Kesehatan

Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami

Kering dan kusam adalah tanda dari rambut yang tidak sehat. Kondisi tersebut bisa terjadi karena pengaruh dari gaya hidup dan kegiatan sehari-hari. Cara merawat rambut kering yang baik sebaiknya dilakukan dari dalam dan luar. Seperti memperbaiki nutrisi untuk rambut dan menggunakan produk perawatan rambut. Rambut kering seringkali membuat penampilan kurang rapi sehingga bisa mengganggu. Untuk memperbaikinya, coba lakukan beberapa tips berikut ini.

Cara Alami Memperbaiki Rambut Kering

Kerusakan rambut yang membuatnya kering dan kusam bisa diatasi dengan tips-tips mudah di bawah ini.

  1. Menggunakan pelembap rambut

Kondisioner atau pelembap rambut merupakan produk perawatan yang dibutuhkan bagi pemilik rambut kering. Produk ini digunakan setelah rambut dibersihkan atau keramas. Penting untuk memilih kondisioner yang memang diformulasikan untuk rambut yang kering. Kondisioner dengan label hydrating atau moisturizing direkomendasikan untuk produk perawatan bagi yang memiliki rambut tidak terlalu kering. Namun untuk rambut yang sangat kering dan kusut, sebaiknya gunakan pelembap dengan formula yang lebih intensif. Pelembap yang bisa membantu rambut mendapatkan minyak sehingga tidak kering. Pilih produk yang menggunakan bahan alami dan aman dari zat kimia berbahaya. Kini ada juga produk perawatan rambut seperti Caboki yang memiliki berbagai manfaat. Membuat rambut lebih sehat, menjadikannya terlihat lebih lebat dan cerah, serta bisa membantu menutupi kebotakan rambut.

www.pexels.com
  1. Rawat dengan masker rambut

Kerusakan rambut bisa berkurang dengan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah menggunakan masker rambut. Cobalah untuk membuat masker alami dengan bahan-bahan mudah didapat. Seperti masker dari campuran telur dan minyak zaitun. Bahan tersebut tidak sulit untuk didapatkan dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Kandungan protein yang ada pada telur bermanfaat untuk memperbaiki rambut rusak dan menguatkan akar rambut. Minyak zaitun sudah banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Khasiat dari bahan herbal tersebut sendiri antara lain adalah menutrisi rambut yang kering. Minyak zaitun yang tinggi vitamin E sangat baik untuk memperbaiki bagian kutikula rambut yang rusak.

  1. Bersihkan rambut dengan benar

Keramas menjadi cara membersihkan rambut yang paling mudah. Namun jika terlalu sering keramas justru bisa membuat rambut kehilangan nutrisi alaminya dan menjadi kering. Selain itu, kebanyakan orang setelah keramas akan menggosok rambut untuk mengeringkannya. Cara tersebut bisa saja merusak rambut apabila dilakukan terlalu keras. Untuk menjaga rambut tetap sehat, sebaiknya keramas dua hari sekali dan keringkan dengan handuk tanpa digosok keras. Sebaiknya hindari keramas menggunakan air panas atau hangat. Untuk menjaga kesehatan rambut, lebih disarankan untuk keramas menggunakan air dingin. Air panas dapat membuat rambut kering karena minyak alami rambut yang berkurang. Pilih produk shampoo yang khusus untuk rambut kering. Pilih yang aman dengan bahan kimia yang lebih sedikit. Produk dengan bahan alami dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut. Seperti Caboki yang terbuat dari Maroko Gossypium Hebaceum, sejenis tumbuhan kapas di dataran kering Maroko. Produk ini aman untuk digunakan pada rambut untuk memperbaiki tampilan rambut. Bagi yang rambutnya kering jangan lupa untuk menyisir rambut setelah keramas agar lebih mudah untuk menatanya. Namun jangan menyisir rambut kering terlalu keras supaya tidak patah atau rontok.

www.pexels.com
  1. Lindungi rambut dari sinar matahari

Panas matahari dapat merusak rambut dan membuatnya tidak sehat. Tidak hanya kering, sinar matahari juga bisa merusak dan membuat rambut kusam dan kasar. Bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan dan banyak terpapar sinar matahari, ada baiknya untuk menggunakan penutup kepala. Seperti topi agar matahari tidak langsung mengenai rambut. Panas berlebih akan membuat rambut kehilangan kelembapan, menjadi kasar dan pecah-pecah. Kembalikan kesehatan rambut yang kering dengan memberikan perawatan secara intensif. Apabila sering terpapar sinar matahari dan debu, sebaiknya keramas setiap dua hari sekali. Supaya tidak kehilangan kelembapan karena keramas, Anda bisa mengaplikasikan kondisioner setelahnya.

  1. Memotong ujung rambut

Kondisi kering terkadang membuat rambut mudah pecah dan bercabang. Jika hal tersebut terjadi, potong ujung rambut yang bercabang. Potong sedikit ujung rambut setiap dua bulan sekali untuk membantu rambut terlihat tidak kusam dan sehat. Rambut kering yang menyisakan ujung pecah-pecah akan membuat penampilan tidak menarik. Memotong rambut menjadi cara paling mudah dan efektif untuk menghilangkan efek rambut kering tersebut. Namun jangan lupa untuk tetap merawat rambut dengan benar supaya rambut yang tumbuh nanti akan lebih sehat. Potongan rambut pendek juga lebih disarankan bagi mereka yang memang rambutnya sangat kering dan mudah rusak. Jika ingin mempertahankan rambut panjang, maka perawatan yang harus dilakukan juga lebih intensif agar tidak mengalami masalah rambut kering.

www.pexels.com
  1. Menutrisi rambut dari dalam

Selain perawatan dari luar, menutrisi rambut dari dalam akan memberikan hasil yang maksimal untuk memperbaiki kerusakan rambut. Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk makanan rambut. Buah alpukat adalah salah satu makanan yang baik untuk rambut. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi dalam alpukat dapat menutrisi rambut dan membuatnya lebih lembap. Nutrisi untuk rambut juga bisa didapatkan dari ikan salmon. Omega 3 dan 6 dalam ikan salmon dibutuhkan untuk memberikan kelembapan pada rambut kering. Makanan lain yang juga baik untuk mengembalikan kelembapan rambut adalah produk susu. Biotin dalam susu dapat membantu meningkatkan minyak alami untuk rambut yang lebih lembap.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan

Air putih adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak terkecuali untuk rambut. Mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari sebaiknya tidak dilupakan. Kebiasaan tersebut memiliki manfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Membuat metabolisme tubuh lebih lancar dan membantu proses perbaikan rambut secara alami. Jangan lupa untuk menjaga kebiasaan minum air putih agar rambut kering menjadi lebih lembap dan sehat. Minum segelas air putih sebelum dan setelah bangun tidur. Konsumsi air putih ini juga bisa disesuaikan dengan aktivitas harian.

www.pexels.com
  1. Hindari styling rambut yang membuat rambut kering

Untuk menata rambut, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Di zaman modern sekarang, kebanyakan orang menggunakan pengering rambut atau hairdryer setelah keramas. Sebaiknya hindari penggunaan alat tersebut khusus untuk yang rambutnya benar-benar kering. Panas dari hairdryer tidak bagus untuk rambut karena bisa menghilangkan kelembapan pada rambut. Hindari juga pewarnaan, rebonding, atau styling rambut lainnya yang menggunakan bahan kimia tinggi. Untuk rambut kering akan lebih baik jika hanya menggunakan bahan-bahan alami. Hindari styling rambut secara berlebihan, seperti sering gonta-ganti warna rambut atau terlalu sering menggunakan hairspray.

Cara merawat rambut kering di atas adalah beberapa langkah mudah untuk mengembalikannya menjadi lembap dan sehat. Seimbangkan perawatan dari dalam dan luar untuk rambut yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *