Skripsi atau ada juga yang mengenalnya sebagai tugas akhir adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa ketika telah mencapai tingkat akhir. Skripsi sering kali menjadi momok yang paling mengerikan bagi kaum mahasiswa. Bahkan kata “skripsi” merupakan salah satu kata horror yang paling dihindari oleh mahasiswa. Namun, sejauh apapun dan dengan cara bagaimanapun untuk menghindar, seorang mahasiswa tetap saja harus dihadapkan dengan yang namanya skripsi. Jika tidak skripsi maka tidak akan wisuda dan tidak akan tamat kuliah. Mahasiswa tentu saja tak punya pilihan selain harus menghadapi dan mengerjakan skripsi tersebut karena skripsi merupakan penentu kelulusan bagi seorang mahasiswa.

Mungkin bagi Anda yang masih berada pada semester-semester awal perkuliahan tentu saja tidak akan merasa takut pada skripsi. Biasanya mahasiswa tingkat awal akan bertekad bahwa mereka akan memasang target dengan matang, melakukan perencanaan dari awal, dan akan mulai mengerjakan dari awal. Namun seiring berjalannya waktu dan tingkatan semester semakin naik, banyak sekali mahasiswa yang kehilangan tekad awalnya dan akan muncul banyak alasan. Alasan tersebut dapat berupa proses pengerjaan skripsi yang sulit, tidak punya cukup waktu dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebutlah yang membuat pengerjaan skripsi menjadi tertunda bahkan belum dilakukan sama sekali, padahal mahasiswa tersebut sudah berada pada tingkat akhir.

www.pexels.com

Penyebab Lambatnya Pengerjaan Skripsi di Kalangan Mahasiswa

Semakin meningkatnya semester dan semakin dekat dengan akhir masa perkuliahan maka akan semakin banyak rintangan yang dihadapi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Banyak factor-faktor yang menyebabkan pengerjaan skripsi menjadi lamban ataupun terhenti. Factor-faktor tersebut biasanya menyebabkan mahasiswa menjadi kesulitan dalam menyelesaikan skripsinya. Beberapa factor-faktor yang menyebabkan pengerjaan skripsi menjadi lamban antara lain:

  1. Ingin Merasakan Santai Terebih Dahulu Karena Selama Ini Sudah Capek Kuliah

Ketika berada di semester atas, maka Anda akan mendapatkan jumlah mata kuliah yang cenderung sedikit. Alasan diberikan bobot mata kuliah sedikit adalah agar mahasiswa tersebut bisa fokus mengerjakan skripsinya tanpa harus terbebani dengan sks mata kuliah lainnya. Namun ternyata banyak dari mahasiswa yang terjebak dengan situasi seperti ini. Banyak yang menganggap justru keaadan ini merupakan keadaan untuk bersantai setelah banyaknya mata kuliah yang harus diselesaikan pada semester-semester sebelumnya. Akibatnya banyak dari para mahasiswa yang justru menunda masa skripsinya karena alasan ingin santai sebentar. Alasan inilah yang membuat skripsi menjadi terbengkalai karena mahasiswa tersebut menikmati waktu santai selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

  1. Dosen Pembimbing yang Sulit Ditemui

Salah satu factor lain yang membuat skripsi menjadi lambat selesai adalah karena dosen pembimbing yang sulit ditemui. Sebagian mahasiswa jika tidak beruntung pasti akan mendapatkan dosen pembimbing yang terkadang super sibuk yang harus bolak balik ke luar kota. Akibatnya intensitas pertemuan mahasiswa dengan dosen pembimbing menjadi lebih sedikit. Dengan dosen pembimbing yang sulit ditemui membuat mahasiswa menjadi sungkan bahkan cenderung malas untuk mengerjakan skripsinya. Akibatnya skripsi pun menjadi terbengkalai.

www.pexels.com

  1. Sibuk Berorganisasi

Faktor lainnya yang menyebabkan pengerjaan skripsi menjadi lambat adalah karena terlalu sibuk berorganisasi. Biasanya mahasiswa seperti ini menempatkan organisasi menjadi prioritas utama dan lebih banyak mengahbiskan waktunya untuk berorganisasi. Karena sibuk berorganisasi, maka pengerjaan skripsi pun menjadi terhambat atau bahkan belum dikerjakan sama sekali. Pengerjaan skripsi yang terhambat akan membuat Anda menjadi terhambat untuk lulus juga.

  1. Terlalu Asik Bekerja

Karena bobot mata kuliah yang dibebankan pada mahasiswa semester akhir sedikit, membuat banyak mahasiswa yang mencari pekerjaan sambilan dan berniat untuk mengerjakan skripsi sambil bekerja. Namun ternyata gaji yang diberikan lebih menggiurkan dibandingkan mengerjakan skripsi, sehingga mahasiswa tersebut memprioritaskan pekerjaannya dibandingkan skripsinya. Akibatnya progress pengerjaan skripsi pun menjadi terhambat.

  1. Revisi yang Terus Menerus

Dalam proses pengerjaan skripsi, mahasiswa harus siap dengan segala bentuk revisi yang diminta oleh dosen. Namun jika mahasiswa tersebut melakukan revisi terus menerus, maka akan mengakibatkan progress dari skripsi menjadi tidak meningkat. Dengan demikian waktu pengerjaan skripsi akan menjadi terhambat.

Demikianlah beberapa faktor yang dapat membuat pengerjaan skripsi menjadi lambat. Diperlukan tips menulis skripsi agar cepat selesai sebagai strategi pengerjaan skripsi. Dengan menggunakan strategi dalam mengerjakan skripsi, bukan tidak mungkin skripsi Anda akan cepat selesai. Strategi tersebut dapat Anda temukan pada artikel-artikel yang disediakan oleh jasa penulis artikel di internet.

www.pexels.com

Tips Menulis Skripsi Agar Cepat Selesai

Agar skripsi dapat selesai dengan cepat dan tepat waktu, diperlukan tips-tips yang harus dijalankan dengan benar. Beberapa tips menulis skripsi agar cepat selesai antara lain adalah:

  1. Memilih Tema yang Benar-Benar Dikuasai

Hal pertama yang dapat Anda lakukan agar skripsi dapat selesai dengan tepat waktu adalah memilih tema yang benar-benar dikuasai. Jangan memasang standar terlalu tinggi apabila nantinya standar tersebut akan menyusahkan diri Anda sendiri. Standar yang terlalu tinggi dapat membuat Anda kesulitan nantinya dalam mengerjakan skripsi, akibatnya hasil yang didapat tentu tidak akan maksimal walaupun Anda sudah berjuang mati-matian. Ketika Anda mematok standar yang terlalu tinggi maka akan membuat pengerjaan skripsi tersebut menjadi tidak jelas dan tak tahu kapan akan selesai. Hal ini dikarenakan Anda harus memahami lagi dari awal mengenai tema yang dibahas.

Namun jika Anda memilih tema sesuai dengan hal yang benar-benar Anda kuasai, maka akan membuat pengerjaan skripsi menjadi lebih mudah. Tentu saja Anda sudah mengetahui secara jelas dan rinci mengenai hal-hal yang Anda bahas, sehingga tidak perlu mempelajari dari awal lagi. Dengan demikian proses pengerjaan skripsi akan menjadi lebih cepat.

  1. Pasanglah Target untuk Diri Sendiri

Jika ingin skripsi cepat selesai, maka Anda harus memasang target untuk diri sendiri. Target tersebut dapat berupa Anda harus bisa mengerjakan bab 1 selama 1 hingga 2 bulan, bab 2 selama 1 bulan dan seterusnya. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menjadi disiplin dalam mengerjakan skripsi. Target skripsi juga berguna agar Anda berhenti untuk membuang-buang waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Dengan demikian skripsi Anda akan lebih cepat selesai.

  1. Harus Memantau Progres

Setelah memasang target, Anda harus selalu memantau progres pengerjaan skripsi Anda. Pacu diri Anda agar selalu memiliki progres yang baru, minimal setiap minggu. Pasanglah target progres apa yang harus dicapai dalam setiap setiap minggu. Pemantauan progress berguna agar Anda tetap mengerjakan skripsi dengan waktu yang teratur dan tidak bermalas-malasan. Pemantauan progress dan melaksankan target progress tersebut dapat melatih Anda agar mengerjakan skripsi secara bersungguh-sungguh. Dengan demikian bukan tak mungkin skripsi Anda dapat selesai dengan cepat.

www.pexels.com

  1. Berikan Reward untuk Diri Sendiri Apabila Telah Mencapai Target dan Progres

Jika Anda telah mencapai target dan progres yang ditentukan, maka tak ada salahnya untuk memberikan reward atau penghargaan untuk diri sendiri. Reward tersebut dapat berupa jalan-jalan, pergi dengan teman, makan makanan yang enak ataupun tidur seharian. Pemberian reward tersebut bertujuan agar Anda selalu termotivasi untuk menyelesaikan skripsi sesuai dengan target dan progres yang telah ditentukan sebelumnya.

Pemberian reward terhadap diri sendiri juga dapat berguna untuk mengurangi resiko stress bagi mahasiswa yang sedang berkutat dengan skripsinya. Dengan adanya reward, mahasiswa tidak akan merasa tertekan dalam mengerjakan target dan progress skripsinya. Karena pengerjaan dan pemenuhan target bertujuan b ukan hanya untuk membuat skripsi cepat selesai, tetapi juga bertujuan untuk memperoleh reward yang telah Anda janjikan pada diri sendiri sebelumnya.

  1. Kerjakan Skripsi Secara Rutin

Tips menulis skripsi agar cepat selesai lainnya adalah dengan mengerjakan skripsi secara rutin. Selalu luangkan waktu Anda antara 2-3 jam per hari untuk mengerjakan skripsi. Waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencari sumber refernsi, membaca buku referensi, menulis skripsi, membuat kuisioner, menyebar kuisioner, dan masih banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk mengerjakan skripsi Anda. Tujuan dari mengerjakan skripsi secara rutin ini agar Anda terbiasa dengan kegiatan ini dan tidak akan menjadi malas-malasan. Dengan pengerjaan skripsi secara rutin dapat membuat Anda merasa ada yang kurang apabila tidak mengerjakan skripsi walau cuma satu hari. Cara ini termasuk salah satu tips paling ampuh yang dapat membuat skripsi Anda menjadi lebih cepat selesai.

www.pexels.com

  1. Kurangi Kegiatan yang Dapat Menggangu Skripsi

Jadikanlah skripsi menjadi prioritas utama Anda saat ini. Dengan menjadikan skripsi sebagai prioritas utama, tentunya Anda akan menjadi lebih fokus dalam mengerjakan skripsi. Kurangilah kegiatan yang dapat mengganggu skripsi Anda seperti kegiatan berorganisasi, mengambil kerja paruh waktu dan hal-hal lainnya yang dapat menggangu proses pengerjaan skripsi Anda. Jika Anda menjadikan pengerjaan skripsi menjadi fokus utama, maka akan membuat pikiran menjadi fokus dan tidak terpecah dengan pikiran-pikiran lain yang mengganggu. Dengan banyaknya pikiran lain yang menganggu maka akan membuat Anda menjadi gampang stress. Ketika Anda sudah stress, maka proses pengerjaan skripsi menjadi terhambat.

  1. Bertemanlah dengan Orang-Orang yang Ingin Cepat Lulus Kuliah

Salah satu factor yang dapat mempengaruhi proses pengerjaan skripsi adalah factor lingkungan. Biasanya jika bergaul dengan orang yang masih main-main, maka Anda akan cenderung main-main juga dalam mengerjakan skripsi. Namun sebailiknya, jika bergaul dengan orang-orang yang semangat dalam mengerjakan skripsi, maka Anda akan menjadi termotivasi dan rajin dalam mengerjakan skripsi. Dengan demikian proses skripsi Anda akan menjadi cepat selesai.

  1. Jagalah Kesehatan

Jagalah selalu kesehatan Anda. Jika Anda sakit-sakitan, maka hal ini justru akan mengganggu proses pengerjaan skripsi. Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda adalah dengan cara makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet. Selain itu, usahakan agar tidak begadang semalaman. Kerjakanlah skripsi dengan cara dicicil dan jangan dikerjakan sekaligus semalam suntuk. Mengerjakan skripsi semalaman suntuk dapat membuat kesehatan Anda menjadi menurun.

Demikianlah beberapa tips menulis skripsi agar cepat selesai yang bisa Anda terapkan. Semoga tips-tips tersebut dapat berguna bagi Anda yang sedang berjuang untuk menyelesaikan skripsi. Tips-tips seputar skripsi lainnya bisa Anda temukan pada artikel yang ditulis oleh jasa penulis artikel yang ada di internet.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *