Umum

Kegunaan Lain Dari Daun Indigofera Yang Belum Banyak Diketahui

 

Daun indigofera merupakan tumbuhan yang paling sering digunakan sebagai pakan ternak oleh masyarakat, padalah dibalik itu ada kegunaan lain yang bisa didapatkan dari daun ini. Daun indigo ini nyatanya bisa digunakan sebagai pewarna, dan terbukti bahwa pewarna dari daun indigo ini tak mudah luntur. Masyarakat dahulu menggunakan pewarna ini untuk memawarnai batik, sehingga batik mampu mendapatkan warna yang indah.

Pembuatan batik memang mengandalkan warna, meskipun saat ini sudah banyak pewarna kimia yang bisa dipakai. Namun batik yang masih diwarnai menggunakan pewarna alami, nyatanya memiliki harga yang sangat tinggi. Tentunya menggunakan pewarna alami akan lebih ramah pada lingkungan, sehingga kesterilan lingkungan tidak akan terganggu dari pewarna kimia.

Warna yang dihasilkan dari daun indigo ini adalah biru, warna biru yang sangat alami sangat mudah dijumpai di tumbuhan kingdom plantae. Pigmen yang dihasilkan bisa berupa warna merah, biru, ungu, dan warna-warna seperti buah anggur, elderberry, daun kubis berah, dan blueberry.

Namun sangat disayangkan, pigmen yang bisa ditemukan pada tanaman ini memiliki warna yang tidak stabil sehingga kurang cocok bila dipakai untuk pewarna tekstil. Pewarna biru alami yang paling kuat dan tahan lama adalah pewarna dari indigo ini, perlu ada tamabahan lain apabila warna dari indigo ini diambil untuk dipakai pewarna tekstil.

Meskipun proses yang dilakukan dalam mendapatkan warna biru terlihat mudah, namun nyatanya proses yang perlu dilakukan sangatlah ribet dan sulit untuk mendapatkan pewarna yang sesuai. Perlu ketelitian dan keahlian khusus untuk menerapkan proses ini, dan ini merupakan keahlian khusus yang dimiliki masyarakat Asia Tengah.

Untuk anda yang ingin mengetahui proses pengambilan warna dari daun indigo ini, anda bisa melihatnya di berbagai situs atau youtube. Waktu yang anda butuhkan pun cukup lama, karena proses tersebut akan membutuhkan waktu hingga 3 hari hingga benar-benar siap untuk dipakai sebagai pewarna.

Demikian artikel pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk menemukan informasi yang sesuai akan kebutuhan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *