Dalam perkara memilih perpaduan warna rumah minimalis memang menjadi perkara yang menyulitkan. Karena perpaduan cat rumah akan menjadi karakter rumah yang anda dambakan. Ketika anda memiliki rumah minimalis akan tetapi pemilihan perpaduan warna rumah anda tidak cocok maka kesan minimalisnya akan hilang hanya gara-gara salah perpaduan warna saja. Untuk itu anda musti mempelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli cat untuk rumah anda. Berikut ini beberapa tips untuk perpaduan warna rumah minimalis yang bisa anda aplikasikan dan terapkan pada rumah anda yang memiliki gaya minimalis.

Tips perpaduan warna rumah minimalis.

  1. Untuk memadukan warna cat untuk rumah minimalis, paduan warn jangan terlalu banyak warna, karena jika kebanyakan warna malah terkesan ramai ketika dipandang mata. Untuk itu bisa anda padukan dengan salah satu warna yang menjadi kesukaan anda lalu dipadukan dengan warna-warna netral. Sehingga warna favorite anda bisa ditonjolkan atau sebagai point of interest tanpa menanggalkan warna netral. Sehingga rumah terlihat cantik dengan tampilan kontrasnya tersebut.
  2. Memang rumah minimalis merupakan rumah yang memiliki bangunan yang kecil. Untuk itu anda bisa mengaturnya agar terlihat luas yaitu dari warnanya. Warna yang pas untuk rumah minimalis yaitu warna yang cerah-cerah, hal ini dimaksud agar menjadikan rumah tampak luas. Karena jika dicat dengan yang yang gelap maka ruangan akan tampak lebih sempit.
  3. Jika anda menginginkan rumah minimalis anda terlihat dengan nuansa yang hangat yaitu anda bisa memberinya warna earthy tone yaitu warna coklat, coklat muda, krem, putih gading atau warna-warna yang berkesan hangat lainnya. Ketika rumah diberi warna tersebut maka rumah akan terlihat hangat saat dipandang. Memang untuk rumah minimalis kebanyakan memiliki corak warna yang mencolok namun untuk warna earthy tone ini bisa juga diaplikasikan pada rumah minimalis anda.

Untuk kenyamanan anda saat tinggal di rumah maka anda perlu memberikan sentuhan pada rumah minimalis anda dengan perpaduan warna rumah dengan visual warna dinding. Ada banyak teori yang digunakan untuk memadukan warna rumah. Berikut ini beberapa teori perpaduan warna rumah yang bisa membantu anda dalam memilih palet warna rumah yang anda idamkan.

www.pexels.com

Teori kombinasi warna rumah

  1. Analogous

Maksud dari teori tersebut yaitu warna yang digunakan yaitu dari 2 sampai 3 range warna, biasanya bersebelahan pada color wheel. Warnanya seperti warna orange, kuning, dan merah atau warna-warna lain yang berdekatan seperti warna hijau, biru, dan kuning.

  1. Monochromatic

Untuk perpaduan warna rumah yang menggunakan monochromatic ini memiliki satu warna yang menjadi dasar untuk dipadukan ke warna turunannya. Misalnya ia memilih warna dasarnya kuning maka bisa dipadukan dengan warna orange, kunyit, hingga warna kemerahan.

  1. Complementary

Selanjutnya yaitu perpaduan warna rumah dengan teknik complementary, yaitu perpaduan warna yang diambil secara berseberangan dalamcolor wheel.

Demikian ulasan mengenai teori yang digunakan dalam perpaduan warna rumah minimalis. Untuk anda yang masih bingung untuk memberikan warna untuk rumah anda. sekarang tak perlu risau lagi karena anda banyak sekali artikel yang membahas tentang perpaduan warna, dalma artikel ini pun juga dilengkapi dengan inspirasi untuk perpaduan warna rumah minimalis. Berikut ini ulasan inspirasi perpaduan warna rumah baik minimalis maupun biasa.

www.pexels.com

Inspirasi warna untuk rumah minimalis

  1. Palet warna dengan teori complementary warna biru dan orange

Jika anda menginginkan rumah anda tampak lebih segar dengan tampak yang lebih luas, maka anda bisa mengaplikasikan palet warna biru dengan orange. Perpaduan warna ini sangat cocok untuk anda karena ia memiliki nuansa yang hangat dan sejuk bak pantai pada musim panas. Setelah anda memberi warna pada dinding rumah anda selanjutnya anda bisa membeli perabotan rumah dengan warna yang senada. Dengan begitu rumah anda akan terlihat unik nan indah. Selain warna tersebut ada lagi warna yang bagus untuk rumah minimalis anda yaitu perpaduan warna rumah dengan palet warna putih dipadu dengan lime, warna tersebut akan memberikan kesan yang segar namun rumah akan terlihat tetap indah dan luas meskipun rumah minimalis.

  1. Palet warna monochromatic

Selanjutnya yaitu dengan teori monochromatic. Warna ini hanya ada satu warna yang mendominasi, contohnya anda bisa membuat patokan warna abu-abu menjadi warna dasar. Kemudian dipadukan dengan 2 hingga 3 warna saja, yaitu warna abu tua, dan abu muda. Anda juga bisa memadukan dengan interior yang memiliki warna yang senada dengan warna dinding rumah anda, hal ini akan menambah estetika kecantikan rumah anda. namun jangan terlalu banyak menambah dekorasi rumah, hal ini akan menambah rumah anda tampak berjejal. Anda bisa memberikan furnitur yang penting-penting saja, hal ini akan membuat rumah anda semakin berkesan mewah.

  1. Palet warna analogous

Perpaduan palet warna analogous seperti warna biru yang dipadukan dengan hijau lime. Warna ini akan membuat rumah anda semakin berkesan modern dan terlihat lebih fresh. Tentunya rumah tangga anda bakal lebih harmonis dan produktif. Selain anda bisa menggunakan warna pink dipadukan dengan abu-abu. Untuk warna ini biasanya di gemari oleh kaum perempuan, jadi untuk kamar anak perempuan anda bisa menggunakan warna ini untuk mewarnai dinding kamar. Anda juga bisa melengkapi interior ruangan yang memiliki warna tersebut dengan warna yang seirama pula.

  1. Warna cokelat muda dengan biru

Jika anda menyukai warna yang vintage atau klasik maka anda bisa memilih warna-warna yang sesuai yaitu warna cokelat yang dipadukan dengan warna biru. Warna tersebut akan membuat rumah anda semakin elegan namun tetap terlihat adem nan klasik. Namun jika anda ingin warna tersebut jangan sampai anda menggunakan warna yang terang hal ini akan berkesan norak. Jadi anda bisa melengkapi furniture seperti sofa, meja makan, dan bedroom storage dengan warna yang seirama agar rumah tampil lebih cantik.

www.pexels.com

  1. Orange dan putih

Warna orange dan putih jika dipadukan akan menampilkan rumah tampak semakin menggemaskan dan unik seperti rumah minimalis yang lagi trending. Dengan dominasi warna orange sedangkan warna putih bisa anda aplikasikan di jendela, kusen, dan pintu. Selain itu anda bisa menyeragamkan interior rumah anda dengan warna senada. Misal dinding orange, maka untuk meja, kursi, sofa, almari, dan lain-lain bisa anda beri warna putih. Hal ini akan menambah keunikan dan keindahan rumah yang menjadi tempat peristirahatan dan tempat beraktifitas dengan keluarga.

Demikian ulasan-ulasan mengenai beberapa tips perpaduan warna untuk rumah minimalis. Semoga tips tersebut bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi anda dalam memberi warna pada rumah baik minimalis maupun yang biasa. Karena jika sakah dalam memadu padankan warna rumah, maka rumah akan terlihat tak menarik untuk dipandang bahkan bisa jadi anda tak kerasan di rumah hanya gara-gara warna yang tidak sesuai.

 

Categories: design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *