harga. Lantas, apakah faktor penentu yang dimaksud?

 

pxhere.com

Faktor Penentu Naik Turunnya Harga Nasi Box

Berikut ini adalah informasi yang dirangkumkan tentang faktor penentu harga nasi kotak. Pertimbangkanlah bagian-bagian ini jika anda akan membeli nasi kotak yang mahal, berikut ulasannya,

  1. Menu yang Dipesan

Salah satu faktor penentu mahal murahnya nasi box adalah menu yang dipesan. Hal ini sudah bukan hal asing lagi, contohnya pemesanan daging atau ayam. Tentu nasi box dengan daging membutuhkan dana yang lebih besar. Sedangkan dengan ayam lebih murah. Jika ingin mendapatkan layanan yang lebih murah, pilihlah restoran yang lebih sederhana.

 

  1. Restoran yang Dipilih

Selain menu yang dipilih, berikutnya yang perlu dijadikan pertimbangan adalah restoran yang dipilih. Pilihlah restoran yang tidak terlalu mahal namun memiliki kualitas terbaik. Karena restoran dengan harga yang murah juga memiliki kualitas yang baik. Jadi, jangan takut dengan restoran yang murah dan menggunakan restoran dengan harga yang mahal.

 

  1. Porsi Nasi Box

Perhatikan pula tentang porsi nasi box yang akan dibeli. Porsi yang semakin besar, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Karena bahan yang digunakan untuk membuat nasi box akan lebih banyak. Begitu pula jika porsinya lebih minim, maka harga yang dibayarkan tidak akan terlalu besar. Jadi, cukup sesuaikan porsi sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Kemasan Nasi Box

Untuk memastikan nasi box sampai ke tangan penerima dengan baik, kemasan adalah bagian penting. Namun semakin baik kemasan yang digunakan, maka semakin mahal pula harga yang dibayarkan. Contohnya, saat menggunakan kertas minyak, maka harga nasi box tersebut akan lebih murah. Sedangkan saat menggunakan box cantik, harga produk akan lebih mahal.

pxhere.com
  1. Jumlah Pesanan Nasi Box

Selanjutnya, berapakah jumlah pesanan yang anda butuhkan? Jika pesanan yang dibutuhkan cukup besar, biasanya harga nasi kotak akan lebih murah. Lain halnya jika pesanan dilakukan dalam jumlah yang minim. Maka dana yang dibutuhkan akan lebih besar, hal ini karena pemilik usaha menentukan biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi makanan yang dipesan.

 

  1. Bahan Baku di Pasaran

Masalah lain yang harus diperhatikan adalah harga bahan baku yang tersedia di pasaran. Jika harga bahan baku sedang melambung tinggi, akan mempengaruhi harga produk nasi box. Untuk itu, jangan sembarangan menentukan mengapa harga nasi kotak mahal atau sebaliknya. Karena, harga bahan baku perlu diperhitungkan, mengingat bahan-bahan ini yang dibutuhkan.

 

  1. Biaya Produksi Nasi Kotak

Nasi kotak yang dibuat oleh pemilik usaha, tentunya membutuhkan biaya produksi. Dalam hal ini dibutuhkan biaya bahan baku, pekerja hingga peralatan memasak. Walaupun semuanya tidak habis pakai, sebagai pengusaha bagian ini perlu diperhitungkan. Bahkan menjadi salah satu bagian penting untuk menentukan berapa harga nasi kotak yang akan dijual di pasaran.

 

  1. Kebutuhan Acara

Rupanya tidak hanya masalah menu dan kemasan box, acara yang diadakan juga dapat menjadi penentu. Contohnya jika acara yang diadakan adalah acara pernikahan, maka tidak mungkin nasi box yang dibutuhkan nasi box yang sederhana. Sedangkan, jika acara-acara seperti sekolah ataupun arisan, buatlah nasi box yang sederhana namun tetap dengan kualitas terbaik.

pxhere.com
  1. Harga Di Pasaran

Inilah bagian terpenting yang harus diketahui saat melihat harga sebuah usaha restoran. Artinya, perhatikan harga yang tersedia di pasaran. Anda dapat melihat berbagai restoran yang tersedia di sekitar lingkungan. Dari sanalah, akan diketahui berapa harga pasaran di daerah yang sama. Jika harganya tidak jauh berbeda, maka harga yang ditawarkan termasuk harga pasaran.

 

  1. Layanan yang Dipilih

Pertimbangan lainnya adalah layanan yang dipilih saat membeli produk nasi box. Dalam hal ini, nasi box Jogja dan yang lainnya dapat dibeli secara online atau manual. Pembelian secara online tentunya membutuhkan dana lebih besar. Karena produk harus dikirimkan ke alamat tujuan dengan mobil produksi. Jika anda mengambilnya sendiri maka dana yang dikeluarkan lebih minim.

 

Makna dari informasi ini adalah jangan sembarangan untuk menentukan murah mahalnya harga produk nasi box. Karena harga nasi box ditentukan secara tidak sembarangan, melainkan berdasarkan faktor-faktor yang dijelaskan sebelumnya. Jadi, perhatikanlah faktor-faktor berikut ini sebagai dasar untuk menentukan harga dari nasi kotak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *