internet

Cara Memilih Gambar HD untuk Blog yang Cocok

Blog akan terlihat lebih menarik dengan gambar yang mendukung. Kebanyakan penulis akan memilih gambar HD untuk blog karena terlihat jelas. Gambar dengan kualitas tinggi juga dibutuhkan untuk rating blog. Namun untuk gambar blog tentu tidak hanya sebatas gambar HD.

Bagi para penulis blog perlu memperhatikan beberapa poin penting saat memilih gambar untuk blog. Berikut adalah gambar yang cocok untuk dimasukan dalam konten blog.

Memilih Gambar untuk Blog

  1. Memilih gambar yang sesuai

Gambar yang sesuai adalah gambar yang dapat menunjang isi artikel. Pahami dulu apa poin utama dari konten yang Anda tulis dan gambar seperti apa yang dibutuhkan. Gambar harus bisa menonjolkan atau memberi gambaran mengenai isi artikel.

Untuk artikel yang menggunakan bahasa santai dan ditulis dengan gaya seperti berinteraksi langsung dengan pembaca, maka gambar dengan wajah manusia bisa menjadi pilihannya. Gambar yang memilih wajah dengan ekspresi atau emosi untuk menceritakan isi artikel.

Untuk melengkapi artikel yang isinya tentang tutorial atau bersifat teknikal, maka alternatif gambarnya adalah jenis vektor atau gambar simbol. Gambar tersebut harus dapat membantu memperjelas apa yang disampaikan dalam artikel. Ada banyak website yang menyediakan gambar vektor gratis tanpa hak cipta.

unsplash.com
  1. Download gambar yang free copyright

Para pemilik blog tidak lagi susah untuk mendapatkan gambar yang dibutuhkan dalam blog. Kini ada banyak website yang menyediakan download free HD images untuk keperluan blog pribadi maupun website komersial. Salah satunya adalah Pixabay yang memiliki ribuan bahkan jutaan foto dan gambar.

Download dari website penyedia gambar gratis ini lebih aman dibandingkan Anda asal ambil foto atau gambar dari mesin pencari. Hal tersebut untuk menghindari masalah mengenai hak cipta. Jika Anda asal download dan menggunakan gambar orang lain, bisa saja menimbulkan masalah suatu saat nanti.

Website seperti Pixabay dan Pixlr dapat menjadi alternatif untuk Anda memperoleh gambar untuk blog. Ada banyak sekali stok foto mereka yang dapat dicari dan dibedakan dalam berbagai kategori. Cara mendapatkan gambarnya pun mudah, Anda hanya perlu mendownload dan itu gratis.

Setelah gambar diunduh, maka Anda bisa memasangnya di blog. Gambar-gambar di website ini sebagian besar tidak mengharuskan penyebutan sumber atau lainnya. Namun untuk berterima kasih para fotografer yang sudah berkontribusi menyajikan foto dan gambar, Anda bisa menyertakan sumbernya.

  1. Edit gambar

Untuk gambar vektor sebaiknya diedit dulu sebelum digunakan dalam artikel. Namun jangan edit gambar terlalu berlebihan agar tidak terlalu mengubah gambar aslinya. Edit secukupnya agar lebih mendukung konten atau artikel yang Anda tulis dalam blog.

unsplash.com
  1. Menggunakan gambar orang

Website untuk download free HD images juga menyediakan foto orang yang juga bisa diunduh gratis. Penggunaan gambar yang ada orangnya, sebaiknya tidak diedit. Gunakan gambar tersebut sewajarnya jangan sampai gambar diedit dan kemudian melecehkan orang yang ada dalam gambar tersebut.

Menambahkan sesuatu ke dalam gambar dapat menyebabkan masalah, terlebih lagi Anda menggunakan gambar orang lain. Edit gambar bisa saja merugikan, jika menambahkan sesuatu yang berbau SARA dan asusila.

  1. Bijak menggunakan gambar dengan merek

Merek menjadi sesuatu yang paling penting bagi suatu perusahaan. Hindari menggunakan gambar yang memiliki merek ternama. Jika ada merek yang tercantum dalam gambar, sebaiknya Anda edit dulu agar merek tersebut tidak lagi muncul dalam gambar.

  1. Memilih gambar kualitas tinggi

Blog dengan gambar HD bisa memiliki rating yang bagus di mesin pencari. Namun gambar-gambar dengan kualitas tinggi bisa membuat loading page blog Anda menjadi lebih lambat. Hal tersebut karena gambar yang beresolusi tinggi bisa terlalu berat bagi sebuah blog.

Pilih gambar dengan resolusi dan ukuran yang cocok untuk blog Anda. Untuk gambar yang diunduh dari website seperti Pixabay biasanya menyediakan gambar dalam beberapa ukuran. Anda bisa memilih resolusi atau ukuran gambar yang akan di download untuk keperluan blog.

Apabila gambar yang sudah disiapkan dirasa terlalu berat, Anda bisa edit atau resize gambar terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu mengecilkan ukuran gambar sehingga lebih ringan untuk dimasukan dalam blog.

unsplash.com
  1. Gambar yang sederhana

Gambar atau foto yang sederhana biasanya memberikan kesan elegan untuk blog. Anda bisa memilih gambar yang tidak terlalu ramai atau tidak menggunakan banyak warna. Anda bisa membandingkan gambar yang sederhana dan gambar yang ramai yang diunggah ke dalam blog.

  1. Cari gambar sebanyaknya

Carilah gambar dengan berbagai bentuk model hingga Anda menemukan format gambar yang cocok dan bisa mewakili isi artikel Anda. Gambar yang cocok dengan emosi atau pesan dari artikel Anda, akan berdampak bagus bagi popularitas blog.

Cari gambar yang benar-benar bebas hak cipta, walaupun akan menyita waktu. Anda bisa menggunakan website khusus yang menyediakan gambar gratis dan bebas copyright agar lebih mudah untuk menemukan gambar yang cocok. Sebelum gambar diunggah, pastikan gambar benar-benar bebas hak cipta.

Itulah beberapa tips memilih gambar HD untuk blog yang menunjang konten dan membantu menaikan eksistensi artikel blog.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *