teknologi

Informasi Lengkap Seputar Paket Internet Telkomsel

Dewasa ini, paket internet rupanya sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa lebih baik tidak makan seharian daripada tidak mempunyai paket internet. Kemunculan ponsel pintar memanglah membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap kehidupan manusia. Berbagai informasi penting yang dulu harus didapatkan dengan cara membaca koran harian terlebih dahulu, kini informasi tersebut dapat dengan mudahnya menyebar ke masyarakat luas melalui media sosial. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang beranggapan seperti demikian karena memang tuntutan zaman yang memaksanya.

Paket internet sendiri merupakan penawaran akses internet dengan batasan tertentu melalui sebuah jaringan. Di Indonesia, salah satu perusahaan jaringan internet yang sangat populer adalah PT Telekomunikasi Seluler. Pastinya nama perusahaan yang satu ini sudah tidak asing di telinga Anda. Bukan tidak mungkin pula, jaringan internet yang saat ini tengah Anda gunakan adalah jaringan Telkomsel. Paket internet yang satu ini memang banyak diminati oleh masyarakat lantaran kemudahan dalam aksesnya.

www.pexels.com

Lantas tahukan Anda mengenai sejarah paket internet Telkomsel?? Sebagian besar orang pasti hanya berperan sebagai konsumen dan bersikap bodoh amat terkait awal kemunculan paket data yang sudah mendunia ini. Mungkin bagi kebanyakan orang, informasi ini tidak terlalu penting. Namun bagi orang-orang yang menggeluti dunia bisnis, informasi mengenai sejarah awal kemunculan Telkomsel hingga memiliki nama besar seperti saat ini merupakan informasi yang sangat menarik. Maka dari itu, berikut kami sajikan sejarah singkat awal kemunculan paket internet yang mendunia hingga sekarang ini dan info itu juga ada di https://kuotabro.com.

Sejarah Perkembangan Paket Internet Telkomsel Dari Waktu ke Waktu

PT Telekomunikasi Seluler atau yang lebih dikenal dengan nama Telkomsel merupakan perusahaan industri telekomunikasi seluler yang didirikan di Jakarta, Indonesia, pada tanggal 26 Mei 1995. Pada awal pendiriannya, Telkomsel meluncurkan sebuah kartu seluler pascabayar yang diberi nama KartuHalo. Karena sifatnya yang pascabayar, para pelanggan diperkenankan untuk lebih dulu menikmati layanan telekomunikasi, baru kemudian melakukan pembayaran setelah periode yang ditentukan berakhir. Mula-mula kartu ini memang hanya disebarluaskan di Jakarta. Tetapi setelah setahun beroperasi, tepatnya pada tahun 1996, Telkomsel menyatukan seluruh Indonesia dengan meluncurkan layanan telekomunikasi seluler di seluruh provinsi di Indonesia.

Pada tahun 1997, perusahaan yang sudah diakui masyarakat dunia ini memperkenalkan inovasi baru berupa layananan prabayar yang pertama di Benua Asia. Layanan prabayar tersebut dikenal dengan nama Simpati yang mana kartu ini masih digemari hingga sekarang. Sejak saat peluncurannya itu, Telkomsel semakin dikenal dan populer di kalangan masyarakat luas. Bahkan, Telkomsel berhasil menjadi penguasa dalam industri seluler yang ada di Indonesia.

Beranjak ke tahun 2000, PT Telkomsel kembali memunculkan ide-ide kreatif berupa layanan Mobile Banking pertama kalinya di Indonesia. Di tahun berikutnya, perusahaan ini mencoba mempertahankan kepercayaan masyaraka Tanah Air dengan cara mengoperasikan GSM  (Global System for Mobile) dualband pada frekuensi 900 dan 1.800 MHz. Pada tahun 2002, Telkomsel melncurkan layanan WAP, web, data mobile berbasis SMS, serta sistem GPRS yang memungkinkan pengriman dan penerimaan data lebih cepat . Dan pada tahun 2003, Telkomsel kembali menghadirkan sistem telekomunikasi yang lebih moderen yakni layanan roamig internasional prabayar.

www.pexels.com

Telkomsel semakin melebarkan sayapnya dengan memperkenalkan berbagai produk di tahun 2004. Adapun beberapa produk yang diluncurkan oleh Telkomsel pada masa kepemimpinan Megawati ini ialah Kartu AS Prabayar dan juga penerapan teknologi EDGE sebagai teknologi roadmap. Selain itu, di tahun yang sama, perusahaan ini juga meluncurkan layanan Nada Sambung Pribadi (NSP) serta menjalin kerjasama dengan Bridge Alliance (aliansi regional telekomunikasi seluler) utuk memberi manfaat yang lebih besar bagi konsumennya. Selanjutnya, tahun 2005 tampaknya menjadi tahun yang membahagiakan bagi perusahaan Telkomsel pasalnya pada tahun tersebut, perusahaan berhasil meraih sertifikasi ISO 9001 : 2000.

Berlanjut ke era yang lebih moderen, Telkomsel meluncurkan layanan 3G yang pertama kali di Indonesia pada tahun 2006. Layanan ini memiliki kekuatan sinyal yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Di Tahun 2007, lagi-lagi perusahaan ini menghadirkan layanan baru yang pertama di Indonesia yaitu TELKOMSELFlash HSDPA serta meluncurkan Telkomsel Cash (TCASH), yang merupakan layanan uang virtual pada telepon seluler.

Perkembangan usaha Telkomsel tak hanya sampai disini saja. Pada tahun 2008, perusahaan tersebut menjadi perusahaan industri seluler pertama di Asia yang menggunakan energi terbarukan untuk BTS yang disebut dengan green energy. Lebih hebatnya lagi, di tahun ini pula Tekomsel menjadi satu-satunya perusahaan seluler di dunia yang menyediakan layanan suara dan data mobile di atas kapal PELNI yang mana dapat memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi di tengah laut. Di samping itu, perusahaan pelopor berbagai sistem seluler dunia ini juga meluncurkan program Telkomsel Merah Putih dalam rangka memberika layanan telekomunikasi di daerah-daerah terpecil seperti perbatasan dan desa-desa pedalaman.

Pada tahun 2009, perusahaan yang mempunyai produk kartu internet telkomsel ini mampu meningkatkan jaringan menjadi HSPA+ yang memiliki kecepatan akses data hingga 21 mbps. Hal ini ditujukan untuk memberikan layanan Mobile Broadband yang lebih baik. Kemudian, di tahun 2010 Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler yang memiliki akses telekomuikasi hingga lebih dari 25.000 desa melalui programnya yang diberi nama Program Desa Berdering.

Selain itu, Perusahaan ini juga berhasil mencetak bebrapa prestasi dengan menjadi perusahaan penyedia telekomunikasi seluler pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan toko musik digital yang menyediakan fasilitas unduh lagu secara penuh (Langit Musik), menghadirkan aplikasi Mobile Newspaper yang bertujuan agar konsumen bisa update berita melalui telepon seluler, meluncurkan layanan iklan digital, serta melakukan uji coba teknologi jaringan Long Term Evolution atau lebih dikenal dengan singkatan LTE.

Perkembangan Telkomsel semakin pesat dengan dukungan jumlah pelanggan yang sudah menyentuh angka 100 juta pada tahun 2011. Pada tahun ini, Telkomsel melaksanakan proyek pembangunan Fasilitas Research and Development (R&D) serta menjadi perusahaan pelopor munculnya jasa pembayaran contactless melalui ponsel yang disebut Tap-lzy. Pada tahun berikutnya, yakni 2012, perusahaan tersebut berhasil menerapkan tekologi Wi-Fi Mobile Seamless di Indonesia.

www.pexels.com

Mobile internet yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk mengirim koneksi jaringan 2G dan 3G secara otomatis dalam akses High-Speed data. Diketahui pada tahun tersebut, Telkomsel berhasil menggaet pelanggan hingga 125 juta. Pada tahun 2013, Telkomsel melakukan percobaan jaringan 4G LTE yang dioperasikan pada frekuensi 1800 Mhz di Bali yang ditandai dengan peluncuran simcard bermerek Simpati LTE Trial Edition yang mana hingga saat ini jaringan tersebut terus dikembangkan oleh berbagai perusahaan seluler di Indonesia.

Itulah sejarah pendirian PT Telekomunikasi Seluler hingga bisa mencapai kesuksesanya seperti saat ini. Tentu saja semua berkat usaha dan kerja keras dari semua pihak yang terlibat. Dan bagi Anda yang hendak mendirikan sebuah usaha perbisnisan, maka semangat inovasi dari Telkomsel patut dijadikan sebagai motivasi. Dalam hal ini, respon dari pelanggan tentang barang produksi merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan suatu bisnis perniagaan. Lantas bagaimana Telkomsel bisa terus menambah jumlah pelanggannya di setiap tahun?? Hal ini pastinya didukung dengan berbagai keunggulan pada produk-produknya. Adapun keunggulan dari produk Telkomsel, khususnya jaringan internet adalah sebagai berikut.

Keunggulan Menggunakan Paket Internet Telkomsel

Jika Anda menyimak sejarah pendirian Telkomsel yang telah dijelaskan di atas, tentu saja Anda mengetahui jika perusahaan tersebut memiliki beberapa brand yang menjadi andalannya seperti Kartu Halo, Simpati, dan kartu AS. Dan pastinya di era digital seperti saat ini, Telkomsel tidak mau kalah dengan operator seluler lainnya. Untuk mempertahankan konsumennya, Telkomsel juga menyiapkan berbagai penawaran paket internet menarik yang memiliki berbagai keunggulan. Adapun keunggulan-keunggulan tersebut diantaranya adalah:

  1. Kecepatan Akses Data Mencapai 36 Mbps

Kemunculan inovasi baru berupa jaringan pita lebar 4G LTE yang diluncurkan PT Telkomsel dapat langsung dirasakan oleh pelanggan. Mereka yang sebelumnya menggunakan koneksi jaringan 3G, saat ini tengah beralih menggunakan koneksi jaringan 4G yang memiliki kecepatan data hingga 36 Mbps. Dengan demikian, seseorang akan semakin dimanjakan ketika mencari informasi pada mesin pencari (Browsing) ataupun pada saat streaming Youtube. Selain itu, para pengguna tak akan bosan karena terlalu lama menunggu pengunduhan yang tak kunjung selesai.

www.pexels.com
  1. Memiliki Program Bundling dengan Banyak Bonus

Telkomsel menyediakan beragam bonus dan kejutan menarik melalui program bundling bagi para pengguna jaringan 4G LTE yang diluncurkannya. PT Telkomsel menawarkan bundling perangkat smart phone dengan paket internet Simpati. Untuk melancarkan aksinya, perusahaan tersebut bekerjasama dengan berbagai industri smart phone ternama di dunia. Adapun beberapa perusahaan smart phone yang digandengnya adalah Samsung, Sony, Huawei, Advan, Lenovo, dan LG. Sementara itu, jenis bonus yang ditawarkan dalam program ini dapat berupa bonus kuota, cashback, dan akses streaming film di Moovigo. Dengan berbagai bonus yang ditawarkan ini, pastinya para pelanggan makin semangat dalam mengonsumsi paket internet Telkomsel berjaringan 4G LTE.

  1. Memiliki Jangkauan yang Paling Luas di Tanah Air

Bagi Anda yang merupakan kaum millennial, pastinya sudah sangat mengerti jika operator seluler yang satu ini menyediakan layanan 4G LTE hingga seluruh pelosok Tanah Air. Hal ini bisa dibuktikan pada saat Anda berada di berbagai tempat seperti wilayah pantai, dataran tinggi, maupun dataran rendah. Benar bukan?? Itu semua memang sangat wajar karena layanan 4G LTE Telkomsel dipasang dengan frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 5 MHz. Dengan frekuensi yang besar seperti demikian,  koneksi 4G Telkomsel memiliki pancaran yang sangat besar dan membuat penetrasi sinyal hingga mencapai daerah-daerah yang telah disebutkan. Pada tahun 2019 ini, Telkomsel berusaha mewujudkan targetnya untuk meluaskan jangkauan sinyalnya ke dalam 22 provinsi di Indonesia.

  1. Menyediakan berbagai macam jenis jaringan.

Tidak hanya menyediakan koneksi 4G saja, Telkomsel juga mendistribusikan paket internet dengan jenis jaringan 2G dan 3G untuk para pelanggannya di daerah-daerah yang belum terjamah koneksi 4G LTE atau bagi Anda yang masih setia dengan jaringan-jaringan tersebut. Umumnya paket internet yang satu ini disebut dengan Paket Flash. Sehingga, jaringan 2G dan 3G ini akan secara otomatis terpakai apabila tidak ada jaringan 4G LTE di wilayah tersebut.

  1. Harga Murah Namun Berkualitas

Harga merupakan faktor yang pastinya sangat diperhatikan oleh seseorang sebelum mengonsumsi sesuatu. Sebagian besar orang tentu saja memilih untuk mengonsumsi barang dengan harga yang lebih ekonomis. Apalagi jika suatu barang yang dipatok dengan harga murah dan memiliki kualitas tinggi, pastinya barang tersebut sangat diincar oleh banyak orang. Begitu pula dengan paket internet yang dikeluarkan Telkomsel. Harga yang dibandrol pada paket internet yang satu ini sangatlah terjangkau dan bersahabat dengan kantong. Semakin besar kuota internet yang Anda beli, maka harga rata-rata dari paket tersebut akan semakin murah.

  1. Kekuatan Jaringan Relatif Stabil

Meskipun di daerah Anda baru saja diguyur hujan badai ataupun mati listrik, kekuatan jaringan Telkomsel biasanya akan tetap stabil. Sehingga bagi Anda yang sedang dikejar dateline untuk menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet tak perlu khawatir lagi. Oleh sebab itu, paket internet yang satu ini sangatlah cocok menjadi pilihan semua orang.

Nah, itulah berbagai keunggulan menarik yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan layanan paket internet Telkomsel. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan kepada Anda untuk menggunakan paket internet yang satu ini.

www.pexels.com

Bila bicara soal harga, paket internet yang satu ini membandrol produknya dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah kuota yang ditawarkan. Ada beberapa jenis paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan, baik itu paket harian, mingguan, ataupun bulanan. Karena dewasa ini masyarakat lebih memilih paket data yang instan, maka tidak heran jika banyak konter-konter panjual paket data yang bertebaran dimana-mana. Masyarakat lebih senang membeli paket internet yang sudah diaktifkan daripada mengaktifkannya sendiri.

Sebenarnya, Anda bisa mengaktifkan paket internet yang disediakan oleh Telkomsel secara manual. Mungkin tak banyak yang mengetahui hal ini, tapi biasanya mengaktifkan paket internet secara manual jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli secara instan pada konter penyedianya. Perlu diketahui bahwa setiap jenis kartu yang diluncurkan Telkomsel memiliki cara pengaktifan yang berbeda.

Untuk mengaktifkan paket internet 3G Simpati TAU, Anda bisa melakukan panggilan terhadap *363*13# sertelah melakukan registrasi nomor. Setelah itu, Anda bisa memeriksa jumlah kuota melalui *889#. Namun paket ini hanya bisa diaktifkan pada smart phone yang IMEI nya sudah terdaftar. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan paket simpati 3G only dengan cara mengetik kode *363*834#. Paket internet yang satu ini merupakan paket internet yang cukup murah dan sangat direkomendasikan untuk Anda.

Sementara itu, jika Anda ingin mengaktifkan paket internet 3G paling murah, yakni 7000 500 Mb, maka Anda bisa melakukan panggilan terhadap kode *363*821# atau langsung tekan kode *550*902#. Untuk mengaktifkan paket internet Simpati 3G dengan skala besar, maka Anda juga bisa mengaksesnya secara langsung di *363#. Di samping itu, masih terdapat banyak sekali kode-kode  unik yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan paket internet ini. Diantaranya adalah *363*820#, *100*9#, *999*333#, *999*333#, dan masih banyak lagi.

Namun, untuk bisa mengaktifkannya tentu saja Anda harus menyiapkan pulsa sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan terlebih dahulu. Namun, jika Anda tidak mau ambil pusing menyiapkan beberapa dokumen seperti Nomor Induk Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk, maka pembelian voucer internet pada konter-konter yang menjual merupakan pilihan yang sangat tepat. Ya!! Saat ini pemerintah memang tengah mengeluarkan kebijakan baru terkait kartu seluler agar para pengguna tidak berkali-kali memakai dan melepas kartu seenaknya. Semua ini ditujukan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan seperti penyadapan nomor atau tindak kejahatan lainnya. Oleh karena itu, pihak Telkomsel meluncurkan voucer paket internet yang dapat diaktifkan melalui kode unik yang disediakan. Tidak hanya Telkomsel, seluruh operator seluler di Indonesia juga terkena imbas akan kebijakan ini. Tetapi, mereka juga tetap menyediakan paket internet berupa simcard yang baru.

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa harga yang dibandrol pada setiap jenis paket internet berbeda-beda sesuai dengan jumlah kuotanya. Bagi Anda yang ingin mengetahui harga seputar paket internet telkomsel secara keseluruhan, maka simaklah informasi berikut ini.

www.pexels.com

Rata-Rata Harga Jual Paket Internet Telkomsel di Indonesia

  1. Paket Internet Harian dan Mingguan

Paket data Telkomsel yang memiliki kisaran harga sekitar dua sampai empat puluh ribu ialah paket internet harian 3G yang dibandrol dengan harga Rp27.000 dengan masa berlaku selama 3 hari, Kartu AS internet 3G dengan pembagian kuota utama 1 GB dan VideoMax 2 GB yang dijual dengan harga Rp34.000, serta paket internet Loop 5 GB yang dibandrol dengan harga Rp37.000. Sementara itu paket internet harian yang memiliki harga di atas Rp40.000 yakni paket simpati loop sebesar 10 GB yang dihargai Rp47.000 untuk 3 hari masa berlaku.

  1. Paket Internet Bulanan

Melihat jangka waktunya yang lebih lama, tentu saja harga yang dipatok untuk jenis paket ini relatif lebih tinggi. Adapun beberapa jenis paket yang dijual yakni paket Telkomsel Combo 4 GB  dengan pembagian 2 GB kuota internet dan 2 GB kuota lain-lain serta berlaku selama 1 bulan. Paket ini dihargai Rp58.000. Harga ini sama dengan harga yang dibandrol untuk paket internet kartu As sebesar 5 GB yang juga berlaku 1 bulan dengan pembagian kuota utama sebesar 3 Gb dan VideoMax 2 GB. Sedangkan untuk peket data Telkomsel Best Deal Combo 12 GB dipasarkan dengan harga Rp96.000. Paket tersebut memiliki jangka waktu selama 1 bulan dengan 10 GB kuota utama serta 2 GB VideoMax (HOOQ + Tribe). Untuk Best Deal paket AS 17 GB yang memiliki kuota utama 15 GB dihargai Rp105.000. Sementara itu, paket Loop sebesar 15 GB penuh dibandrol dengan harga Rp97.000.

Selain jenis paket beserta harganya yang telah disebutkan di atas, Telkomsel masih menyediakan paket-paket Telkomsel lainnya yang tentunya lebih menarik dan cocok untuk dijadikan pilihan. Pastinya Anda sudah bisa mengira-ngira paket mana yang akan Anda beli jika melihat harganya yang seperti demikaian. Tentu saja Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan kuota Anda setiap harinya agar tidak salah dalam pemilihan.

Untuk membeli paket tersebut, Anda bisa langsung datang ke kedai-kedai penyedia peket internet di sekitar wiyayah Anda. selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online di situs penyedia layanan paket data Telkomsel. Biasanya pada situs penjualan online akan teredia informasi mengenai keterangan terkait jumlah kuota dan harga yang ditawarkannya. Selain itu, pembelian kuota secara online dinilai lebih efektif dan efisien dari segi harga dan juga waktu mengingat Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendatangi kedai penyedianya. Di samping itu, situs-situs tersebut juga menyediakan beragam promo yang sangat menarik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *