Selain dikenal karena keindahan alamnya yang memukau, kota Malang ternyata memiliki beragam kuliner khas yang berhasil membuat air liur menetes sehingga para wisatawan yang berkunjung ke kota Apel wajib mencicipi setiap menu makanan yang disajikan dengan kelezatan tiada duanya. Bahkan, sebagian besar diantara mereka yang selalu menghabiskan masa liburan ke Malang tidak akan pernah melewatkan momen untuk menyambangi beberapa tempat makan yang menghadirkan beberapa menu pilihan tersebut.

Tak hanya itu, beragam jenis paket kota Malang yang mulai ditawarkan kepada para wisatawan ternyata bukan hanya merekomendasikan beberapa tempat wisata terbaik yang harus dikunjungi saat masa liburan, tetapi juga menekankan siapapun untuk merasakan kelezatan dari berbagai menu makanan tradisional khas Malang yang menggoyang lidah anda saat berlibur di kota Apel dan membuat siapapun ketagihan untuk mencicipinya terus menerus, serta harganya yang murah bagi anda yang berlibur dengan keluarga.

www.pexels.com

10 Makanan Tradisional Khas Malang yang Paling Enak

Liburan anda belum sempurna jika berlibur ke daerah Malang tidak mencicipi 10 menu makanan khas yang menjadi pilihan para wisatawan saat mengunjungi kota Apel seperti rincian di bawah ini, diantaranya :

  1. Bakso Bakar

Anda mungkin mengenal bakso hanya direbus dan disajikan dengan menggunakan kuah kaldu yang gurih dan nikmat. Namun, jika berkunjung ke Malang maka bisa mencicipi kuliner khas kota Apel berupa bakso bakar yang rasanya sangat enak dan selalu menjadi incaran para wisatawan dari beberapa daerah. Makanan ini biasa dihidangkan dengan kecap, saus serta bumbu lainnya yang mampu menambah cita rasanya semakin nikmat dan aromanya mampu membangkitkan selera anda.

  1. Rawon

Masyarakat Indonesia dan khususnya para traveler mungkin tidak asing dengan salah satu kuliner khas Malang satu ini, yaitu rawon. Makanan ini bisa dikatakan sebagai menu terbaik yang sering diburu para wisatawan yang berlibur ke kota Apel karena rasanya yang enak dan termasuk makanan tradisional paling enak andalan warga Malang. Rawon selalu disajikan dengan kuah lezat berwarna hitam dengan telur asin yang rasanya sangat nikmat dan membuat anda tertarik ingin mencobanya.

www.pexels.com

  1. Orem-orem

Tidak sedikit diantara para wisatawan yang mengunjungi kota Malang masih asing dengan orem-orem sebagai kuliner khas kota Apel. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan campuran tempe dan ketupat yang dipotong berukuran kecil dengan tambahan telur asin. Jika anda mencicipinya maka akan selalu ketagihan karena tampilannya sama seperti sayur lodeh maupun opor, sedangkan orem-orem sendiri sering disajikan menggunakan kuah yang begitu kental dengan rasa yang enak dan lezat.

  1. Cwie Mie Malang

Cwie Mie Malang adalah salah satu makanan tradisional khas Malang yang tampilannya menyerupai mie ayam pada umumnya. Namun, perbedaannya bisa dilihat dari sajiannya lebih lembut berupa abon dan cita rasanya yang lezat dan unik. Kuliner satu ini selalu disajikan menggunakan selada dan disimpan di atas mangkuk khusus dari pangsit. Wisatawan yang berlibur ke kota Malang tidak pernah absen mencicipi makanan ini karena rasanya yang nikmat dan membuat banyak orang ketagihan.

  1. Tahu Campur

Tahu Campur menjadi kuliner andalan kota Malang yang terbuat dari tahu yang dicampurkan dengan beberapa makanan lainnya seperti perkedel singkong, selada, mie kuning, taoge dan sop daging sapi yang semuanya menghasilkan aroma menyengat dan membuat siapapun penasaran dengan cita rasanya. Bahkan, sejak pertama kali dikonsumsi maka anda tidak akan pernah berpaling untuk memakannya lagi dan lagi karena selalu menjadi pilihan para wisatawan yang berlibur ke daerah ini.

  1. Bakso Malang

Bakso Malang sampai sekarang masih familiar bagi masyarakat Indonesia karena dikenal sebagai makanan tradisional khas Malang yang mudah ditemukan dengan harganya lebih murah. Namun, jika anda ingin mencicipi Bakso Malang dengan rasa paling enak maka harus datang langsung ke kota apel karena di sana anda bisa menemukan beberapa tempat kuliner yang menyajikan menu ini dengan bumbu tertentu yang membuat siapapun tergiur untuk mencicipinya tanpa henti sejak suapan pertama.

www.pexels.com

  1. Es Durian Dempo

Apakah anda pecinta durian? Jika benar, maka wajib mencicipi Es Durian Dempo yang mudah ditemukan saat anda berlibur ke kota Malang. Kuliner ini menjadi hidangan khas kota apel dengan bahan dasar durian yang aromanya begitu harum dan nikmat, serta es ini selalu dicampur menggunakan kental manis dan sirup yang akan membuat air liur anda menetes. Bahkan, tambahan serutan es batu di atasnya semakin membuat selera anda memuncak untuk segera mencobanya.

  1. Angsle Malang

Jika anda kurang menyukai beragam jenis makanan yang gurih, maka bisa mencicipi salah satu makanan tradisional khas Malang dengan rasanya cukup manis, yaitu Angsle Malang. Kuliner khas kota apel ini sekilas menyerupai sekoteng. Namun, Angsle Malang terbuat dari kacang tanah dan irisan roti yang ditambahkan dengan ketan putih kukus, bubuk Mutiara, tape singkong dan putu mayang yang enak, serta makanan ini selalu dijadikan sebagai hidangan penutup dengan rasanya super nikmat.

  1. Sego Goreng Mawut

Sego Goreng Mawut adalah salah satu makanan khas kota Malang yang terbuat dari campuran mie goreng serta nasi goreng yang rasanya sangat enak dan lezat. Makanan ini akan jauh lebih nikmat jika anda menambahkan irisan tomat dan acar di atasnya yang tidak hanya membuat tampilannya menjadi cantik namun juga lebih segar. Wisatawan yang berlibur ke Malang tentu saja tidak asing dengan makanan ini dan termasuk ke dalam daftar kuliner favorit yang selalu diburu turis dari berbagai daerah.

  1. Mendol

Mendol adalah makanan tradisional dari kota Malang yang sekilat menyerupai combro, sedangkan kuliner ini sebenarnya dibuat menggunakan kedelai dan dicampur dengan beberapa bumbu lainnya mulai dari bawang putih, kunyit dan lainnya. Kemudian, adonan tersebut diaduk merata dan dibentuk seperti combro. Mendol memiliki rasa yang lebih menggugah selera jika anda memakannya dengan menggunakan sambal maupun dimakan langsung dengan tekstur yang empuk dan sangat lezat.

10 Makanan Tradisional Khas Malang yang Murah dan Nikmat

Di bawah ini adalah beragam jenis kuliner khas Malang yang tidak hanya memiliki cita rasa enak dan nikmat melainkan harganya yang bersahabat sehingga wajib dicicipi para wisatawan yang sedang berlibur, yaitu :

  1. Soto Lombok

Soto Lombok merupakan salah satu kuliner khas Malang yang sampai detik ini masih menjadi incaran para wisatawan yang berlibur ke kota apel. Sebab, selain harganya cukup murah bahwa rasanya selalu menggoyang lidah siapapun yang menyantapnya, serta terbuat dari beberapa campuran seperti telur rebus, tauge, daging ayam kampung, kentang dan lainnya. Anda juga bisa mencicipi kuahnya yang sangat kental dengan taburan serbuk koya yang membuat makanan ini semakin nikmat disantap.

www.pexels.com

  1. Pecel Pincuk

Kemudian, makanan tradisional khas Malang berikutnya yang harus dicoba adalah Pecel Pincuk karena terbuat dari beragam jenis sayuran yang dihidangkan di atas daun pisang. Makanan ini menggunakan beberapa macam olahan sebagai kompisisinya mulai dari tauge, bayam, kacang panjang dan masih banyak lagi yang tentu saja enak dan bergizi. Pecel Pincuk akan terasa lebih nikmat jika anda memakannya dengan tambahan sambal kacang serta irisan mentimum yang enak dan segar.

  1. Nasi Buk

Nasi Buk menjadi salah satu kuliner yang mudah dijumpai di kota Malang dan terkenal karena rasanya yang sangat enak. Anda bisa menyantapnya dengan tambahan lauk dan sayur lodeh sehingga membangkitkan nafsu makan sejak pertama kali memakannya. Selain itu, rasanya akan lebih enak dan nikmat jika anda menambahkan bakwan jagung, empal, ayam goreng, babat, paru dan pelengkap lainnya yang tidak kalah enak disantap dan mudah ditemukan saat anda liburan di jalanan kota Malang.

  1. Sop Sumsum

Sop Sumsum dikenal sebagai makanan tradisional khas kota Malang yang rasanya tidak akan pernah dilupakan semua orang yang memakannya. Sop ini bukan sekedar makanan kuah yang berisikan beragam jenis sayuran yang disiram kuah kaldu saja, tetapi ditambahkan dengan sumsum dan tulang sapi yang bisa disantap serta rasanya selalu menggoyang lidah. Rasanya sangat enak dan gurih sehingga membuat para wisatawan tidak pernah melewatkan momen tepat untuk mencicipi sop ini.

  1. Tahwa

Selanjutnya, makanan khas kota Malang yang harus dicicipi adalah Tahwa dan dikenal sebagai kembang tahu dan disajikan dengan kuah hangat dari campuran gula merah dan jahe, serta berisikan tahu yang bertekstur lembut dan sangat enak untuk disantap di lidah anda. Makanan ini biasanya sesuai untuk anda yang tengah kedinginan akibat udara kota apel yang begitu sejuk dan dingin sehingga Tahwa layak dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh dan tenggorokan saat sedang berlibur.

  1. Bakso Bakwan

Kota Malang dikenal memiliki beberapa kuliner khas dengan rasa tak tertandingi dan selalu menjadi incaran para wisatawan. Bakso Bakwa adalah salah satu makanan tradisional khas kota apel karena anda akan disajikan sebuah mangkuk yang berisikan bakso goreng, bakso urat, bakso halus, tahu rebus, bakwan dan dilengkapi pangsit super renyah. Makanan ini berbeda dengan jenis bakso lainnya karena tidak ditambahkan mie dan disiram kuah kaldu sapi yang enak dan kental dengan aromanya sangat khas.

www.pexels.com

  1. Sate Kelinci

Sate Kelinci belakangan ini tengah menjadi buruan para wisatawan yang selalu menghabiskan masa liburan mereka di kota Malang. Sebab, makanan yang terbuat dari daging kelinci asli ini mempunyai rasa yang tidak kalah lezat dibandingkan sate pada umumnya. Sate ini biasanya disantap dengan menggunakan bumbu kacang, sedangkan rasanya akan lebih enak dan sedap jika anda memakannya dengan menambahkan nasi hangat maupun lontong yang tidak hanya lezat namun mengenyangkan.

  1. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket adalah salah satu tempat kuliner yang menghadirkan makanan tradisional khas Malang dengan rasa yang enak, yaitu lupis, klepon, cenil serta kue putu sebagai hidangan utama yang menjadi pilihan wisatawan. Kuliner yang disajikan memiliki rasa manis dan lezat sehingga siapa saja yang memakannya ingin mencicipinya tanpa henti, sedangkan keberadaannya mudah ditemukan karena berlokasi di pusat kota Malang dengan harga murah dan rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Kota Malang tidak pernah berhenti memanjakan para wisatawan dari berbagai daerah dengan menyediakan paket wisata Malang yang menawarkan beberapa macam makanan khas yang enak dan murah. Tak hanya itu, anda juga bisa mencicipi satu persatu beragam jenis menu di atas bersama seluruh anggota keluarga saat berlibur di kota apel untuk mengatasi rasa penasaran anda dengan makanan khas kota Malang yang bukan hanya nikmat namun juga membuat semua orang ketagihan sejak pertama kali mencobanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *