Skip to content

Pohon Buah Tin

  • by

 

Buah tin merupakan salah satu buah yang sangat familiar. Bukan hanya karena memiiki khasiat yang banyak, namun buah tin juga memiliki keindahan tersendiri karena namanya disebut dalam Al Qur’an. Namun, jika Anda akan mencari buah tin di Indonesia maka akan cukup sulit. Pasalnya pohon buah tin jarang ditemui di Indonesia.

Ficus Carica merupakan nama latin dari pohon buah tin yang menjadi buah asli di negara Arab. Sehingga, tidaklah heran hika pohon buah tin termasuk dalam pohon yang tahan terhadap cuaca yang panas. Selain di negara Arab, buah tin juga dapat ditemui di beberapa negara lainnya speerti Asia, Amerika, Eropa, dan Australia.

Cara Menanam Pohon Buah Tin dalam Pot

Terdapat beberapa langkah apabila Anda ingin menanam pohon buah tin di dalam pot. Karena memang pot menjadi salah satu tempat paling praktis untuk digunakan sebagai media tanam.

  1. Persiapan

Yang harus Anda siapkan ketika akan menanam pohon buah tin di dalam pot yaitu menyiapkan pot dengan ukuran 50 cm dan tinggi sekitar 60 cm. Usahakan pot yang digunakan yaitu pot yang terbuat dari tanah liat. Karena dapat menjaga kelembapan tanah dengan lebih baik. Jangan lupa untuk memasukkan pecahan genting sebelum dimasukkan ke media tanam.

  1. Proses Penanaman

Media tanam yang digunakan biasanya terdiri dari tanah, sekam, dan sabut kelapa dengan perbandingan 1:1:1. Bibit yang telah bisa dipindagkan dari media semai kedalam pot adalah bibit yang telah setinggi 60 cm, berdaun yang sempurna, dan juga berbatang tegak dengan diameter 1 cm.

Kemudian, dilanjutkan dengan media tanam yang terisi setengah tinggi pot. Masukkanlah bibit pohon buah tin yang tepat ditengah pot sbeelum ditimbun kembali oleh media tanam sampai menyentuh bibir pot.

  1. Penyiraman dan Pemupukan

Pohon buah tin termasuk pohon yang tidak terlalu sering disiram. Ketika memasuki musim kemarau, pohon buah tin hanya perlu disiram 4 hari sekali saja. Meskipun begitu, pohon buah tin akan memiliki kemungkinan panen yang lebih cepat. Untuk pemupukan, awal penanaman pohon buah tin hanya memerlukan pupuk dasar dan pupuk daun dengan dosis yang sesuai.

Jadi, itulah beberapa tahapan dalam menanam pohon buah tin di dalam pot yang dapat Anda coba lakukan di rumah.