Umum

Pembahasan Teknologi Robotika

Robotika adalah sektor interdisipliner sains dan teknik yang didedikasikan untuk desain, konstruksi, dan penggunaan robot mekanik. Panduan kami akan memberi Anda pemahaman yang kuat tentang robot, termasuk berbagai jenis robot dan bagaimana robot itu diterapkan di berbagai industri.

Jika kalian tertarik dengan artikel yang berhubungan dengan teknologi, silahkan kunjungi officialtollfree.com

Apa itu Robotika?

Robotika adalah persimpangan ilmu pengetahuan, teknik dan teknologi yang menghasilkan mesin, yang disebut robot, yang menggantikan (atau mereplikasi) tindakan manusia. Budaya pop selalu terpesona dengan robot. R2-D2. Optimus prime. WALL-E. Konsep robot humanoid yang terlalu dilebih-lebihkan ini biasanya tampak seperti karikatur benda asli … atau mereka lebih berpikir ke depan daripada yang kita sadari? Robot mendapatkan kemampuan intelektual dan mekanik yang tidak membuat kemungkinan mesin seperti R2-D2 di luar jangkauan di masa depan.

Seiring kemajuan teknologi, demikian pula ruang lingkup apa yang dianggap robotika. Pada tahun 2005, 90% dari semua robot dapat ditemukan merakit mobil di pabrik-pabrik otomotif. Robot-robot ini terutama terdiri dari lengan mekanik yang bertugas mengelas atau meniduri bagian-bagian tertentu dari mobil. Hari ini, kita melihat definisi robot yang berevolusi dan diperluas yang mencakup pengembangan, pembuatan, dan penggunaan bot yang menjelajahi kondisi paling keras di Bumi, robot yang membantu penegakan hukum dan bahkan robot yang membantu di hampir setiap aspek perawatan kesehatan.

Sementara dunia robotika secara keseluruhan berkembang, robot memiliki beberapa karakteristik yang konsisten:

Semua robot terdiri dari semacam konstruksi mekanis. Aspek mekanis robot membantu menyelesaikan tugas di lingkungan yang dirancangnya. Sebagai contoh, roda Mars 2020 Rover bermotor secara individual dan terbuat dari tabung titanium yang membantunya mencengkeram medan yang keras di planet merah.
Robot membutuhkan komponen listrik yang mengontrol dan memberi daya pada mesin. Pada dasarnya, arus listrik (baterai, misalnya) diperlukan untuk memberi daya pada sebagian besar robot.
Robot mengandung setidaknya beberapa level pemrograman komputer. Tanpa seperangkat kode yang memberitahu apa yang harus dilakukan, robot hanya akan menjadi bagian dari mesin sederhana. Memasukkan suatu program ke dalam robot memberikannya kemampuan untuk mengetahui kapan dan bagaimana melakukan suatu tugas.

Industri robotika masih relatif muda, tetapi telah membuat langkah luar biasa. Dari kedalaman terdalam samudera kita hingga ketinggian tertinggi di luar angkasa, robot dapat ditemukan melakukan tugas-tugas yang tidak bisa diraih manusia.

Jenis Robot

Bot mekanik datang dalam segala bentuk dan ukuran untuk secara efisien melakukan tugas yang mereka dirancang. Dari “RoboBee” sepanjang 0,2 milimeter hingga kapal pengangkut robot “Vindskip” sepanjang 200 meter, robot muncul untuk melakukan tugas yang tidak bisa dilakukan manusia. Secara umum, ada lima jenis robot:

Robot Pra-Programmed

Robot yang diprogram sebelumnya beroperasi di lingkungan yang terkendali tempat mereka melakukan tugas yang sederhana dan monoton. Contoh dari robot yang diprogram sebelumnya adalah lengan mekanis pada jalur perakitan otomotif. Lengan melayani satu fungsi – untuk mengelas pintu, untuk memasukkan bagian tertentu ke dalam mesin, dll – dan tugasnya adalah melakukan tugas itu lebih lama, lebih cepat dan lebih efisien daripada manusia.

Robot Humanoid

Robot humanoid adalah robot yang mirip dan / atau meniru perilaku manusia. Robot ini biasanya melakukan aktivitas seperti manusia (seperti berlari, melompat dan membawa benda), dan kadang-kadang dirancang agar terlihat seperti kita, bahkan memiliki wajah dan ekspresi manusia. Dua contoh robot humanoid yang paling menonjol adalah Hanson Robotics ‘Sophia (dalam video di atas) dan Atlas Boston Dynamics’.

Robot otonom

Robot otonom beroperasi secara independen dari operator manusia. Robot ini biasanya dirancang untuk melakukan tugas di lingkungan terbuka yang tidak memerlukan pengawasan manusia. Contoh dari robot otonom adalah penyedot debu Roomba, yang menggunakan sensor untuk berkeliaran di seluruh rumah secara bebas.

Robot Teleoperasi

Robot teleoperated adalah bot mekanik yang dikendalikan oleh manusia. Robot ini biasanya bekerja dalam kondisi geografis yang ekstrim, cuaca, keadaan, dll. Contoh robot teleoperated adalah kapal selam yang dikendalikan manusia yang digunakan untuk memperbaiki kebocoran pipa bawah air selama tumpahan minyak BP atau drone yang digunakan untuk mendeteksi ranjau darat di medan perang.

Dari Diffusing Bombs hingga Performing Surgery, Robot VR Memiliki Penggunaan yang Luar Biasa

Menambah Robot

Menambah robot bisa meningkatkan kemampuan manusia saat ini atau mengganti kemampuan yang mungkin hilang dari manusia. Beberapa contoh penambahan robot adalah robot prosthetic tungkai atau exoskeleton yang digunakan untuk mengangkat beban yang besar.

Aplikasi Robotika

Membantu memerangi kebakaran hutan
Bekerja bersama manusia di pabrik (dikenal sebagai co-bots)
Robot yang menawarkan penemanan kepada orang tua
Asisten bedah
Paket last-mile dan pengiriman pesanan makanan
Robot rumah tangga otonom yang melakukan tugas-tugas seperti menyedot debu dan memotong rumput
Membantu menemukan barang dan membawanya di seluruh gudang
Digunakan selama misi pencarian dan penyelamatan setelah bencana alam
Detektor ranjau darat di zona perang

Penggunaan Robot
Pabrikan

Industri manufaktur mungkin adalah pengguna robot tertua dan paling terkenal. Robot dan co-bot ini (bot yang bekerja bersama manusia) bekerja untuk menguji dan merakit produk secara efisien, seperti mobil dan peralatan industri. Diperkirakan ada lebih dari tiga juta robot industri yang digunakan saat ini.

Enam Perusahaan Yang Membentuk Masa Depan Robotika Otomotif

Logistik

Robot pengiriman, penanganan, dan kontrol kualitas menjadi hal yang harus dimiliki oleh sebagian besar pengecer dan perusahaan logistik. Karena kami sekarang mengharapkan paket kami tiba dengan kecepatan sangat tinggi, perusahaan logistik menggunakan robot di gudang, dan bahkan di jalan, untuk membantu memaksimalkan efisiensi waktu. Saat ini, ada robot yang mengambil barang-barang Anda dari rak, mengangkutnya melintasi lantai gudang dan mengemasnya. Selain itu, peningkatan robot last-mile (robot yang akan mengirimkan paket Anda secara otonom ke pintu Anda) memastikan bahwa Anda akan berhadapan langsung dengan bot logistik dalam waktu dekat.

Rumah

Ini bukan fiksi ilmiah lagi. Robot dapat dilihat di seluruh rumah kita, membantu tugas-tugas, mengingatkan kita tentang jadwal kita dan bahkan menghibur anak-anak kita. Contoh paling terkenal dari robot rumahan adalah vacuum cleaner otonom Roomba. Selain itu, robot kini telah berevolusi untuk melakukan segalanya mulai dari memotong rumput secara mandiri hingga membersihkan kolam.

Perjalanan

Adakah yang lebih mirip fiksi ilmiah daripada kendaraan otonom? Mobil-mobil self-driving ini bukan lagi sekadar imajinasi. Kombinasi ilmu data dan robotika, kendaraan self-driving membawa dunia oleh badai. Pembuat mobil, seperti Tesla, Ford, Waymo, Volkswagen, dan BMW semuanya bekerja pada gelombang perjalanan selanjutnya yang akan membuat kita duduk santai, rileks, dan menikmati perjalanan. Perusahaan Rideshare Uber dan Lyft juga mengembangkan kendaraan rideshare otonom yang tidak mengharuskan manusia untuk mengoperasikan kendaraan.

Kesehatan

Robot telah membuat langkah besar dalam industri kesehatan. Keajaiban mekanis ini telah digunakan di hampir setiap aspek perawatan kesehatan, mulai dari operasi berbantuan robot hingga bot yang membantu manusia pulih dari cedera dalam terapi fisik. Contoh robot yang bekerja di perawatan kesehatan adalah asisten perawatan kesehatan Toyota, yang membantu orang mendapatkan kembali kemampuan untuk berjalan, dan “TUG,” robot yang dirancang untuk berjalan secara otonom di seluruh rumah sakit dan mengirimkan segala sesuatu mulai dari obat-obatan hingga linen bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *