Islam

Menikmati Masjid-Masjid Indah Dan Mega Di Eropa Beserta Arsitekturnya

Masjid digunakan sebagai tempat beribadah. Di Indonesia memiliki banyak sekali bangunan masjid. Tidak jarang bahkan masjid sengaja dibangun di kawasan permukiman warga. Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan warga yang hendak beribadah tentu saja. Beberapa kawasan bahkan masjid yang dibangun melebihi satu buah. Itu artinya bahwa bangunan ini termasuk sangat penting. Bagi wilayah yang mayoritas terdiri dari kalangan orang yang mampu, tidak jarang masjid sengaja dibangun dengan megah dan indah guna menarik minat warga ikut beribadah dan meramaikan masjid setiap harinya. Tujuan itulah yang ingin dicapai oleh pembangun masjid membuat sebuah masjid yang memiliki karakteristik yang indah dan nyaman.

www.pexels.com

Menilik Masjid-Masjid Indah Dan Mega Di Eropa

Eropa termasuk kawasan dengan jumlah penduduk muslim yang tidak bisa dibilang banyak. Bahkan bisa dikatakan bahwa kaum muslim di eropa termasuk kaum minoritas. Akan tetapi jangan salah, ternyata di eropa memiliki bangunan masjid dengan bangunan yang keren. Seperti apakah masjid-masjid indah dan mega di Eropa yang membuat penasaran? Berikut penjelasannya:

  • Grande Mosque De Paris. Masjid indah yang satu ini terletak di kota Paris, Prancis. Masjid indah yang ada di Paris tersebut merupakan sebuah hadiah khusus yang diberikan oleh pemerintah negara perancis saat perang dunia kedua. Hadiah tersebut diberikan karena kaum muslimin Prancis secara sukarela ikut membantu pada saat melawan negara Jerman. Keindahannya karena masjid ini memiliki menara dengan tinggi sekitar 33 meter. keindahannya membuat pengunjung yang berwisata religi ke masjid ini dapat menikmati biji khusus yang disajikan dengan teh dan mint dari ketinggian. Cukup memukau bukan? Terlebih dapat melihat kota paris secara menyeluruh
  • London Central Mosque. Masjid yang satu ini letaknya di kota London, Inggris. Seperti yang terjadi pada masjid di Paris, masjid inipun merupakan hadiah khusus untuk kaum muslimin. Alasannya adalah pada saat perang dunia, kaum muslimin Inggris ikut membela negara Inggris dan sekutunya. Nah, apa saja yang membuat masjid ini indah? Ternyata letaknya di kawasan mewah yang ada di London. Jadi bisa dibayangkan bagaimana mewahnya. Apalagi dibangun di sekitar taman populer di London. Fasilitasnyapun sama sekali tidak kalah istimewa. Ada perpustakaan serta tempat khusus untuk kajian agama di masjid.
  • Mezquita De Gordoba. Daftar masjid-masjid indah dan mega di Eropa berikutnya terletak di Spanyol. Masjid ini termasuk masjid yang sangat bersejarah bagi perkembangan Islam di Spanyol. Sebab masjid ini merupakan sebuah bukti bahwa Islam pernah sangat berkuasa di Spanyol. Akan tetapi sayangnya masjid ini berubah menjadi katedral semenjak abad ke 16 karena dampak kristenisasi yang terjadi di Spanyol. Namun jangan khawatir, masjid ini meski sudah berubah fungsi masih menjadi bangunan yang sangat indah dari segi arsitekturnya. Bahkan masih mendapatkan pengakuan khusus dari Unesco.
www.pexels.com

Masjid Keren Di Rusia

Rusia yang merupakan salah satu negara yang menjadi pecahan Uni Soviet. Rusia sebenarnya sangat terkenal karena paham sekuler yang sangat kuat dianut. Namun dibalik banyaknya anggapan itu, ternyata rusia memiliki masjid yang juga termasuk masjid-masjid indah dan mega di Eropa yang layak diperhitungkan. Mau tahu? Ini dia informasinya:

  • Akhmad Kadyrov Mosque. Menariknya masjid yang satu ini termasuk masjid bekas markas partai komunis yang paling berkuasa di jamannya. Meskipun merupakan bekas markas partai komunis, akan tetapi setidaknya kini masjid tersebut memiliki menara dengan ketinggian 63 meter. Bangunan tersebut sebelum dijadikan masjid telah mengalami perbaikan untuk memberikan berbagai fasilitas seperti¬† madrasah, asrama hingga ruangan khusus untuk kajian keagamaan.
  • Moscow Cathedral Mosque. Namanya digunakan kata katedral. Alasannya adalah karena mayoritas penduduk yang ada di sekitar bangunan ini berdiri adalah penganut kristen ortodhox. Penganut agama ini beribadah di katedral. Meskipun demikian jangan khawatir, masjid-masjid indah dan mega di Eropa yang letaknya di Rusia ini memiliki fasilitas berupa perpustakaan. Fasilitas khusus juga disediakan di dalam masjid ini seperti lift khusus untuk penyandang disabilitas. Jadi bagi siapa saja yang menyandang disabilitas, masih bisa beribadah di masjid yang satu ini. Termasuk mengikuti kajian keagamaan yang rutin diselenggarakan di masjid ini.
  • Saint Peterburg Mosque. Nama lain dari masjid ini adalah masjid biru. Dinamakan masjid biru sebab masjid ini memiliki nuansa warna biru yang sangat kental. Mulai dari kubah hingga mihrab imam. Nuansa biru ini diberikan semenjak awal dibangunnya masjid yakni pada tahun 1910. Arsitek memberikan nuansa biru ini karena ingin merancang sebuah rumah ibadah yang berbeda dari biasanya. Istimewanya bangunan masjid yang satu ini memiliki menara kembar yang memiliki ketinggian 49 meter.Ciri khas inilah yang membuat bangunan masjid ini memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Wah, tidak menyangka ya meskipun Rusia lekat dengan anggapan negara komunis, akan tetapi memiliki bangunan masjid dengan kekuatan arsitektur yang menakjubkan. Bangunan tersebut tentu tidak boleh disia-siakan begitu saja. Bangunan seindah itu digunakan untuk menarik minat jamaah untuk beribadah dan meramaikan kajian keagamaan. Bahkan kapasitas atau daya tampung masjid tersebut tidak main-main. Bisa menampung sekitar lebih dari ribuan jamaah.

www.pexels.com

Masjid Indah Di Kawasan Eropa Lainnya

Benua eropa yang cukup luas ternyata masih menyimpan beberapa masjid-masjid indah dan mega di Eropa yang memiliki arsitektur yang menakjubkan. Mau mengenalnya? Berikut diantaranya:

  • Cologne Central Mosque. Masjid yang terletak di Jerman ini memiliki keunikan yang benar-benar patut diacungi jempol. Masjid ini memiliki design bangunan yang lebih menyerupai bentuk sebuah bola. Jika pada umumnya masjid hanya bangunan biasa, namun tidak dengan masjid terbesar di Jerman ini. Cologne central mosque tidak dibuat dari bahan bangunan pada umumnya. Bagian dinding masjid sengaja dibuat dari bahan yang cukup transparan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa jamaah bisa melihat lebih dekat masjid. Daya tampunya juga fantastis. Yakni sampai 10 ribu jamaah. Bahkan masjid ini dijadikan lambang perdamaian antar umat beragama di Jerman.
  • Islamizes Centrum Wien. Masjid ini terletak di negara Austria. Sekilas masjid ini seperti masjid kebanyakan. Akan tetapi ternyata masjid ini memiliki keistimewaan yakni memiliki tiga lantai yang masing-masing lantai akan digunakan secara bersamaan pada saat solat tarawih, pada lantai atas akan digunakan untuk tarawih 11 rakaat sedangkan untuk lantai bawah untuk yang 23 rakaat. Menaranya memiliki ketinggian 32 meter.

Meskipun kawasan Eropa merupakan kawasan yang cukup moderat, namun soal tempat ibadah memang tidak main-main. Jika penasaran dengan semua masjid indah di Eropa, traveler bisa coba wisata halal Eropa yang bisa dinikmati  kapan saja. Termasuk menu makanan halal yang bisa dinikmati oleh sahabat traveler saat berkunjung ke benua Eropa. Tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *