Umum

Pembalap Ducati

Bila membicarakan tentang MotoGP maka tak bisa terlepas dari tim-tim pembalap yang berasal dari pabrikan motor terkemuka dunia. Ducati merupakan salah satu yang mencuri perhatian. Hal tersebut disebabkan karena performa motor Ducati yang luar biasa di sirkuit balap serta sosok para pembalap terbaik yang menunggangi motor tersebut. Dalam perjalanannya di MotoGP, Ducati sudah memiliki banyak pembalap terbaik yang pasti telah menorehkan prestasi yang membanggakan. Bagi anda yang penasaran dengan perjalanan Ducati di MotoGP sekaligus para pembalap terbaiknya. Maka dalam artikel berikut ini akan diberikan ulasannya.

Sejarah Ducati Dalam MotoGP

Sejak awal kemunculan motor empat-tak sekitar tahun 2002, Ducati mulai bergabung dengan Kejuaraan MotoGP. Bahkan saat bergabung dengan MotoGP tersebut, Ducati juga memperkenalkan mesin prototype MotoGPnya. Dimana prototype tersebut dibuat dengan melakukan perubahan pada bagian mesin menjadi motor balap yang siap berlaga di kancah dunia. Hal tersebut dilakukan supaya Ducati mampu menjemput kemenangan dalam puncak kejuaraan MotoGP dunia.

pxhere.com

Pada tahun 2003, Troy Bayliss merupakan sosok yang sukses membawa Ducati dalam ajang WorldSBK. Pada saat itu, Loris Capirosi menjadi pembalap yang pertama untuk tim Ducati dan berpetualang memakai motor GP3. Bersama dengan Capirossi, Ducati berhasil memperoleh posisi ketiga dalam GP di Jepang. Bahkan Capirossi juga berhasil memperoleh kemenangan di GP Catalan pada tahun tersebut. Baik Capirosi maupun Bayliss, mampu membuktikan prestasinya dengan meraih posisi pole sebanyak dua kali, 9 podium serta menang pada tahun pertama dan keduanya masuk dalam enam besar.

Di tahun 2004, Capirossi dan Bayliss masih berada di Ducati namun memakai mesin GP4 namun justru lebih sulit. Tak heran bila Ducati hanya mampu memperoleh dua podium dalam satu tahun. Sedangkan Capirossi mengakhiri musim dengan posisi kesembilan dan Bayliss di posisi ke-14. Pada tahun 2005, Carlos Checa masuk dalam tim Ducati menggantikan posisi Bayliss. Kemudian Ducati menggunakan ban Bridgestone selama satu musim. Keduanya bekerjasama untuk mencari setingan terbaik antara mesin dan ban. Kemudian Capirossi kembali memperoleh tiga pole, dua juara serta dua podium. Checa juga ikut memberikan kemenangan pada ketiganya.

pxhere.com

Tahun 2006, Ducati mengganti mesin dengan GP6 yang lebih aerodinamis dan lebih baik. Selanjutnya di tahun 2007, Casey Stoner mulai bergabung dengan Ducati dan ditunjang oleh mesin GP7. Bersama dengan Ducati, Stoner berhasil memperoleh sepuluh kemenangan di musim 2007 yang mengantarkan Ducati pada juara dunia MotoGP. Di tahun 2008, Capirossi meninggalkan Ducati lalu digantikan oleh Marco Melandri.

Tahun 2009, Ducati menggunakan mesin GP9 dengan sasis fiber karbon. Di tahun inilah Nicky Hayden mulai bergabung dengan Ducati berdampang dengan Stoner. Pada tahun 2010, Hayden dan Stoner masih bergabung dengan Ducati dan menggunakan mesin GP10. Namun sepertinya hanya Casey Stoner yang mampu mengendalikan Ducati dan membawanya menjadi juara. Selanjutnya tahun 2011, Valentino Rossi bergabung bersama Ducati berpasangan dengan Hayden. Namun di tahun ini Ducati semakin sulit meraih kemenangan.

Tahun 2012, MotoGP mengalami kubikasi mesin menjadi 1000cc dan Ducati memperkenalkan sasis konevensional yang akhirnya membawa Valentino Rossi pada finish terbaik kedua. Tahun 2013, Andrea Dovizioso mulai bergabung dengan Ducati berdampingan dengan Hayden namun di tahun ini justru menjadi masa terburuk bagi Ducati. Tahun 2014, Ducati menggunakan mesin GP 14 dan GP 14.2 Pada tahun ini Dovizioso berhasil menorehkan prestasi dan mengangkat kembali nama Ducati di kancah MotoGP.

Tahun 2015 Ducati menjadikan timnya serba Italia dengan bergabungnya Andrea Iannone. Tahun 2016 Ducati melanjutkan perjuangannya mencari kemenangan mereka sejak di tahun 2010 lalu. Dari tahun ke tahun hingga saat ini Ducati terus berupaya menghadirkan pembalap terbaik agar mampu bersaing di MotoGP yang terus berlangsung setiap musimnya.

pxhere.com

Daftar Pembalap Terbaik Ducati

Nama Valentino Rossi memang sangat populer selama bergabung dengan Ducati. Namun ternyata Rossi bukan menjadi salah satu pembalap terbaik Ducati sepanjang sejarah. Hal ini disebabkan karena Rossi dianggap gagal selama berkarir bersama Ducati. Menurut Paolo Ciabatti selaku Direktur Olah Raga Ducati menyatakan ada 4 pembalap terbaik Ducati diantaranya:

  1. Troy Bayliss
    Troy Bayliss menjadi rider balap terhebat sepanjang sejarah balap motor. Bayliss berhasil meraih tiga gelar WorldSBK dan menjadi rider wildcard di MotoGP Valencia 2016.
  2. Andrea Dovizioso
    Dovizioso masuk dalam tim Ducati tahun 2013 dan secara perlahan berjuang membuktikan kemampuannya membawa Ducati meraih kemanangan di MotoGP.
  3. Nicky Hayden
    Nicky Hayden menjadi salah satu pembalap terbaik Ducati meskipun ia tidak pernah menang bersama Ducati. Selama lima tahun di MotoGP, Hayden selalu kompetitif dan berkelas dalam setip kompetisi MotoGP.
  4. Casey Stoner
    Casey Stoner merupakan pembalap terbaik yang mengantarkan Ducati pada juara dunia MotoGP. Stoner mampu membuktikan bahwa motor pabrikan Italia mampu bersaing dengan pabrikan raksasa dunia dalam ajang MotoGP setiap musimnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pembalap Ducati yang bisa menambah referensi anda. Perjalanan sejarah Ducati dan pembalapnya juga bisa menjadi wawasan baru bagi anda yang ingin mengikuti kursus mekanik motor balap. Dengan begitu pengetahuan anda seputar motor balap juga semakin lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *