Umum

Mengetahui Beberapa Tanda Tanda Hamil 1 Hari

 

Secara ilmiah kehamilan dapat didefinisikan sebagai kondisi di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Kehamilan manusia terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran. Umumnya, proses kelahiran terjadi setelah 38 minggu dari pembuahan. Untuk bisa mengetahui umur kehamilan, dapat menggunakan rumus Naegle, gerakan pertama fetus, palpasi abdomen, perkiraan tinggi fundus uteri dan ultrasonografi.

Tanda Kehamilan Sebelum Telat Haid

Bagi ibu muda yang pertama kali hamil, tentu mengetahui tanda tanda hamil 1 hari adalah suatu hal yang cukup penting. Adapun 10 tanda kehamilan sebelum telat hadi yang wajib diketahui oleh ibu muda seperti anda yaitu:

  1. Sering buang air kecil

Apabila diamati, tanda kehamilan di awal yang sering terjadi adalah wanita menjadi lebih sering buang air kecil. Hal tersebut terjadi karena pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

  1. Mudah lelah

Rasa mudah lelah adalah tanda kedua yang muncul di awal kehamilan. Kelelahan ini terjadi karena meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh, detak jantung, dan sistem metabolisme tubuh. Hindari untuk mengatasi rasa lelah ini dengan mengonsumsi kafein karena membahayakan janin.

  1. Sering pusing

Pusing dan perasaan lelah yang datang menjadi tanda kehamilan sebelum telat haid. Pusing ini terjadi karena menurunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah.

  1. Muncul bercak darah

Tanda kehamilan yang dapat terjadi sebelum telat haid adalah muncul bercak darah. Bercak darah yang keluar dapat menjadi tand amenempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

  1. Sering mual dan muntah

Tanda kehamilan yang paling utama adalah mual dan muntah. Umumnya, tanda kehamilan ini biasa terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama tidur. Untuk mencegah kondisi tersebut, pastikan perut anda tidak kosong. Anda bisa coba berusaha makan dengan porsi yang sedikit namun sering.

  1. Konstipasi

Perubahan hormon yang menyertai tanda kehamilan dapat menyebabkan kerja pencernaan menjadi lambat. Kondisi tersebut dapat membuat wanita mengalami konstipasi.

  1. Hilang nafsu makan

Meningkatnya hormon di awal kehamilan membuat wanita kehilangan nafsu makannya.

  1. Perubahan payudara

Tanda kehamilan sebelum telat haid yang lain adalah perubahan payudara. Adapun perubahan yang dimaksud yaitu payudara menjadi lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Puting juga menjadi lebih menonjol serta berwarna lebih gelap.

  1. Mood swing

Yang dimaksud mood swing di sini adalah perubahan suasana hati yang mendadak jelas akan terjadi di awal kehamilan. Mood swing ini terjadi akibat perubahan hormon.

  1. Sensitif terhadap aroma tertentu

Tanda kehamilan yang umumnya terjadi sebelum haid terakhir adalah rasa mual terhadap aroma tertentu. Rasa mual ini dapat terjadi karena indera penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya.

Menjaga Kehamilan Mudah Tetap Sehat

Tidak bisa dipungkiri, menjaga kehamilan memang menjadi suatu hal yang sangat penting karena berkaitan dengan kondisi bayi yang nanti dilahirkan. Untuk bisa melahirkan bayi yang sehat, tentunya ibu hamil perlu menjaga janin yang dikandungnya dengan baik. Beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mendapatkan bayi yang sehat yaitu dengan menghindari rokok, minuman beralkohol dan membatasi kafein. Selain itu, lakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter secara rutin. Ibu hamil sebaiknya juga memperluas informasi seputar dunia kehamilan, salah satu informasi yang wajib diketahui yaitu seperti tanda-tanda bahaya kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *