Islam

Panduan Melaksanakan Sholat Sunnah Taraweh di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana amal ibadah kita dilipat gandakan. Apapun amalan yang kita lakukan pada bulan ramadhan akan diberikan padala berkali lipat dibandingkan jika dikerjakan pada bulan lain. Makanya sangat diagalakkan untuk memperbanyak ibadah seperti baca Alquran, sholat dhuha, sedekah, dll. Bulan yang hanya ada sekali dalam setahun ini  memang merupakan bulan yang paling dinanti-nantikan oleh umat islam. Diantara banyaknya amalan yang hanya bisa kita kerjakan di bulan ramadhan adalah sholat sunnah taraweh.  Sholat yang dilaksanakan setelah sholat isya ini merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan.

Diantara sholat sunnah, taraweh ini merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah. Bayangkan saja di bulan Ramadhan saja semua jenis ibadah dilipat gandakan ganjarannya. Apalagi jika dilakukan secara berjama’ah yang juga pahalnya lebih banyak. Tidak heran jika di bulan ramadhan umat islam berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Keutamaan Sholat Sunnah Taraweh

Sholat sunnah taraweh merupakan sholat yang dikerjakan selama sebulan penuh di bulan ramadhan. Hukum menjalankan shoat sunnah yang satu ini adalah sunah muakkad yaitu ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Sholat taraweh biasanya dimulai sejak malam hari sebelum esok hari memulai ibadah puasa bulan ramandhan. Dengan begitu, sholat tarawih juga merupakan penanda dimulainya puasa ramadhan. Karena waktu mengerjakan sholat sunah taraweh terbatas yaitu hanya dalam sebulan setiap tahunnya, maka berikut adalah keutamaan sholat taraweh dari malam pertama hingga malam yang terakhir.

  1. Malam pertama sholat taraweh

Keutamaan yang kiat dapatkan pada malam pertama adalah dikeluarkannya dosa orang mukmin yang mengerjakan sholat taraweh seperti baru dilahirkan kembali.

  1. Malam kedua

Memasuki malam kedua, orang yang melaksanakan sholat taraweh akan diampuni dosanya serta dosa kedua orang tua mereka. Tentu saja jika orang tuanya juga mukmin.

  1. Malam ketiga

Sedangkan di malam ketiga, malaikat akan berseru dari bawah Arsy bahwa kita harus mengerjakan segala kebaikan agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

  1. Malam Keempat

Baru di malam keempat kita akan mulai diberikan pahala yang berlimpah seperti halnya jika kita membaca semua kitab suci yang diturunkan Allah. Muali dari kitab taurot yang diturunkan kepada nabi Musa, kitab zabur, Injil, dan yang terakhir kitab Al Qur’an yang merupakan kitab terakhir yang diturunkan Allah untuk seluruh umat di dunia lewat Nabi Muhammad SAW.

  1. Malam Kelima

Keutamaan yang didapatkan pada malam kelima sholat taraweh adalah pahala yang setara dengan mereka yang sholat di masjid Nabawi, Masjidil Aqsha dan juga Masjidil Haram.

  1. Malam Keenam

Selanjutnya di malam keenam, bagi yang melaksanakan sholat sunnah taraweh akan diberikan pahala layaknya melakukan ibadah Thawaf serta permohonan ampunan yang diminta oleh bebatuan.

  1. Malam Ketujuh

Dimalam ini, orang yang sholat taraweh akan diberikan pahala seolah telah menolong nabi Musa dari Haman, Fir’aun dan bala tentaranya.

  1. Malam kedelapan

Di malam ke delapan ini, ganjaran yang dijanjikan oleh Allah bagi yang melaksanakan sholat taraweh adalah segala sesuatu yang Allah berikat kepada nabi besar kita Ibrahim AS.

Baru setelah itu di malam kesembilan kita akan mendapat pahala yang diberikan Allah kepada para nabi. Di malam ke sepuluh, keutamaan sholat taraweh di malam ini adalah Allah berikan kebaikan yang ada di dunia dan akhirat. Selanjutnaya di malam kesebelas, orang yang sholat taraweh akan diberikan keutamaan saat ia mati, ia seperti dilahirkan kembali. Hingga malam kesebelas saja sudah banyak hal yang Allah berikan kepada kita yang mau mengerjakan sholat taraweh. Bisa dibayangkan berapa banyak keutamaan yang Allah berikan bagi yang mengerjakan sholat taraweh dari malam pertama hingga malam terakhir bualn ramadhan. Bahkan jika pahal tersebut terlihat, mungkin kita tidak akan bisa menanggungnya. Di bulan ramadhan inilah para umat islam berkesempatan untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu dengan mengerjakan berbagai macam kebaikan. Sholat taraweh ini hanya salah satu dari sekian amalan yang bisa kita kerjakan pada bulan ramadhan. Ada zakat, puasa, tadarus, bersedekah, hingga berbagai ibadah lainnya yang bisa kita lakukan di bulan yang mulia ini. Bahkan saat kita berbaik dengan sesama manusia, pahala yang kita dapatkan dilipat gandakan menjadi lebih besar.

Panduan Mengerjakan sholat Taraweh

Setelah mengetahui berbagai keutamaan dari sholat taraweh, maka sekarang yang tidak kalah penting adalah mengetahui panduan untuk mengerjakan sholat sunnah taraweh.

  1. Niat dan do’a sholat taraweh

Panduan yang pertama adalah mengenai niat maupun do’a yang dibaca pada sholat taraweh. Untuk niatnya dilakukan tergantung pada jumlah raka’atnya. Beberapa ada yang sholat taraweh 20 raka’at, namun bisa juga dengan 8 raka’at sholat taraweh ditambah sholat witir 3 rakaat. Jumlah raka’at ini biasanya tergantung dari madzhab atau Imam yang diikuti. Jika kita mengikuti Imam Malik, maka kita bahkan bisa mengerjakan sholat taraweh 36 raka’at. Niat sholat taraweh yaitu “Usholli sunnatat taraawih rak’ataini ma’mumallillahi ta’aala” untuk makmum. Untung yang menjadi imam dapat mengganti bagian makmuman menjadi imaman.

  1. Tata cara sholat taraweh

Sholat taraweh dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah dengan salam di setiap dua raka’at. Cara yang kedua adalah dengan membaca salam setiap 4 rakaat.

  1. Bacaan surat sholat taraweh

Hampir sama dengan sholat lima waktu, namun sholat taraweh ini biasanya kita diperbolehkan untuk membaca surat yang paling panjang sekalipun. Jika tidak mampu, maka baca saja surat pendek yang kita ketahui. Akan lebih baik jika kita melakukan sholat taraweh secara berjama’ah karena ganjaran yang diberikan jauh lebih berlipat ganda.

Kurang lebih itulah panduan untuk mengerjakan sholat sunnah taraweh yang bisa anda ketahui. Sholat taraweh ini waktu pelaksanaannya adalah setelah sholat isya dan batas akhirnya adalah sebelum shoat subuh. Jika anda melaksanakan sholat taraweh di tengah malam, anda bisa sekaligus melaksanakan sholat tahajud dan witir. Jika ingin melaksanakan sholat tahajud, sebaiknya palajari juga doa sholat tahajud. Untuk langkah-langkah sholat taraweh yang lebih lengkap, anda bisa mempelajarinya lewat buku tuntunan sholat. Atau mencarinya di internet yang lengkap dengan bacaan yang harus dibaca saat mengerjakan sholat taraweh.

Pelaksanaan sholat taraweh ini biasanya berbeda tergantung madzhab yang dianut. Sebenarnya perbedaan terbesarnya terletak pada jumlah raka’at sholat taraweh. Untuk keseluruhannya, hampir sama dengan sholat wajib lima waktu. Sholat taraweh ini merupakan sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan dibandingkan dengan sholat sunnah lainnya. Pasalnya waktu yang hanya 30 hari dalam satu tahun di bulan suci ramadhan membuat sholat taraweh menjadi lebih spesial. Selama bulan ramadhan merupakan saat dimana kita dapat menabung pahala sebanyak-banyaknya dengan beribadah dan melakukan berbagai amal kebajikan. Tidak lupa juga untuk menghindari maksiat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *