Umum

Jenis Mainan Anak Perempuan yang Mendukung Tumbuh Kembangnya

Anak perempuan biasanya memiliki perawatan berbeda dengan anak laki-laki sehingga orang tua selalu membutuhkan berbagai macam hal yang diinginkan mereka karena pilihannya lebih banyak, termasuk mainan. Secara umum, anak laki-laki cenderung bermain mobil-mobilan atau robot sebagai objek utama untuk dimainkan setiap hari, sementara itu berbeda dengan para orang tua yang mempunyai anak perempuan karena mereka sedikit kebingungan untuk menyediakan jenis permainan bagi putri kecil mereka di rumah.

Kendati demikian, anda tidak selamanya menganggap bahwa mainan anak perempuan identik dengan benda yang sama karena gadis kecil kesayangan anda tidak serta merta membutuhkan mainan berupa boneka saja. Sebab, anda juga bisa membelikan mereka pakaian bergambar animasi kesukaan mereka di grosir kaos anak karena tampilannya memiliki motif yang menarik dan keren. Anda perlu mengetahui apa saja jenis mainan untuk anak perempuan yang paling direkomendasikan dan mendukung tumbuh kembang di kecil sehingga mereka tidak bosan memainkannya setiap hari.

10 Macam Mainan Anak Perempuan yang Tepat Sesuai Usianya

 

Jika anda memiliki anak perempuan berusia 1 hingga 5 tahun, maka perlu menyediakan beragam mainan untuk sang putri kecil tercinta sehingga ia tidak bosan bermain di rumah dengan mainan berikut ini, yaitu :

  1. Blok Kayu

Apabila anda ingin memberikan mainan untuk anak perempuan yang edukatif, maka bisa membelikan blok kayu sebagai objek yang dimainkan setiap hari. Meski begitu, keberadaannya tidak berbeda bak lego dimana manfaat dari memainkan blok kayu adalah meningkatkan kreativitas, mengembangkan kemampuan istimewa, kemampuan bersosialisasi, kemampuan matematis dan kemampuan menyelesaikan masalah karena putri kecil anda harus menyusun blok-blok kayu secara tertata dengan susunan yang benar dan rapi.

pexels.com
  1. Lilin Malam

Anda bisa membelikan mainan anak perempuan seperti lilin malam untuk si kecil. Sebab, mainan ini mudah dibentuk sesuai keinginan sang buah hati sehingga memberikan kesenangan dan keseruan bagi mereka ketika bermain. Manfaat dari bermain lilin malam adalah mengasah imajinasi dan kreativitas si kecil dan banyak sekali merek lilin beredar di pasaran dengan kualitas terbaik, sedangkan penggunaannya sangat halus dan tidak menyengat sehingga aman dimainkan buah hati anda untuk bereksplorasi setiap hari.

  1. Dokter Kecil

Dokter adalah salah satu cita-cita yang diinginkan anak-anak dan cara efektif untuk menunjang impian si kecil dengan menyediakan mainan untuk anak perempuan berupa dokter kecil dengan peralatan serupa bak dokter asli. Anda bisa membelinya di toko mainan terdekat dan manfaat dari bermain dokter kecil adalah menumbuhkan rasa simpati dan empati kepada sesama, kemampuan bersosialisasi serta meningkatkan kepercayaan diri sang buah hati sehingga putri kecil anda lebih semangat untuk meraih impian sebagai dokter di masa depan.

  1. Puzzle

Orang tua mana pun dipastikan ingin memberikan mainan anak perempuan yang edukatif di samping sifatnya lebih seru dan menyenangkan. Puzzle adalah pilihan tepat untuk putri kecil anda karena cara mainnya sederhana dan bermanfaat untuk mengasah ketangkasan si kecil. Mainan ini juga berguna untuk mengajarkan sang buah hati agar dapat menuntaskan masalah dengan tepat dan anda bisa membelikan puzzle sesuai usia si kecil karena setiap umur anak perempuan memiliki tingkat kesulitan penyusunan mainan puzzle yang berbeda.

  1. Make Up Kit

Anak perempuan biasanya tidak bisa lepas dari penggunaan make up untuk terlihat cantik dan segar setiap hari. Apabila anda memiliki gadis kecil yang berusia 3 sampai 5 tahun maka perlu membelikan make up kit sebagai mainan untuk anak perempuan supaya bisa digunakan setiap hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa tampilannya sama persis seperti make up yang dimiliki sang bunda namun komposisi dalam peralatan riasnya tidak berat seperti alat kecantikan untuk orang dewasa, sedangkan berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri si kecil.

  1. Squishy

Squishy adalah salah satu mainan anak perempuan yang sedang digandrungi banyak orang. Mainan ini cukup menarik karena berbahan dasar spons dan akan kembali ke bentuk asalnya apabila telah diremas terlebih dahulu. Squishy memiliki bentuk dan warna beragam sehingga si kecil bisa memilih keinginannya sehingga mereka tidak bosan memainkannya setiap hari, sementara manfaat dari memainkan squishy adalah menghilangkan stress karena si kecil selalu meremasnya dan seakan terhibur dengan bentuk dan warnanya yang cantik.

  1. Alat Musik

Mainan untuk anak perempuan yang sama seperti anak laki-laki adalah alat musik. Anda bisa membeli perlengkapan alat musim berukuran mini di toko mainan terdekat dan bisa digunakan untuk anak-anak berusia 3 sampai 5 tahun, sedangkan miniatur dari peralatan tersebut antara lain gitar, drum, pianika, biola sampai keyboard. Untuk menjaga ketahanan mainannya maka anda bisa membelinya dengan kualitas lebih bagus agar si kecil dapat menggunakannya lebih lama dan semakin mudah mengasah kemampuannya di bidang musik.

  1. Lego

Secara umum, balok lego tidak hanya diperuntukan untuk anak laki-laki saja karena keberadaannya termasuk mainan anak perempuan yang sering dijadikan pilihan orang tua untuk buah hati mereka saat ini. Manfaat dari permainan masa kini tersebut adalah mengembangkan kemampuan spasial, kemampuan menuntaskan masalah hingga meningkatkan kreativitas anak. Lego tidak selalu diberikan untuk anak-anak berusia 7 tahun saja, lantaran anak-anak berusia 1 sampai 3 tahun bisa memainkan balok lego dengan dampak lebih signifikan.

  1. Miniatur Dapur dan Pasar

Perempuan hakikatnya sangat akrab dengan dapur dan pasar dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, apabila anda memiliki anak perempuan bisa dipastikan untuk menyediakan mainan bagi si kecil berupa miniatur dapur dan pasar yang banyak ditemukan di tokok-toko mainan. Anda bisa melihat sendiri bagaimana cara si kecil memasak dan berbelanja dengan menggunakan miniatur tersebut dan manfaat dari bermain masak-masakan adalah menumbuhkan sikap mandiri bagi putri kecil anda sejak usia dini.

  1. Boneka

Boneka menjadi mainan anak perempuan paling familiar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pada dasarnya bahwa boneka memiliki bentuk dan warna beragam dengan ekspresi wajah yang cantik dan tampan nan menggemaskan. Boneka untuk anak perempuan biasanya tidak pernah lepas dari animasi terbaik bernama Barbie. Manfaat bermain boneka serta rumahnya bagi putri kecil anda adalah memberi peran penting bagi si kecil seakan mereka sebagai pemilik hunian pribadi untuk mengenal seluruh nama benda di rumah dan mengembangkan imajinasinya.

pexels.com

10 Tips Memilih Mainan Anak Perempuan yang Harus Diperhatikan

 

Di bawah ini adalah tips memilih mainan untuk anak perempuan yang harus diperhatikan agar si kecil dapat bereksplorasi dan berimajinasi dengan permainan menarik di rumah sehingga tidak mudah bosan, yakni :

  1. Bentuk dan Keamanan Mainan

Pertama, anda harus memperhatikan bentuk dan keamanan mainan untuk anak perempuan terlebih dahulu sebelum memastikan si kecil bisa bermain dengan nyaman di rumah. Jika anda mempunyai anak perempuan yang berumur 1 sampai 3 tahun, alangkah baiknya untuk memilih mainan anak untuk perempuan dengan ukuran lebih besar agar dapat mencegah risiko tertelan karena apa saja yang dilihat dan digenggam buah hati rentan masuk ke dalam mulut mereka dan tidak memberikan mainan berukuran kecil seperti pita, tali dan sejenisnya.

  1. Edukatif dan Menghibur

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah anda harus memilih mainan anak perempuan lebih edukatif dan menghibur bagi si kecil. Oleh sebab itu, keberadaannya tidak hanya menghibur melainkan menambah pengetahuan dan kreatifitasnya dengan objek yang dimainkan. Anda bisa membelikan buah hati mainan menarik seperti puzzle, lego, dokter mini dan masak-masakan karena beberapa permainan tersebut bukan sekadar menyenangkan, tetapi juga menambah wawasan dan meningkatkan imajinasi si kecil.

  1. Tidak Mengutamakan Harga

Anda tidak boleh memiliki prinsip bahwa mainan dengan harga mahal mempunyai kualitas lebih bagus dan tahan lama. Pasalnya, masih banyak orang tua yang salah kaprah untuk menilai hal ini sehingga mereka terkesan boros dan mainan yang dibeli tidak menjamin disukai si kecil dan dimainkan setiap hari. Anda perlu memilih dan menentukan jenis mainan yang berkualitas dan baik digunakan untuk sang buah hati agar dapat menghibur dan mengedukasi mereka selama di rumah dengan mainan yang anda sediakan.

  1. Mainan yang Bisa Dicuci

Cara berikutnya untuk memilih mainan anak perempuan adalah pilih objek yang bisa dicuci setiap hari. Hal ini bertujuan agar kebersihan dan kesehatan buah hati anda dapat terjaga dari kuman atau virus yang biasanya bersarang pada mainan si kecil. Tak hanya itu, apabila mainan yang anda beli sangat mudah dicuci, ancaman penyakit dari bakteri dan kuman sangat kecil karena kebersihannya mampu dijaga setiap hari sehingga putri kecil tercinta bisa bermain dengan aman dan nyaman tanpa khawatir terkena sakit.

  1. Tidak Mengandung Unsur Kekerasan

Anda harus membelikan mainan untuk anak perempuan tanpa mengandung unsur kekerasan sejak pertama kali dimainkan. Maka dari itu, anda perlu menghindari penggunaan mainan seperti senapan, pistol dan sejenisnya karena tidak hanya mengancam keselamatan diri si kecil, tetapi juga merusak keamanan dan kenyamana orang lain. Anak laki-laki sekalipun tidak diwajibkan memilikinya mengingat banyak sekali kasus kekerasan akibat bermain alat-alat tersebut dan berisiko melukai fisik siapa saja yang mengenainya.

pexels.com
  1. Ajak Anak untuk Tentukan Mainan Pilihannya

Anda bisa mengajak si kecil ke toko mainan untuk menentukan mainan anak perempuan pilihannya dan sesuai kegemarannya. Selain itu, anda perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan sang buah hati untuk bertanya tentang minat dirinya sehingga putri kecil anda merasa dihargai untuk menyampaikan gagasan sesuai keinginannya. Anda juga dapat membeli mainan untuk anak perempuan yang aman dan berkualitas dan biasanya apa saja yang diinginkan buah hati anda bisa ditemukan selama berada di toko mainan supaya si kecil bebas menentukan mainan yang ia inginkan.

  1. Pilih Jenis Mainan Berdasarkan Usia

Orang tua harus membelikan mainan untuk anak perempuan berdasarkan usianya sehingga mereka tidak akan bosan bermain bersama rekan sebanyanya maupun anda di rumah. Anak perempuan akan sulit berkembang apabila orang tuanya menyediakan mainan yang tidak sesuai dengan umurnya saat ini, sedangkan langkah sederhana untuk mencegah hal tersebut adalah melihat label berupa informasi tentang berapa usia yang tepat agar dapat menggunakan beragam jenis mainan untuk anak perempuan yang akan dibeli.

  1. Tidak Memberi Terlalu Banyak

Anda tidak boleh memberikan mainan anak perempuan terlalu banyak untuk putri kecil di rumah, sementara hal itu menimbulkan rasa bosan kepada mereka karena pusing melihat berbagai macam mainan yang tersedia. Anda bisa membelikan satu buah mainan favorit buah hati agar ia dapat mengenal dan mengasah kemampuannya dengan mainan yang dimilikinya saat ini sehingga bisa menstimulasi otak dan meningkatkan kreativitas setiap hari dibandingkan membeli banyak mainan namun tidak digunakan sama sekali.

  1. Pilih Mainan yang Mengasah Kreativitas

Untuk memberikan stimulasi kepada si kecil sebaiknya anda tidak boleh membelikan mainan untuk anak perempuan yang mengasah kreativitas buah hati anda. Oleh sebab itu, jangan pernah memberi mainan dengan unsur gadget atau teknologi karena anak-anak cenderung mengutamakan hal-hal instan sehingga tidak memiliki pola pikir kreatif untuk menyelesaikan sebuah masalah, sedangkan risiko lainnya adalah mereka lebih sering bergantung terhadap suatu hal daripada menyelesaikan perkara secara pribadi melalui mainan yang ia gunakan.

pexels.com
  1. Berikan Mainan Berdasarkan Minat

Selanjutnya, anda perlu membelikan mainan anak perempuan berdasarkan minat si kecil sehingga buah hati di rumah akan semakin aktif untuk mengasah bakat yang dimilikinya agar dapat meraih cita-cita di masa yang akan datang. Contoh kecilnya adalah apakah anak anda ingin menjadi dokter, maka bisa memberikan perlengkapan kesehatan seperti dokter-dokteran di toko mainan karena miniatur yang tersedia untuk setiap setnya antara lain stetoskop, thermometer, suntik dan lainnya seputar dunia kesehatan atau medis.

Anak perempuan memiliki pelayanan lebih serius daripada anak laki-laki sehingga orang tua harus aktif dan bijak ketika menentukan beragam jenis mainan untuk putri kecil tercinta supaya bisa menjaga kenyamanan sekaligus meningkatkan kreatifitas mereka secara efektif. Oleh sebab itu, anda perlu membelikan mereka mainan umum alias bisa juga digunakan untuk anak laki-laki seperti puzzle atau balok lego karena kedua jenis permainan modern ini bukan hanya menantang dan menyenangkan, tetapi juga mengasah kemampuan si kecil untuk lebih bertanggung jawab dalam menyusun setiap balok yang tersedia.

Kendati demikian, anda jangan pernah tergiur dengan harga karena nominal yang dibandrol untuk setiap set mainan anak perempuan belum tentu sesuai berdasarkan keamanan dan kualitasnya sehingga para orang tua bisa mencari informasi lebih lanjut tentang apa saja merek mainan untuk anak perempuan yang paling sering dibeli banyak orang karena kualitasnya sangat baik, serta sangat mudah dan nyaman digunakan setiap hari sehingga gadis kecil kesayangan anda tidak akan bosan memainkannya dengan orang tuanya di rumah maupun teman seusianya untuk meningkatkan kesadaran sosial dan menghilangkan rasa takut pada dirinya.

Mainan untuk anak perempuan sebenarnya tidak berbeda dengan mainan bagi anak laki-laki karena keduanya memiliki fungsi yang sama untuk menghibur buah hati anda ketika tidak memiliki kegiatan apapun. Sementara itu, anda harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan si kecil untuk tidak pernah memberikan mainan berukuran kecil akibat risiko tertelan atau terhirup yang mungkin saja terjadi apabila tanpa pengawasan orang tua. Anda sendiri perlu memberikan hiburan menarik kepada buah hati tercinta berupa kaos bergambar animasi kesukaannya dari grosir kaos anak karena menawarkan pakaian khusus anak-anak yang lucu dan menarik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *