teknologi

Jenis dan Fungsi Kemasan Makanan

Bagi anda yang ingin membeli produk makanan pastikan bahwa produk makanan tersebut dikemas dengan baik. Kemasan makanan sangat penting karena memiliki fungsi untuk melindungi produk agar lebih rapi dan terjaga kebersihannya. Untuk bahan yang digunakan untuk kemasan beragam, ada yang menggunakan plastic, kayu, kertas dan lainnya. Kemasan untuk makanan berdasarkan struktur isinya dibedakan menjadi tiga. Pertama adalah kemasan primer, yaitu menggunakan bahan kemasan yang langsung mengemas bahan pangan. Contoh dari kemasan primer adalah botol minuman, kaleng susu, dan masih banyak lagi lainnya. Kemasan yang kedua adalah kemasan sekunder, yaitu kemasan yang melindungi kemasan lainnya yang ada di dalamnya.

Dan untuk kemasan yang ketiga adalah kemasan Tersier atau kuarter, adalah kemasan yang biasa digunakan untuk menyimpan produk selama proses pengiriman. kemasan untuk makanan juga terbagi beberapa jenis berdasarkan frekuensi pemakaian. Yang pertama adalah kemasan sekali pakai, biasanya kemasan jenis ini langsung dibuang. Contoh dari kemasan jenis ini adalah bungkus daun dan bungkus plastic. Yang kedua adalah kemasan yang digunakan berulang kali, kemasan jenis ini bisa digunakan berkali-kali. Contoh kemasan jenis ini adalah botol minuman. Yang ketiga adalah kemasan yang dibuang atau semi disposable, adalah jenis kemasan yang bisa digunakan untuk hal lainnya. Contoh kemasan jenis ini adalah kaleng biscuit. Kemasan untuk makanan juga terbagi menjadi beberapa jenis juga berdasarkan tingkat kesiapan dalam pemakaian. Pertama adalah kemasan siap pakai contohnya botol dan kaleng. Kedua adalah kemasan siap dirakit contohnya adalah foil atau plastic dan wadah yang terbuat dari kertas.

pexels.com

Jenis-jenis Kemasan Makanan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering sekali menjumpai kemasan Dalam berbagai bentuk. Berikut ini adalah jenis-jenis kemasan makanan maupun hal lainnya yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari :

  • Plastik

Merupakan kemasan yang sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap barang yang kita beli menggunakan plastic untuk wadah. Akan tetapi sebagian orang yang cinta terhadap lingkungan mulai mencoba untuk tidak menggunakan plastic sebagai wadah. Karena plastic sama sekali tidak ramah terhadap lingkungan. Selain itu kemasan yang berasal dari Polyetilen Polypropilen sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh, kemasan ini mampu menimbulkan sel kanker jika terbakar.

  • Kanker

Selain plastic kemasan yang menggunakan kertas juga sering sekali kita jumpai. Banyak kemasan untuk makanan yang menggunakan kertas sebagai kemasan. Apalagi di zaman modern ini muncul teknologi baru penggabungan antara serat kertas dan plastic. Dengan begitu maka bahan plastic yang berbahaya tidak tersentuh langsung dengan makanan, teknologi baru ini dikenal dengan nama Food Grade. Selain itu kemasan kertas mudah untuk dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Dan pastinya kemasan dalam bentuk kertas lebih ramah terhadap lingkungan.

  • Kaleng

Kemasan selanjutnya adalah kaleng. Biasanya kemasan kaleng digunakan untuk minuman. Makanan yang menggunakan kaleng dikemas dengan cukup sulit, karena kemasan harus rapat tidak boleh ada lubang sedikitpun. Di dalam kaleng ini akan muncul bakteri Clostridium Botulinum jika kemasan dalam keadaan berlubang atau bocor.

  • Styrofoam

Styrofoam adalah bahan yang memiliki kandungan kopolomer styrene, sehingga bahan kemasan ini mampu tahan terhadap kebocoran, mampu mempertahankan suhu makanan, dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

  • Gelas

Selanjutnya adalah kemasan gelas namun harganya cukup mahal, sehingga kemasan ini cukup jarang ditemukan. Selain itu kemasan yang menggunakan gelas ini tidak tahan terhadap suhu, sehingga sangat rentan pecah.

Keberadaan kemasan makanan sangat penting, banyak produk makanan yang dijual terkenal karena salah satu keunggulannya memiliki kemasan yang unik. Selain jenis kemasan untuk makanan di atas, ada juga beberapa jenis kemasan dibawah ini yang harus anda tahu :

  • Vakum bag

Produk kemasan ini akan membuat produk makanan tahan lebih lama. vakum bag terbuat dari barier Nylon sehingga kemasan ini tidak ada lubang udara sama sekali. Vakum bag sangat cocok digunakan untuk membungkus makanan berupa seafood, daging, kacang, ikan, beras dan sosis.

  • Stand Up Poluch Cairan

Kemasan ini sangat cocok untuk mengepas sesuatu yang berbentuk cair, contohnya saus, sabun cair, kecap, minyak dan lain sebagainya.

  • Zipper Stand U

Kemasan Zipper Stand U cocok digunakan sebagai kemasan untuk makanan ringan seperti keripik abon, snack, dan kopi. Tidak cocok digunakan untuk cairan karena kemasan ini sangat bening sehingga isi akan terlihat jelas dari luar. Kemasan ini sangat mudah untuk dibuka dan ditutup, sehingga banyak pebisnis yang menggunakan Zipper Stand U untuk kemasan produk makanan mereka.

  • Zipper Pouch

Adalah kemasan yang mirip dengan zipper stand up, namun kemasan ini terbuat dari super clean PP sehingga plastiknya akan tampak sangat bening. Isi dari dalam kemasan akan tampak dari luar, sehingga produsen bisa langsung memamerkannya. Biasanya kemasan jenis ini cocok digunakan untuk membungkus abon, kopi, dan makanan ringan lainnya. Dilarang mengemas cairan dengan kemasan ini karena ditakutkan akan bocor.

  • Kombinasi Stand Up

Adalah kemasan kombinasi dari semua kemasan yang unggul. Memiliki fungsi untuk menjaga produk dari oksigen dan sinar matahari. Kemasan ini transparan sehingga produk didalamnya bisa terlihat langsung oleh konsumen. Jenis kemasan ini sekarang sangat popular di pasaran, karena bisa dibuka tutup sehingga jika tidak habis maka bisa dikemas lagi.

  • Kombinasi Pouch

Merupakan kemasan yang menggunakan kombinasi antara metal yang ada di bagian depan dan plastic OPP bening yang ada di bagian depan. Produk ini mampu menghalau sinar matahari dan juga oksigen. Kemasan ini memiliki ketebalan 90 micron sehingga cocok untuk kemasan makanan ringan. Kemasan kombinasi pounch sangat cocok digunakan sebagai kemasan untuk jangka panjang.

  • Pouch Full Foil

Pouch Full Foil adalah kemasan yang terbuat dari bahan aluminium foil, sehingga produk yang ada di dalamnya terjamin ketahanannya. Banyak produk yang memilih Pouch Full Foil karena mampu memberikan jangka panjang yang bagus untuk cita rasa dan kerenyahan produk di dalamnya.

  • Plastik Shrink Film

Kemasan jenis ini memiliki tiga jenis, yaitu POF Shrink, PE Shrink, dan PVC Shrink. Kemasan ini banyak ditemukan diberbagai produksi, seperti produksi rumah tangga piring, gelas, sendok, dan lain sebagainya. Fungsi dari kemasan ini adalah terhindar dari debu dan kotoran sehingga saat sampai di tangan konsumen maka kualitasnya tidak akan turun. Selain itu anda juga bisa memilih kemasan ini sesuaikan dengan ukuran yang anda butuhkan. Selain itu volume ketebalan dari produk juga sesuaikan dengan kualitas yang ingin anda pilih. Kemasan ini juga biasa digunakan untuk mengemas kemasan lainnya, karena bisa digunakan untuk mengoptimalkan pengaman terhadap produk dan mencegah terjadinya kerusakan pada kemasan lain. Plastik ini juga akan membuat produk lebih berkualitas dan eksklusif. Untuk jenis kemasan POF Shrink memiliki ketebalan 15 micron namun tidak mudah robek. tetapi sekalli sobek maka akan mudah untuk dibuka. Produk ini sangat bening sehingga produk di dalamnya akan terlihat dari luar. Untuk jenis PVC Shrink Film memiliki ketebalan yang lebih dibanding dengan POF Shrink, sehingga terlihat tidak terlalu transparan. Kemasan ini lebih buram dan harganya lebih terjangkau. Sering digunakan untuk mengemas shuttle cock, makanan kaleng dan buku. Selanjutnya ada PE Shrink, kemasan ini lebih tebal dibanding dengan kemasan di atas. Kemasan ini sangat kuat dan sulit robek. Untuk harga plastic ini juga lebih terjangkau dibanding dengan dua jenis kemasan di atas. Biasanya produk kemasan ini digunakan untuk membungkus soft drink.

pexels.com

Fungsi Kemasan Untuk Makanan

Dengan adanya kemasan untuk makanan atau barang lainnya maka ada banyak sekali kelebihan yang akan anda dapatkan, produk akan lebih tahan lama dan memiliki nilai atau kualitas yang lebih tinggi. Berikut ini adalah fungsi dari adanya kemasan yang bisa anda ketahui :

  • Kemasan digunakan sebagai wadah atau tempat yang digunakan untuk melindungi produk dari pembeli hingga ketangan konsumen
  • Kemasan juga memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengawetkan makanan, agar terhindar dari sinar ultraviolet , oksigen dan juga benturan yang akan mebuat produk tersebut menurun kualitasnya.
  • Digunakan juga sebagai daya guna isi atau produk yang ada di dalamnya. Biasanya di kemasan tersebut akan ada keterangan tentang produk yang ada di dalamnya. Baik keterangan tentang tanggal kadaluarsa, perusahaan produksi, komposisi, dan lain sebaganya.
  • Fungsi dari kemasan selanjutnya adalah melindungi dari produk luar yang akan mengganggu kualitas produk di dalamnya. Misal saja hal-hal yang ada disekitarnya yang mampu membuat produk rusak, seperti gas beracun, air keras dan lainnya.
  • Adanya kemasan juga sebagai cara agar minat pembeli untuk membeli produk meningkat
  • Dengan adanya kemasan maka memudahkan pembeli untuk membeli sesuai yang dibutuhkan. Dengan menggunakan kemasan maka produk tidak tercecer dijalanan.
  • Bisa juga dijadikan sebagai alat komunuikasi dan juga informasi kepada konsumen dengan adanya label dan beragam info yang ada pada kemasan.
  • Dengan adanya kemasan maka akan meningkatkan penggunaan barang yang menggunakan kemasan, karena lebih efektif dan efisien digunakan.

Selain mengetahui fungsi dari kemasan makanan di atas, penting juga untuk mengetahui kualifikasi persyaratan bahan kemas. Adanya persyaratan tersebut maka produk yang ada dilalamnya akan lebih terjamin kualitas dan juga keamanannya. Berikut ini adalah kualifikasi persyaratan bahan yang digunakan untuk kemasan. Pertama kapasitas atau daya tahan kemas mempermudah dalam sebuah pengerjaan, mulai dari pengangkutan, penyaluran, dan penyimpanan. Yang kedua adalah memiliki kapabilitas sehingga dapat melindungi isi produk di dalamnya dari beragam resiko yang datang dari berbagai hal. Misal saja perlindungan terhadap kelembapan udara, panas dan dingin, benda-benda dengan bau yang tajam, sinar matahari, tekanan maupun gesekan mekanis dan kontaminasi mikroorganisme. Ketiga adalah bisa dijadikan sebagai daya tarik konsumen, informasi, identifikasi dan juga penampilan baik bentuk dan warna juga harus diprioritaskan. Keempat adanya peryaratan ekonomi, kapasitas harus mencukupi kemauan pasar, targetnya adalah masyarakat dan juga tempat tujuan pembeli. Yang kelima adalah memilliki bobot, bentuk dan juga ukuran sesuai dengan standar dan norma, sehingga akan mudah untuk dicetak dan dibentuk, juga mudah dibuang. Dengan adanya persyaratan di atas maka kesalahan dalam hal desain untuk kemasan, kesalahan memilih jenis kemasan dan lainnya bisa diatasi dengan baik. Selain itu ada syarat-syarat lainnya juga yang harus anda tahu, kemasan harus kedap terhadap suara baik oksigen maupun gas lainnya dari luar sana. Kemasan juga tidak boleh memiliki sifat beracun, juga menganduk inert sehingga tidak akan mengubah aroma, warna, dan kualitas cita rasa produk yang dikemas di dalamnya.

Bagi anda yang memiliki usaha makanan dan dibutuhkan kemasan untuk membungkus produk makanan tersebut maka carilah kemasan yang tidak akan membuat anda rugi. Dan untuk anda yang ingin membeli poduk kemasan maka berikut ini adalah cara paling tepat untuk memilih produk kemasan yang paling anda butuhkan :

  • Kedap

Pastikan bahwa kemasan yang anda pilih kedap terhadap udara. Hal ini disebabkan karena minuman yang disimpan di dalam kemasan yang kedap terhadap oksigen maka akan lebih tahan lama. Hal ini juga untuk mencegah kontaminasi bakteri yang bisa saja masuk kedalam kemasan dan menyerang produk.

pexels.com
  • Kemasan tidak rusak

Tips atau cara selanjutnya adalah pastikan bahwa kemasan yang anda pilih tidak rusak dan penyok. Pastikan anda memperhatikan kemasan dengan teliti dan seksama agar tidak rugi. Karena produk yang sudah berlubang dan terkena sinar matahari maupun oksigen maka akan menyebabkan warna dan rasa produk makanan tersebut berubah.

  • Pilih Produk yang sudah terdaftar di PBOM

Cara memilih produk yang dikemas selanjutnya adalah pilih produk yang sudah terdaftar di BPOM. Sebelum membeli produk baik makanan maupun minuman sebaiknya cari info terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan google untuk bertanya tentang produk kemasan yang akan anda ambil apakah sudah terdaftar pada BPOM atau belum. Dengan memilih produk terdaftar BPOM maka anda tidak perlu khawatir tentang keamanan produk tersebut. Cara mengetahui produk tersebut terdaftar di BPOM adalah dengan klik alamat website BPOM, kemudian masukkan kode yang ada dikemasan ke dalam kolom pencaharian. Jika ada maka dipastikan bahwa produk tersebut aman digunakan, dan sebaliknya jika tidak ditemukan maka produk yang akan anda beli perlu dipertanyakan.

Banyak orang yang belum paham dan mengenal mesin yang digunakan untuk mengemas produk makanan atau lainnya. Mesin yang digunakan adalah mesin packing otomatis. Mesin ini merupakan mesin pengemas makanan otomatis yang memiliki fungsi sebagai pengemas produk dengan cara otomatis dan lebih cepat. Mesin ini ada banyak pilihan yang bisa anda dapatkan, di antaranya adalah mesin untuk pengemas gula pasir, mesin pengemas tepung, mesin pengemas untuk kopi, mesin  pengemas makanan yang ringan, mesin pengemas keripik, mesin pengemas tempe, mesin pengemas minyak goreng, mesin pengemas snack, mesin pengemas kopi bubuk, mesin pengemas powder, mesin packing liquid, mesin pengemas sachet, mesin pengemas untuk garam, mesin pengemas sambal, mesin pengemas plastic dan masih banyak lagi mesin pengemas lainnya. Dengan adanya mesin packing maka pekerjaan produsen akan lebih mudah dan cepat. Untuk harga mesin packing ini beragam, anda bisa mendapatkannya dengan harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Berikut ini adalah mesin pengemas otomatis yang bisa anda ketahui. Pertama ada mesin pengemas otomatis cup sealing dan filling, Memiliki model 2 line, volatse sebesar 220-240 volt, frekuensi 50/60 Hz, untuk daya listrik sebesar 2500 watt, temperature sealing sebesar 150-400 derajat C, Kapasitas 1920 cup/jam, akurasi pengisian adalah 98.5%, dengan volume air atau cup 300 kg, dan memiliki dimensi sebesar 1700x540x1400 mm. Juga terdapat Mesin cup sealing dan fillluing otomatis GD series 2 line, dengan model 2 line, voltase sebesar 220 hingga 240 volt, frekuensi 50/60 Hz, daya listrik yang digunakan sebesar 2500 watt, temperature sealing 180 hingga 240 derajat, kapasitas mencapai 1800 cup/jam, akurasi pengisian seebsar 97%. Selanjutnya ada mesin cup sealing dan filling otomatis GD Series 4 line. Adalah model dengan 4 line, voltase sebesar 220-240 volt, frekuensi 50/60 Hz, daya listrik sebesar 400 watt, memiliki kapasitas 3600 cup/jam, akurasi pengisian 97%, temperature sealing sebesar 180 hingga 240 derajat Celcius, berat mesin 800 kg, volume air per cup 50 hingga 360 ml per cup, dimensi mesin sebesar 2500 x 800 x 1450 mm. Selanjutnya juga ada mesin pengemas otomatis gula dan butiran sachet MPS 5000.  Model mesin ini MPS 5000, volatse 220 hingga 240 volt, frekuensi 50 hingga 60 Hz, Daya listrik sebesar 1800 watt, akurasi pengisian 98.5%, kapasitas produksi sebesar 500 bungkus perjam,

pexels.com

Kemasan-Kemasan Unik

Sering sekali kita menemukan beragam kemasan dengan bentuk biasa saja di pasaran. Jika anda saat ini sedang membangun usaha khususnya dalam bidang makanan maka sebaiknya pilihlah kemasan makanan yang unik lain dari yang lain. Berikut ini adalah contoh kemasan makanan yang patut dicontoh atau dijadikan motivasi :

  • Kemasan Cereal yang lucu

Salah satu makanan yang sering disantap untuk sarapan anggota rumah anda adalah sereal. Makanan sereal ini juga menjadi makanan sarapan wajib bagi anak-anak sebelum berangkat sekolah. Untuk mendapatkan selera makan yang besar anak-anak bisa mengkonsumsi sereal dalam bentuk kemasan yang unik. Bentuk dari kemasan bisa berbentuk burung atau benda lainnya, juga menggunakan warna-warni yang lucu.

  • Roti dengan kemasan bergambar buaya

Salah satu bentuk kemasan lainnya yang unik adalah kemasan roti yang hanya menggunakan kertas biasa yang tipis, namun yang membuatnya unik adalah gambar binatang yang berpose seperti ingin menyantap roti tersebut. Kemasan yang unik akan membuat orang tertarik.

  • Pasta dengan bentuk koki

Selain memilih jenis kemasan yang akan anda pilih, penting juga memilih gambar yang akan anda sajikan di kemasan. Pilihlah gambar unik yang membuat orang ingin tahu lebih dekat produk yang dijual.

  • Kemasan dalam bentuk gambar binatang yang menggambarkan rasa produk di dalamnya. Misal saja ada makanan yang menganduung babi maka akan tampak hewan babi dikemasan tersebut. Jika produk tersebut menggunakan bahan dari hewan sapi maka gambar yang ada pada kemasan berbentuk hewan sapi. Tanpa harus menggunakan kata-kata pembeli sudah paham terlebih dahulu.
  • Bentuk kemasan yang lucu dan unik

Untuk bisa menarik konsumen bisa juga dengan membuat kemasan yang lucu dan unik. Misal saja anda ingin memproduksi permen atau coklat dalam bentuk permen. Anda bisa mencantumkan gambar kepala orang dibungkus permen tersebut.

  • Kemasan muffin yang lucu

Muffin adalah salah satu makanan yang disukai banyak orang,  agar bisnis muffin berhasil anda membuat kemasan dengan bentuk unik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *