Jika anda sering melakukan perjalanan luar kota, tentu anda bisa menggunakan jasa layanan hotel murah untuk menginap. Seperti yang telah kita ketahui bersama, hotel adalah suatu bangunan, lambang, perusahaan, atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan. Selain menyediakan jasa penginapan, biasanya hotel juga menyediakan jasa lain seperti jasa penyedia makanan, minuman, serta fasilitas jasa lainya di mana semua pelayanan itu diperuntukkan untuk masyarakat umum. Jika anda tengah mencari informasi mengenai hotel, tentu satu hal yang perlu anda ketahui adalah mengenai tipe-tipe hotel.

Penentuan jenis hotel secara umum tidak terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat yang dimiliki wisatawan. Untuk dasar pengelompokkan atau klasifikasinya terbagi menjadi 10. Kesepuluh kelompok tersebut yaitu berdasarkan kelas, berdasarkan plan, berdasarkan ukuran, berdasarkan lokasi, berdasarkan area, berdasarkan maksud dan kunjungan tamu, lamanya tamu menginap, kriteria jenis tamu, aspek bentuk bangunan, serta dari wujud fisiknya. Di kesempatan ini kita akan coba membahas mengenai 5 klasifikasi hotel tersebut.

Dasar klasifikasi hotel yang pertama yaitu berdasarkan kelasnya. Pada klasifikasi ini dapat meliputi hotel melati, hotel bintang satu (jumlah kamar standar – minimun 15 kamar, kamar mandi dalam, luas kamar standar – minimum 20 m2), hotel bintang dua (jumlah kamar standar – minimum 20 kamar, kamar suite minimum 1 kamar, kamar mandi dalam, luas kamar standar –  minimum 22 m2, luas kamar suite – minimum 44 m2), hotel bintang tiga (jumlah kamar standar, minimum 30 kamar, kamar suite minimum 2 kamar, kamar mandi dalam, luas kamar standar – minimum 24 m2, luas kamar suite – minimum 48 m2), kamar hotel bintang empat (jumlah kamar standar – minimum 50 kamar, kamar suite minimum 3 kamar, kamar mandi dalam, luas kamar standar – minimum 24 m2, luas kamar suite – minimum 48 m2), hotel bintang lima (jumlah kamar standar – minimum 100 kamar, kamar suite minimum 4 kamar, kamar mandi di dalam, luas kamar standar – minimum 26 m2, luas kamar suite – minimum 52 m2).

Untuk dasar klasifikasi hotel yang kedua yaitu berdasarkan plan. Pada klasifikasi ini dapat meliputi full american plan (harga kamar sudah termasuk tiga kali makan – pagi, siang, dan malam), modified american (harga kamar sudah termasuk dua kali makan, di mana salah satunya adalah makan pagi), continental plan (adalah perencanaan harga kamar di mana harga kamar termasuk dengan kontinental breakfast), european plan (tamu yang menginap hanya membayar untuk kamar saja). Dasar klasifikasi hotel yang ketiga adalah berdasarkan ukuran. Pada klasifikasi ini meliputi hotel kecil/small hotel (hotel kecil dengan jumlah kamar di bawah 150 kamar), hotel sedang/medium hotel (hotel dengan ukuran sedang dan dibagi menjadi dua kategori, yaitu average hotel dan above average hotel), hotel besar/large hotel (hotel dengan klasifikasi sebagai hotel besar dengan jumlah kamar di atas 600 kamar).

Dasar klasifikasi hotel yang keempat adalah berdasarkan area. Pada klasifikasi ini, meliputi city hotel (hotel yang terletak di dalam kota, di mana sebagian besar tamunya menginap adalah memiliki kegiatan bisnis), resort hotel (hotel yang terletak di kawasan wisata, di mana sebagian besar tamunya lebih memiliki kegiatan untuk rekreasi). Dan untuk dasar klasifikasi hotel yang kelima adalah berdasarkan area. Pada klasifikasi ini dapat meliputi downton hotel, suburb hotel (hotel yang berfokus di pinggiran kota, yang merupakan kota satelit – pertemuan antara dua kota), country hotel, airport hotel (hotel yang berada dalam suatu kompleks bangunan atau area pelabuhan udara atau sekitar bandar udara, motel, serta inn. Setelah mengetahui beberapa klasifikasi hotel, anda juga perlu tahu apabila hotel memiliki perbedaan dengan badan usaha yang lain. Dibandingkan dengan badan usaha yang lain, hotel memiliki beberapa karakteristik. Adapun karakteristik tersebut yaitu:

  1. Hotel tergolong sebagai perusahaan yang padat akan modal serta padat karya. Dalam pengertiannya, hotel memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak dalam pengelolaanya.
  2. Pelanggan diperlukan seperti raja. Selain diperlukan sebagai raja, pelanggan juga dapat diperlakukan sebagai partner dalam usaha. Penting untuk menjadi partner dengan pelanggan karena keuntungan yang didapat hotel tergantung dari banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel.
  3. Dalam pengoperasiannya, hotel berbeda dengan badan usaha lain karena jam operasinya berlangsung selama 24 jam sehari. Pada hari libur pun, hotel masih tetap melayani pelanggan dan masyarakat umum yang ingin menggunakan jasa hotel.
  4. Keberlangsungan hotel sangat dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi. Beberapa keadaan tersebut meliputi sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan di mana lokasi hotel tersebut berada.

www.pexels.com

Fasilitas Standar Hotel Murah

Apabila anda memutuskan untuk menginap di hotel murah, pastilah anda akan mendapatkan beberapa fasilitas standar yang dimiliki hotel. Adapun standar fasilitas tersebut meliputi kamar mandi private (bath room), tempat tidur (jumlah dan ukurannya akan sesuai dnegan jenis kamar yang dipilih), ruang tidur, lemari pakaian (cupboard), telepon, televisi, dan radio channel, meja rias atau tulis (dressing table), rak untuk menyimpan koper (luggage rack), asbak, korek api, handuk, serta alat tulis. Adanya beberapa fasilitas yang telah disediakan pihak hotel memang dapat dimanfaatkan pengunjungnya dengan gratis. Oleh sebab itu, gunakan beberapa fasilitas tersebut dengan bijak agar tidak rugi. Beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung hotel tanpa dipungut biaya sedikit pun, antara lain:

  1. Peralatan kamar mandi

Saat melakukan perjalanan liburan, salah satu barang yang cukup sering terlupa untuk dibawa adalah perlengkapan mandi. Jika anda adalah salah seorang yang demikian, maka anda tidak perlu khawatir apabila anda menginap di hotel. Secara umum, banyak sekali hotel-hotel yang memberikan fasilitas perlengkapan untuk mandi. Beberapa perlengkapan mandi yang bisa anda manfaatkan di antaranya seperti sabun, sikat gigi, past gigi, shampoo, handuk, dan lain-lain secara gratis.

  1. Air mineral

Fasilitas lain yang lain biasanya disediakan oleh hotel yaitu air mineral. Tidak sedikit hotel-hotel, baik yang berasal dari hotel kelas ekonomi, hingga kelas bisnis atau eksekutif yang menyediakan air mineral secara gratis kepada pengunjungnya. Biasanya juga, di bagian botol mineral yang ada di kamar hotel tertuliskan complimentary bottle water. Apabila anda menginap di hotel selama satu hari lebih, anda juga berhak meminta botol mineral yang baru apabila petugas hotel lupa menyediakannya kembali.

  1. Panduan petugas hotel

Ketika anda menginap di suatu hotel yang dekat wisata, anda juga akan mendapatkan advice atau panduan dari petugas hotel. Apabila anda membutuhkan bantuan yang terkait dengan kebutuhan anda sewaktu liburan, anda juga bisa meminta saran kepada petugas. Untuk detail lengkapnya, anda bisa mendapatkannya lewat bagian resepsionis. Dengan adanya fasilitas ini, anda akan terbantu mengenai rencana anda sewaktu liburan. Anda juga bisa meminta petugas hotel untuk memesankan taxi atau alat transportasi umum yang lain. Dengan perasaan senang hati dan senyum, pihak hotel tersebut akan siap membantu setiap seputar informasi yang dibutuhkan.

  1. Sarapan pagi gratis

Bagi kalian yang sudah sering melakukan perjalanan luar kota dan menggunakan hotel sebagai sarana pendukung, tentu tidak asing lagi anda mendengar fasilitas sarapan gratis. Fasilitas sarapan gratis ini tentu tidak boleh anda lewatkan begitu saja, apabila fasilitas yang diberikan berupa kupon atau voucher sarapan pagi, saya sarankan kepada anda untuk bangun lebih pagi agar bisa menikmati suasan hotel yang belum ramai. Selain dapat menikmati suasana hotel yang belum terlalu ramai, anda juga dapat menikmati menu masakan yang disediakan dalam keadaan hangat.

  1. Media informasi

Fasilitas yang terakhir ini dapat pengunjung nikmati dengan berupa majalah atau koran yang biasanya diletakkan di dekat meja resepsionis. Tujuan disediakannya koran atau majalah tersebut yaitu agar pengunjung tetap bisa mengikuti informasi terkini meskipun sedang berada jauh di luar kota. Selain dapat ditemukan di beberapa titik seperti dekat meja resepsionis atau sekitar elevator, ada juga hotel yang meletakkan koran di depan kamar pengunjung. Dengan adanya fasilitas ini, manfaatkan hal tersebut untuk mendapat bahan bacaan selama anda menginap. Selain akan mendapatkan informasi terkini, fasilitas ini juga gratis dan diberikan cuma-Cuma.

www.pexels.com

Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan

Apabila anda memutuskan untuk liburan, penting anda untuk merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Segala sesuatu yang terencana dengan baik tentu akan membuat liburan anda berjalan dengan harapan atau keinginan. Banyak hal yang perlu disiapkan ketika anda akan melakukan liburan. Bahkan, tidak sedikit juga persiapan tersebut membutuhkan persiapan di jauh-jauh hari. Salah satu persiapan tersebut yaitu mengenai tempat anda menginap. Memilih hotel sewaktu berlibur atau melakukan pekerjaan di luar kota tentu menjadi hal penting karena dapat memengaruhi kualitas dari liburan atau kerjaan yang anda lakukan. Untuk bisa memaksimalkan hal tersebut, tentu anda perlu mencari penginapan atau hotel murah, hotel yang nyaman, hotel yang mampu menunjang fasilitas liburan atau kerja, serta masih banyak lagi yang lain.

Dilihat dari berbagai macam hal, biaya akomodasi memang menjadi biaya termahal ketika anda melakukan liburan. Salah satu bentuk biaya akomodasi tersebut yaitu pada masalah penginapan. Pemilihan penginapan atau hotel yang tepat tentu menjadi suatu hal penting karena akan menentukan kualitas anda sewaktu liburan. Adapun beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika akan memilih hotel yang tepat:

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Ketika akan memilih hotel yang akan dijadikan tempat menginap, cobalah untuk memilih hotel yang sesuai dengan kepribadian dan kondisi keuangan anda. Jangan memaksakan untuk menginap di hotel yang mahal, kalaunya memang kondisi keuangan anda tidak mencukupi. Apabila anda tetap melakukannya, bisa saja tindakan anda itu akan menjerumuskan anda pada masalah keuangan setelah liburan. Untuk bisa menemukan rekomendasi hotel yang sesuai dengan kondisi keuangan, anda bisa coba mengeceknya lewat situs pemesanan kamar hotel. Selain akan cukup untuk dilakukan, menggunakan situs pemesanan online tersebut dapat memberikan anda harga yang terjangkau. Setelah menemukan daftar harga dari rekomendasi kamar hotel yang anda cari, selanjutnya anda dapat mempertimbangkan hal lain di luar harga hotel tersebut.

  1. Bergabung pada Klub atau Hotel

Bergabung dengan beberapa klub hotel murah atau menjadi menjadi membership pada hotel yang memiliki jaringan dapat memberi anda banyak promo diskon. Dengan menggunakan promo tersebut, tentunya anda akan mendapatkan harga yang murah dibanding harga normalnya (bahkan dari situs pemesanan online). Selain mendapatkan beberapa promo diskon, menjadi membership juga akan memberi keuntungan anda yang berupa upgrade kamar secara gratis, mendapat reward point, diskon spa, diskon lunch dan masih banyak lagi. Untuk bisa menjadi membership hotel, anda dapat mendapatkan secara gratis dengan cara mendaftar di website.

www.pexels.com

  1. Lokasi Hotel

Lokasi hotel murah adalah salah satu hal penting untuk menekan pengeluaran anda ketika berwisata. Perlu diingat, hotel yang berada di tengah kota dan dekat dengan objek wisata akan membuat harga hotel tersebut lebih mahal dibandingkan dengan harga hotel yang terletak di pinggiran kota. Oleh karenanya, pertimbangkan untuk memilih hotel yang sedikit lebih jauh dengan objek wisata namun harga yang ditawarkan cukup murah. Namun, selain mempertimbangkan lokasi hotel dengan objek wisata yang akan dituju anda juga perlu memperhatikan apakah hotel tersebut berada di lokasi yang banyak menyediakan makanan atau tidak.

  1. Sesuaikan dengan Kualitas dan Kebutuhan

Ketika akan memilih hotel atau penginapan, yang perlu anda perhatikan yaitu mengenai fasilitas yang ditwarkan oleh pihak hotel. Perhatikan juga apakah fasilitas yang ditawarkan dapat menunjang kebutuhan anda. Apabila anda memutuskan untuk melakukan liburan dengan paket wisata Malang, maka pilihlah hotel yang menawarkan fasilitas khusus untuk liburan. Jangan sampai anda membayar hotel dengan harga yang sangat tinggi, namun anda tidak memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Oleh sebab itu, cobalah pertimbangkan dengan jadwal liburan anda. Apabila sewaktu liburan anda seharian keluar menikmati wisata-wisata alam, sebetulnya anda hanya membutuhkan fasilitas tempat tidur dan tempat mandi di penginapan yang akan dipesan. Artinya, akan menjadi pilihan yang tepat apabila anda memilih hotel dengan fasilitas standar dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Pertimbangan lain yang perlu anda perhatikan yaitu anda berpergian dengan siapa. Kebutuhan menginap dengan membawa keluarga dan pasangan tentu berbeda. Apabila anda membawa anak-anak, tentu anda akan membutuhkan hotel yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Pada dasarnya, anak-anak harus mendapatkan prioritas ketika anda memilih hotel.

  1. Pertimbangkan Kenyamanan

Satu tips yang perlu anda ingat ketika akan memesan hotel yaitu tidak terburu-buru. Pertimbangkanlah dari sisi kenyamanan dan pelayanan yang akan didapat selama anda menginap. Berbagai macam informasi mengenai kenyamanan dan pelayanan dapat anda ketahui dengan mengeceknya melalui internet. Anda juga bisa melihat review para pengunjung sebelumnya untuk mengetahui deskripsi jelas mengenai hotel yang akan dipilih. Cara ini merupakan cara tepat yang efektif karena biasanya review disertai dengan foto yang menunjukkan kondisi hotel tersebut.

  1. Travel Agent

Umumnya, travel agent telah memiliki supplier tersendiri untuk memilih hotel. Biasanya juga, supplier tersebut sudah membeli kamar hotel dalam jumlah yang cukup besar sehingga harga yang didapat lebih murah. Lebih baiknya anda juga berkonsultasi dengan pihak travel agent mengenai tempat wisata yang akan anda kunjungi.

Apabila anda merencanakan melakukan liburan dengan keluarga, cobalah untuk menggunakan travel agent. Menggunakan jasa travel agent akan memudahkan anda karena pihak travel agent akan menyediakan paket tur all-in. Tentunya, paket tur all-in ini akan lebih murah dibandingkan anda memutuskan untuk pergi sendiri.

  1. Perbandingan dan Harga Tepat

Ketika akan memesan hotel, pertimbangkan harga yang nanti anda akan bayar.  Di beberapa kondisi, anda bisa saja menemukan harga yang berbeda untuk kamar dengan tipe yang sama. Mempertimbangkan harga hotel yang akan dipesan menjadi penting agar anda tidak membayar dengan harga yang lebih mahal. Hal tersebut akan berbeda apabila anda melakukan pemesanan lewat situs pemesanan secara online. Apabila anda memilih hotel lewat situs online, anda akan mendapatkan harga kamar yang lebih terjangkau dibandingkan memesan lalu. Hal tersebut bisa terjadi karena pihak hotel telah bekerjsama dengan travel agent tersebut.

www.pexels.com

Apabila anda ada adalah seorang backpacker atau traveler, mungkin anda bisa mencoba memesan hotel atau penginapan pada saat hari anda akan menginap. Terkadang, pihak hotel akan menawarkan harga potongan harga yang cukup besar apabila anda melakukan pemesanan secara mendadak. Namun penting untuk diingat, kondisi yang tersebut hanya berlaku di luar musim liburan. Selama musim liburan, biasanya kamar akan penuh habis dipesan para pengunjung sejak jauh-jauh hari.

Setelah mengetahui beberapa tips dalam memilih hotel atau penginapan, penting juga bagi anda untuk mengetahui akomodasi penginapan lain selain hotel. Adapun beberapa alternatif akomodasi yang dimaksud yaitu:

  1. Hostel atau backpaker hostel

Memilih hostel adalah salah satu alternatif yang dapat anda gunakan untuk menghemat budget akomodasi. Di hostel sendiri, anda akan menemukan gaya kamar yang mirip seperti asrama. Tidak kalah dengan hotel, hostel biasanya memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan pengunjungnya. Adapun fasilitas tersebut meliputi wifi 24 jam, laundry, loker penyimpanan, serta dapur umum. Hostel paling cocok untuk dipilih ketika anda melakukan perjalanan sendiri atau berpasangan.

  1. Apartemen

Alternatif lain yang bisa anda coba ketika harga hotel semakin mahal yaitu dengan menginap di apartemen yang disewakan. Apabila anda berencana menginap di dalam kota selama beberapa hari, menginap di apartemen merupakan alternatif yang cukup tepat karena lebih murah dari hotel. Tidak kalah juga dengan hotel, beberapa fasilitas menarik dapat anda temukan ketika menggunakan alternatif ini.

  1. Homestay atau rumah penduduk

Apabila anda tertarik untuk belajar lebih mengenai budaya tempat wisata yang anda kunjungi, cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan menginap di homestay. Homestay adalah tempat di mana sebuah keluarga menyewakan kamar cadangan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan menggunakan pilihan homestay ketika anda menginap, anda biasanya akan mendapatkan fasilitas sarapan pagi dan mungkin juga makan malam.

  1. Camping

Alternatif akomodasi lain ketika anda mengunjungi tempat-tempat wisata alam yaitu dengan camping. Dengan memilih camping, anda tidak akan mengenal batasan waktu dalam berkemah. Dengan menyiapkan tenda atau tempat tidur gantung saja, anda bisa tidur dimanapun tanpa harus memikirkan masalah biaya. Ketika anda memilih untuk camping, perhatikan juga lokasi camping yang anda pilih. Baiknya pilihlah lokasi  yang dekat dengan sumber mata air, tidak jauh dari lokasi camping yang lain, serta tidak menganggu lingkungan umum maupun sekitar. Hindari untuk memilih lokasi yang sepi, karena dapat memancing bahaya yang bisa merugikan diri anda.

 

Categories: Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *