pendidikan

Inilah Penjelasan Pengertian Pendidikan Beserta dengan Jenis-Jenisnya di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bila pendidikan adalah sebuah bagain penting yang bersifat primer dalam kehidupan setiap manusia di muka bumi. Pasalnya tanpa adanya pendidikan, seseorang tidak  akan bisa mencapai kehidupan yang sukses dan berguna bagi banyak orang disekitarnya. Lewat pendidikan inilah akan diajarkan berbagai hal penting baik pengetahuan umum lewat pembelajaran serta pembelajaran mengenai  sikap maupun perilaku. Maka dari itulah pendidikan ini sangatlah penting bagi setiap orang. Nah, agar  Anda  lebih mengenal dan mengetahui betapa pentingnya pendidikan, haruslah diketahui penjelasan mengenai pengertiannya. Lewat pengertian pendidikan yang telah dijelaskan ini, Anda bisa melihat kesimpulan atau dasar dari pendidikan itu sendiri. Selain itu, yang penting untuk diketahui adalah jenis-jenis dari pendidikan tersebut yang berlaku di Indonesia sebagai tempat Anda tinggal. Jadi, dapat disimpulkan Anda harus menyimak penjelasan pengertian dari pendidikan beserta dengan jenis-jenisnya yang ada di Indonesia

pxhere.com

Penjelasan Pengertian Pendidikan

Pengertian pendidikan ini adalah dasar yang harus diketahui bila ingin lebih mendalami dan memahami mengenai hal primer yang begitu penting tersebut. Ada banyak ahli yang mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian dari pendidikan. Dari berbagai pengertian yang ada, dapat diambil beberapa buah pengertian dari pendidikan secara umum. Berikut ini adalah penjelasan pada beberapa pendapat pengertian  pendidikan yang harus Anda ketahui dan simak dengan baik:

  1. Secara etimologis pendidikan dalam bahasa latin berasal dari educatum yang berasal dari dua kata yankni E serta Duco. E mempunyai arti perkemabangan dari sedikit ke banyak atau dari dalam ke luar. Sementara itu duco artinya adalah sedang berkebang atau perkembangan. Dapat disimpulkan bahwa pengertian dari pendidikan secara etimologis adalah sebuah proses pengembangan atau mengembangkan kemampuan yang asalnya dari dirii sendiri dengan kekuatan individu.
  2. Pendidikan adalah sebuah usaha secara sistematis dan sadar yang dilakukan seseorang untuk mencapai sebuah kemajuan dala kehidupan yang semakin baik dan mencapai sebuah taraf hidup lebih baik.
  3. Pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pembelajaran yang didapatkan para peserta didik dengan tujuan agar mampu paham, mengerti supaya mampu menciptakan seseorang yang mampu berfikir secara kritis.
  4. Pendidikan merupakan kegiatan pembelajaran mengenai pengetahuan, kebiasaan dan keterampilan sekelompok orang yang secara turun temurun diberikan kepada generasi-generasi berikutnya. Penurunan tersebut dilakukan melalui penelitian, pengajaran dan pelatihan yang dilakukan dengan bimbingan orang lain yang ahli ataupun secara otodidak.
pxhere.com

Jenis-Jenis Pendidikan di Indonesia

Informasi berikutnya yang harus Anda ketahui setelah penjelasan dari pengertian pendidikan adalah penjelasan beserta  pengertian dari setiap jenis-jenis pendidikan tersebut yang ada di Indonesia.  Nah, di Indonesia sendiri terdapat tiga jenis pendidikan yakni pendidikan nonformal, formal dan pendidikan informal. Agar Anda bisa membedakan ketiga jenis pendidikan yang berlaku di Indonesia ini,  silahkan simak penjelasannya berikut ini:

  1. Pendidikan Formal

Jenis pertama dari pendidikan yang ada di Indonesia adalah pendidikan formal. Pengertian dari pendidikan formal ini sendiri adalah sebuah pendidikan yang mempunyai struktur dan berjenjang. Pendidikan tersebut terdiri atas pendidikan untuk anak dengan usia dini, pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.  Dalam pendidikan formal tersebut mempunyai dua status yakni secara negri dan swasta.  Oleh karena pendidikan formal ini mempunyai struktur dan jenjang yang jelas,  seseorang yang sudah melalui satu jenjang akan langsung pergi ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi.  Untuk satuan penyelenggara pendidikan formal di Indonesia ini ada banyak sekali, seperti misalnya Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Madrasah ibtidiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan masih banyak lagi.

pxhere.com
  1. Pendidikan Nonformal

Pendidikan secara nomformal merupakan jenis kedua dari pendidikan yang ada di Indonesia.  Jenis pendidikan ini bisa dilakukan secara berjenang dan berstruktur.  Melalui sebuah proses penilaian penyetaraan, hasil dari pendidikan nonformal tersebut bisa setara nilainya atau dihargai sama dengan hasil pendidikan formal. Hal ini bisanya dilakukan oleh lembaga yang sudah ditunjuk pemerintah yang mana mengancu pada ketentuan standar pendidikan yang telah berlaku. Anda pastinya sering menemukan banyaknya pendidikan nonformal yang digelar disekitar, misalnya saja seperti pendidikan nonformal penyetaraan bagi remaja yang belum mempunyai ijazah SD ataupun jenjang lainnya.  Sasaran dari pendidikan nonformal ini adalah bagi siapa saja yang membutuhkan layanan tambahan, pelangkap, penganti pendidikan formal. Untuk satuan pendidikan nonformal ada lumayan banyak seperti kelompok bermain (KB), lembaga kursus, sanggar, kelompok belajar, Taman Penitipan Anak (TPA), majelis taklim dan masih banyak lagi.

  1. Pendidikan Informal

Pengertian dari pendidikan infomal ini sendiri adalah sebuah pendidikan yang dilaksanakan pada lingkungan dan keluarga. Disini seseorang melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri lewat keluarga dan lingkungan sekitar. Untuk hasilnya sendiri adalah mengenai sikap atau moral seperti etika, sopan santun, kemampuan bersosialisasi dan lain-lain.

pxhere.com

Itulah tadi merupakan penjelasan singkat mengenai pengertian dari pendidikan beserta dengan penjelasan mengenai pengertian jenis-jenis dari pendidikan tersebut yang ada di Indonesia. Silahkan Anda pahami satu persatu informasi yang telah disampaikan tersebut. Dengan begitu Anda akan lebih paham dan mengerti lagi mengenai pendidikan terutama yang diselenggarakan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *