Umum

Menelisik Manfaat Batu Andesit

 

Ada banyak sekali jenis batu alam yang ada di bumi, sebagian besar tersusun dalam lapisan kulit bumi yang disebabkan oleh magma. Magma adalah cairan bersuhu tinggi yang terus bergerak di dalam perut bumi secara ekstrusi maupun intrusi, magma dapat keluar ke bumi melalui gunung berapi. Magma sendiri menjadi faktor penting yang membentuk berbagai jenis batuan di dunia. Dari suhu yang tinggi ditambah dengan tekanan, maka sumber magma yang ada di dalam perut bumi akan berubah dan mengalami kristalisasi sebelum akhirnya menjadi batuan beku yang bisa anda saksikan saat ini.

Manfaat Batu Andesit

Salah satu jenis batuan beku yang terbentuk dari proses kristalisasi seperti yang dijelaskan di atas adalah batu andesit. Batuan yang banyak ditemukan di Pegunungan Andes ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti apa manfaatnya?

  • Infrastruktur

Batu andesit banyak digunakan sebagai salah satu bahan untuk pembangunan infrastruktur, misalnya saja gedung, jalan raya, pelabuhan, jembatan dan juga irigasi. Batu ini dipilih karena memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca sehingga tidak cepat rusak. Hanya saja tidak sembarangan batu andesit yang bisa digunakan, setiap batu andesit harus lolos uji agar bisa digunakan sebagai bahan baku infrastruktur.

  • Releksasi otot

Banyak kepercayaan yang menyebutkan bahwa batu andesit yang sudah dihangatkan kemudian ditempel di area tubuh tertentu dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu batu andesit juga dipercaya mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan membantu meredakan radang.

  • Mengurangi rasa cemas dan stres

Penelitian yang dilakukan tahun 1997 menunjukkan bahwa batu andesit mampu membantu mengurangi tekanan, stres dan juga rasa cemas secara signifikan bila digunakan untuk memijat area tubuh tertentu selama 15 menit. Jadi tidak heran apabila batu andesit banyak digunakan oleh tempat pijat refleksi.

  • Membantu mengurangi insomnia

Studi yang dilakukan tahun 2006 menunjukkan bahwa pijatan dengan menggunakan batu andesit menjadi salah satu alternatif terbaik untuk membantu mengurangi insomnia dibandingkan mengkonsumsi obat tidur. Caranya adalah dengan memijat area punggung menggunakan batu andesit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *