Umum

Manfaat Permainan Perosotan dan Permainan Lainnya Bagi Motorik Anak

Jika kita membahas tentang permainan, tentu ada banyak sekali bentuk permainan. Salah satu diantaranya adalah permainan perosotan yang banyak kita jumpai di berbagai tempat. Mulai dari di sekolah hingga di taman-taman permainan ini yang paling sering mendominasi. Permainan yang digemari anak-anak ini tak hanya seru lho. Secara tidak langsung permainan yang satu ini memiliki berbagai manfaat yang mungkin belum anda ketahui. Salah satunya adalah untuk melatih motorik anak saat meluncur di perosotan atau saat mereka sedang menaiki tangga. Manfaat lainnya adalah melatih anak untuk bersikap tertib terutama saat sedang bermain perosotan dengan anak-anak lainnya. Secara tidak langsung, mereka akan belajar untuk mengantri dengan tertib untuk menaiki perosotan tersebut hingga akhirnya meluncur. Bagaimanapun seluncuran dari permainan perosotan hanya bisa dilewati satu orang, jadi anak-anak akan otomatis berbarik di belakangnya jika ada anak di depannya. Mungkin sebagian orang masih belum menyadari bahwa bermain perosotan merupakan hal yang memiliki banyak manfaat. Terkadang orang tua justru khawatir anak akan terluka atau baju mereka kotor karena bermain perosotan terutama di luar ruangan. Makanya, agar anak-anak tetap bisa bermain perosotan dalam pengawasan kita, maka sebaiknya anda coba pasang alat main perosotan sendiri di rumah.

Selain permainan perosotan, kita juga sering melihat wahana permainan lainnya di berbagai tempat bermain, taman, maupun sekolah untuk anak usia dini. Ternyata tak hanya perosotan saja yang punya manfaat bagi edukasi anak lho, beberapa jenis permainan berikut ini juga dapat melatih motorik anak.

pxhere.com
  1. Jungkat-jungkit

Permainan yang satu ini juga tak kalah disukai oleh anak-anak. Permainan yang bisa dimainkan setidaknya dua orang ini cukup aman dimainkan oleh anak-anak. Namun, tentu saja sebelum membiarkan anak bermain jungkat-jungkit mungkin sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisinya. Karena bagaimanapun permainan ini di berbagai tempat bentuknya berbeda-beda. Apalagi jika permainan ini terdapat di tempat umum seperti taman yang mungkin kurang terawat. Nah, manfaat yang bisa kita ambil dengan membiarkan anak-anak bermain jungkat-jungkit ini diantaranya adalah melatih anak untuk lebih percaya diri dan berani. Selain itu keseimbangan anak juga dapat anda lihat saat mereka main di permainan yang satu ini.

  1. Ayunan

Nah, permainan ini juga paling mudah ditemukan. Apalagi ayunan ini juga bisa kita buat sendiri di rumah. Jika ada pohon di halaman, tali yang kuat, dan papan maupun gantungan karet, maka ayunan bisa dinikmati di rumah. Permainan jenis ini juga tidak hanya bisa dinaiki oleh anak-anak saja karena orang dewasa pun masih banyak yang bermainan mainan ini. Untuk anak, bermainan ayunan dapat memberikan mereka latihan stimulasi motorik. Jangan lupa untuk mengecek keamanan ayunan terlebih dahulu, karena bagaimanapun jika jatuh dari permainan ini anak dapat mengalami cedera. Anda sebagai orang tua dapat mendampingi anak saat memainkan permainan ini. Bentuk dari ayunan ini juga bermacam-macam, ada yang hanya bisa digunakan satu anak saja, namun ada juga yang bisa dinaiki beramai-ramai.

  1. Komidi Putar

Satu lagi permainan yang paling banyak kita temui di taman bermain adalah komidi putar. Jika terlalu lama dinaiki, permainan yang satu ini bisa membuat kita merasa pusing, Untuk itu sebaiknya menaikinya dalam waktu yang sewajarnya. Manfaat menaiki komidi putar ini adalah mengasah imajinasi anak, menstimulasi motorik, serta melatih keseimbangannya.

 

Dari semua jenis permainan tersebut, semuanya memiliki manfaat dalam proses edukasi anak. Apalagi kita juga tahu bahwa proses edukasi anak memang lebih baik jika diberikan lewat permainan. Karena anak-anak sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bermain, jadi edukasi yang diberikan melalui permainan akan jauh lebih diterima oleh anak.

pxhere.com

Bagaimana Cara Memilih Perosotan yang Bagus?

Yang jadi masalah adalah tidak semua permainan di atas alatnya aman untuk digunakan. Padahal sekarang ini banyak sekali bentuk pemainan prosotan, ayunan, maupun permainan lainnya yang terbuat dari bahan aman bagi anak. Tak hanya itu, yang jual perosotan anak, ayunan, maupun jungkat-jungkit juga banyak. Mulai dari yang terbuat dari plastik, besi, dan lain sebagainya. Bahkan sekarang jenis permainan seperti ini bisa kita temukan dengan mudah di berbagai toko online yang ada di internet.

pxhere.com

Jika ingin membeli permainan untuk anak, ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan. Yang pertama terkait bahan, usahakan bahannya itu kuat dan aman untuk anak. Misalnya saja bahan yang terbuat dari plastik, ada platik yang bagus, ada juga yang tidak bagus. Maka dari itu sebelum membeli alat permainan, ketahui bahan yang digunakan. Selain bahan, hal lainnya yang bisa kita pertimbangkan adalah model atau warna. Wrana dan model yang menarik dapat menarik perhatian anak. Jika bentuknya tidak menarik, tentu anak-anak juga akan malas bermain di tempat tersebut. Apalagi belakangan ini sudah ada gadget yang terkadang lebih banyak dipilih anak-anak dibandingkan dengan permainan sejenis perosotan. Hal lainnya adalah ukuran. Jika ingin diletakkan di dalam rumah, maka pilih saja permainan perosotan yang ukurannya kecil agar tidak membutuhkan banyak space dan memenuhi ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *