Bisnis

Apa Itu Kanopi Baja Ringan? Apa Kelebihan dan Kekurangannya

Salah satu hal yang membuat sebuah rumah terasa nyaman adalah kondisinya yang teduh dan sejuk. Banyak orang yang memasang kanopi di rumah untuk membuat suasana lebih teduh dan juga untuk melindungi kendaraan dari panasnya terik matahari serta hujan. Biasanya kanopi ini dipasang di bagian depan rumah khususnya di carport.

Kanopi sendiri bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti kayu. Bahan kayu memang memberikan tampilan hasil yang cantik akan tetapi kayu memiliki usia yang terbatas. Kanopi kayu bisa mudah lapuk karena paparan cuaca panas maupun oleh keberadaan hama seperti rayap. Sebagai gantinya kini ada alternatif lainnya yaitu kanopi baja ringan yang sudah banyak dilirik masyarakat.

Karakteristik Kanopi Baja Ringan yang Membuat Anda Perlu Menggunakannya

Kanopi dari baja ringan ini punya banyak kelebihan dibandingkan kanopi yang terbuat dari material lainnya. Berikut ini ada beberapa alasan kenapa baja ringan adalah bahan yang cocok untuk kanopi:

unsplash.com
  1. Tahan karat

Bahan baja ini memiliki keunggulan karena tahan terhadap karat. Bahan lain seperti besi pun masih bisa berkarat jika digunakan dalam waktu lama dan terpapar hujan dan panas silih berganti. Bahan baja ringan ini ada yang tersedia dalam bentuk sudah terlapir oleh galvalum yang membuatnya anti karat dalam jangka waktu yang lama.

Karena ketahanannya terhadap karat ini Anda bisa menggunakan kanopi dari baja ringan untuk melindungi garasi Anda dari hujan serta panas.

  1. Anti rayap

Berbeda dengan bahan kanopi dari kayu yang bisa lapuk terserang hama rayap, baja ringan ini jauh lebih tahan lama karena tidak akan dimakan oleh rayap yang mengganggu. Anda tidak perlu melakukan tindakan pengendalian hama apapun untuk mencegah rayap memakan rangka baja ringan Anda. Tentunya hal ini akan sangat mempermudah dalam hal perawatan rutin.

  1. Proses pemasangannya relatif mudah

Kanopi dari baja ringan ini dapat dipasang dengan sangat mudah tanpa perlu memakan waktu lama dan banyak tenaga. Hal ini akan sangat pas ketika Anda butuh memasang kanopi dengan dana yang terbatas.

Proses pemasangan dari kanopi ini sendiri hanya perlu dilakukan dengan cara merakit menggunakan baut yang sudah disediakan khusus. Pemasangan kanopi ini tidak memerlukan tenaga maupun peralatan khusus seperti ketika memasang kanopi besi yang membutuhkan mesin las.

unsplash.com
  1. Harga terjangkau

Ini adalah poin yang sangat disukai oleh masyarakat yaitu terkait dengan dana. Harga dari kanopi jenis ini tergolong sangat terjangkau. Harga ini termasuk dari harga beli hingga harga pemeliharaan. Jika dibandingkan dengan kanopi dari besi maka kanopi baja ringan ini masih berada di kisaran harga yang lebih rendah.

Pemeliharaan yang mudah serta jangka waktu penggunaan yang panjang tentu juga dapat membantu Anda menghemat pengeluaran. Tidak perlu sering-sering melakukan tindakan pemeliharaan tertentu dan Anda pun tak harus sering mengganti kanopi karena karat atau lapuk.

  1. Dapat menahan persebaran api

Bahan baja pada kanopi ini bersifat tidak menyebarkan api sehingga relatif lebih aman apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran atau hal-hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan api. Bahan ini akan menahan api menyebar lebih jauh, tidak seperti bahan kayu yang justru menjadi bahan bakar dari api itu sendiri.

Pada kondisi darurat akibat kebakaran kanopi dari baja ringan ini dapat membantu membuat proses pemadangan menjadi lebih mudah dan Anda pun memiliki lebih banyak waktu untuk menyelamatkan diri dan anggota keluarga lainnya.

  1. Tidak memuai dan menyusut

Kanopi yang terbuat dari baja ringan memiliki ketahanan yang tinggi terhadap gempuran cuaca di luar. Apabila pada material besi dapat terjadi pemuaian ketika suhu udara meningkat dan penyusutan ketika suhu mulaiu turun, lain hal nya dengan bahan baja. Baja ringan akan tetap bertahan dengan ukuran ketika pemasangan meskipun terpapar dengan cuaca ekstrim.

Sifatnya yang tidak berubah bentuk walaupun terkena paparan cuaca terus menerus membuatnya lebih awet dan tidak mengalami pembengkokan seperti yang kerap terjadi pada besi.

unsplash.com
  1. Ringan dan tahan gempat

Seperti namanya, baja ringan ini memang mempunya bobot yang relatif lebih kecil dibandingkan beesi. Bobot yang ringan ini mempermudah serta mempercepat proses pemasangannya. Berkat bobotnya tersebut material ini pun mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selain ringan, material kanopi ini juga tahan terhadap gempa. Di Indonesia yang merupakan negara rawan gempa, pemasangan kanopi dari bahan baja ringan ini bisa membawa manfaat tersendiri demi keamanan dan kenyamanan Anda.

7 kelebihan tadi yang membuat kanopi dari baja ringan kini makin diburu oleh masyarakat. Kanopi jenis ini pun dapat dengan mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Banyak orang beralih ke mateial ini tak semata karena alasan ekonomi namun ternyata ada banyak keunggulan lain di baliknya.

Kanopi yang sudah berkualitas baik ini harus dipasang dengan baik pula supaya bisa berfungsi maksimal dan tahan lama. Hasil karya tukang yang memasang kanopi ini akan sangat berpengaruh kepada kualitas dan ketahanannya di masa mendatang. Oleh karena itu pilihlah tukang yang memiliki hasil kerja yang rapi dan baik serta sudah dikenal dengan karyatukang yang mumpuni.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *