Umum

Kelebihan dari Pembelajaran Kooperatif

Wali kelas secara teratur menawarkan pertemuan pertama siswa berlatih kemampuan paling mendasar. Instruktur harus sengaja membuat pintu terbuka untuk pengganti untuk membantu satu sama lain, berbagi kewajiban, mengurus masalah, dan mengendalikan perjuangan.

Pintu-pintu terbuka ini dapat ditemukan dalam perwujudan yang bermanfaat, yang bervariasi dari perwujudan individualistis atau konvensional di mana siswa bekerja secara mandiri, di sana-sini bahkan di antara satu sama lain. Latihan-latihan pembelajaran yang menyenangkan mengharapkan para siswa untuk bekerja sama dalam pertemuan-pertemuan kecil untuk menyelesaikan suatu usaha atau gerakan, bekerja sebagai sebuah kelompok untuk memungkinkan satu sama lain untuk berhasil.

Dalam bukunya Student Team Learning: Sebuah Panduan Praktis untuk Pembelajaran Kooperatif, penulis dan analis Robert Slavin memeriksa 67 ujian sehubungan dengan pembelajaran yang menyenangkan. Dia menemukan bahwa, secara umum, 61% kelas pembelajaran yang membantu mencapai nilai yang secara fundamental lebih tinggi daripada kelas biasa.

Metode Jigsaw

Salah satu kasus yang terkenal dari bimbingan belajar yang bermanfaat adalah teknik jigsaw. Sarana metodologi ini, yang agak diubah dari strukturnya yang unik, dicatat di bawahnya.

  1. Pemisahan latihan menjadi potongan-potongan atau bagian (total sekitar jumlah siswa dalam kelompok Anda dipartisi oleh lima).
  2. Pilah siswa pengganti menjadi pertemuan lima orang. Bagikan atau minta siswa mengalokasikan perintis. Ini adalah “pertemuan utama”.
  3. Bagikan satu bagian latihan untuk setiap pertemuan. Pelajar dalam pertemuan master harus merenungkan porsi yang sama.
  4. Pilih apakah Anda membutuhkan mereka untuk bekerja sama atau secara bebas untuk tahap selanjutnya.
  5. Berikan tandan master banyak waktu untuk merasa nyaman dengan bagian mereka, sekitar 10 menit. Mereka harus merasa sangat yakin dengan materi.
  6. Susun siswa dalam berbagai pertemuan yang terdiri dari lima orang yang menggabungkan seorang individu dari setiap pertemuan master. Ini adalah “jigsaw gathering”.
  7. Berikan aturan kepada setiap “master” untuk menunjukkan data dari bagian latihan mereka ke sisa jigsaw gathering mereka.
  8. Siapkan koordinator realistis untuk setiap pengganti yang digunakan untuk merekam data master dari pengumpulan jigsaw mereka.
  9. Pelajar dalam tandan jigsaw bertanggung jawab untuk mengambil semua materi dari latihan melalui teman sekolah mereka. Memanfaatkan izin cuti untuk survei persepsi.

Tentu saja sementara siswa sedang melakukan ini untuk menjamin bahwa semua orang sedang melakukan dan jelas tentang judul. Saring pemahaman mereka dan menengahi jika Anda melihat para siswa sedang berjuang.

Signifikansi Pembelajaran Kooperatif

Anda mungkin berpikir tentang manfaat apa yang didapat siswa dari pembelajaran yang membantu. Respons yang sesuai banyak! Pembelajaran yang menyenangkan, tentu saja, menunjukkan berbagai kemampuan sosial dan penuh gairah, namun demikian juga menawarkan kesempatan kepada siswa untuk mendapat manfaat dari satu sama lain. Studi menunjukkan bahwa pembelajaran teman di mana siswa mengungkapkan ide dan pikiran satu sama lain dapat meningkatkan persepsi secara luas.

Singkatnya, pembelajaran yang menyenangkan menghasilkan pertemuan-pertemuan dasar yang tidak bisa dilakukan oleh struktur pembelajaran lain. Kemampuan yang menyertainya yang diciptakan melalui pembelajaran yang lazim dan sukses hanya beberapa.

Keterampilan Administrasi

Bersama-sama untuk pertemuan belajar yang menyenangkan untuk berhasil, orang-orang di dalam pertemuan perlu menunjukkan kapasitas administrasi. Tanpa ini, pertemuan itu tidak bisa maju tanpa instruktur.

Bakat otoritas yang dapat diinstruksikan dan dilatih melalui pembelajaran bermanfaat meliputi:

  • Menunjuk
  • Mengatur pekerjaan
  • Mendukung orang lain
  • Menjamin bahwa tujuan tercapai

Para perintis normal menjadi sangat jelas dalam pertemuan-pertemuan kecil, tetapi kebanyakan siswa tidak akan merasa ingin memimpin. Turunkan posisi berpengaruh dari fluktuasi kualitas yang tidak salah untuk setiap individu dari sebuah pertemuan untuk memungkinkan semua orang bekerja mengendarai.

Keterampilan Kerja Sama

Mempertimbangkan bersama di kelas

Gambar People / Getty Images

Pelajar yang bekerja sama sebagai kelompok berbagi tujuan bersama: usaha yang efektif. Ini harus dicapai melalui upaya gabungan dari seluruh pertemuan. Kapasitas untuk berfungsi sebagai kelompok menuju tujuan bersama adalah kualitas penting yang harus dimiliki dalam kenyataan, khususnya untuk profesi.

Semua latihan belajar yang menyenangkan membantu siswa bekerja dalam bekerja dalam kelompok. Seperti yang dikatakan Bill Gates, sesama dermawan Microsoft, “Grup harus memiliki opsi untuk bertindak dengan solidaritas arah dan pusat yang sama dengan seluruh dunia yang didorong oleh singular.” Praktek membangun kerja tim menginstruksikan siswa untuk curhat satu sama lain sehingga untuk mencapai lebih banyak bersama daripada beberapa cara bisa dibayangkan.

Kemampuan relasional

Kerja sama yang menarik membutuhkan korespondensi dan tanggung jawab yang besar. Semua individu dari kelompok belajar yang menyenangkan perlu mencari cara untuk berbicara secara menguntungkan satu sama lain agar tetap pada sasaran.

Kemampuan ini harus dididik dan ditampilkan oleh seorang instruktur sebelum menjadi pol

diurapi oleh siswa, karena mereka biasanya tidak bekerja dengan mudah. Dengan menginstruksikan siswa untuk berbagi dengan pasti, mendengarkan dengan penuh semangat, dan berbicara dengan jelas, mereka mencari cara untuk menghargai kontribusi mitra mereka dan sifat pekerjaan mereka lepas landas.

Keterampilan membuat perdamaian

Bentrokan tidak diragukan lagi akan muncul dalam pengaturan pertemuan apa pun. Kadang-kadang ini kecil dan mudah diurus, kesempatan yang berbeda mereka dapat merobek kelompok yang terpisah jika tidak tepat mengawasi. Berikan ruang kepada siswa untuk mencoba menyelesaikan masalah mereka sendiri sebelum melangkah.

Semua hal dipertimbangkan, secara konsisten menyaring kelas Anda selama pembelajaran yang membantu. Pelajar cepat mencari tahu bagaimana mencapai tujuan sendirian tapi sekarang dan lagi erosi mengalahkan mereka sebelum mereka bisa melakukan itu. Perlihatkan kepada para siswa bagaimana cara menyelesaikan berbagai hal ketika ada perbedaan.

Keterampilan Dinamis

Ada banyak pilihan yang harus diambil dalam situasi yang menyenangkan. Mendesak siswa untuk berpikir sebagai kelompok untuk menentukan pilihan bersama dengan terlebih dahulu membuat mereka memikirkan nama grup. Dari titik itu, mintalah mereka menyimpulkan siapa yang akan menyelesaikan tugas apa.

Pastikan bahwa setiap siswa memiliki kewajiban mereka sendiri dalam pertemuan belajar yang menyenangkan. Sama seperti bakat inisiatif, kemampuan dinamis tidak dapat dibuat jika siswa tidak secara rutin berlatih mereka.

Seringkali, perintis pertemuan itu juga adalah orang-orang yang memilih mayoritas pilihan. Jika perlu, mintalah siswa mencatat pilihan yang mereka usulkan untuk pertemuan mereka dan menentukan jumlah yang dapat dibuat oleh seorang pengganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *