teknologi

Printer Epson: Mengenal Berbagai Hal Tentang Printer

Pada zaman ini pasti anda mengenal dengan namanya printer. Tentu saja printer adalah salah satu perangkat keras yang cukup banyak digunakan saat ini sebagai salah satu cara mencetak berkas atau dokumen dari komputer. Tanpa adanya printer, maka dokumen tidak dapat di cetak dan hanya bisa disalin secara manual menggunakan tulis tangan ataupun menggunakan mesin ketik. Hal ini akan terasa tidak efisien jika tidak ada fungsi printer pada penggunaan komputer. Berikut ini akan dijelaskan sedikit tentang berbagai hal yang berkaitan dengan printer.

Segala Hal Tentang Printer dan harga Printer Epson

Pada dasarnya adanya printer dikarenakan kebutuhan manusia untuk membaca dan mengetahui informasi. Pada artikel ini, anda akan mengetahui pula cara kerja beberapa printer yang sering banyak digunakan oleh orang – orang saat ini. Ada kalanya cara kerja yang dimiliki oleh printer memiliki cara yang berbeda – beda. Lalu anda akan mendapatkan informasi tentang sejarah singkat dan harga printer epson dapat membantu anda dalam memahami printer.

www.pexels.com
  1. Sejarah Singkat Printer

Pada dasarnya sebelum adanya printer driver yang saat ini banyak digunakan oleh orang – orang, maka pada abad ke 14 lah sudah mulai ada percetakan yang sudah dimulai di beberapa negara. Khususnya negara Cina yang dulu menciptakan tinta dan blok printing. Namun percetakan yang berada di negara Benua Asia ini tidak terlalu berkembang karena pada aksara Cina terdapat banyak karakter yang sudah dimasukan dalam percetakan sehingga kesulitan percetakandi saat itu cukup susah. Hal ini pula yang akhirnya menyebabkan percetakan yang berada di negara – negara Eropa lebih maju dibandingkan Cina.

Lalu pada sekitar abad tersebut ditemukan pula tinta yang menggunakan minyak dan aloy blok printing lainnya yang membuat kemajuan percetakan semakin mudah. Lalu pada tahun 1950 mulai ditemukan mesin percetakan yang menjadi salah satu penemuan revolusioner yang membuat banyak perbuahan. Pada akhirnya saat kemajuan teknologi sudah mulai berubah, maka teknologi komputer ini yang menjadi cikal bakal adanya printer karena pada saat itu mesin ketik adalah teknologi yang paling canggih. Hingga akhirnya tercipta printer di zaman sekarang yang bahkan memiliki teknologi wireless. Itulah beberapa informasi untuk sejarah singkat tentang printer.

  1. Cara kerja Printer Dot Matrix

Printer yang satu ini merupakan printer yang sangat banyak digunakan. Mengapa demikian? Karena alasan pertamanya adalah harga yang dimiliki oleh printer yang satu ini cukup murah dibandingkan dengan printer yang lainnya. Kemudian printer yang satu ini masih tidak tertinggal zaman karena hasil printernya masih baik. Adapun cara kerja yang bisa anda ketahui melali printer dot matrix.

Printer yang satu ini adalah jenis printer yang langsung mengetuk kertas secara langsung menggunakan kepala cetakan. Printer ini lebih mirip dengan mesin ketik yang sudah memiliki tingkat modern yang cukup tinggi. Sehingga pada karakter yang dicetak menghasilkan karakter yang sangat terlihat jelas. Namun ada hal yang menjadi kekurangan dari printer ini yaitu cetakan gambar sedikit kurang baik dan suara yang dimiliki oleh printer ini cukup keras.

Cara kerjanya adalah berhubungan dengan kepala cetak yang dimiliki oleh printer ini. Kepala cetak printer ini memiliki kumpulan jarum besi. Printer ini bekerja dengan cara menggunakan kombinasi jarum besi tersebut. Pada dasarnya da beberapa jenis kolom yang dimiliki oleh printer tersebut, lalu pada kolom tersebut nantinya sudah membaca informasi dari komputer.

Kemudian printer pulai memproses informasi tersebut lalu mencetak sesuai dengan informasi yang sudah diberikan melalui kepala cetak yang telah disebutkan. Pada dasarnya printer dot matrix memiliki dua warna. pertama adalah satu warna  yaitu warna hitam, kemudian yang kedua adalah kombinasi dari warna untuk menghasilkan warna lainnya dengan menggunakan warna hitam, biru, kuning, dan merah.

www.pexels.com
  1. Printer Ink Jet

Printer ink jet adalah printer yang menggunakan tinta basah sebagai salah satu media untuk melakukan percetakan. Printer yang satu ini sangat berbeda sekali apabila dibandingkan dengan printer dot matrix. Karena perbedaan tersebut, maka kualitas hasil cetakan yang dimiliki oleh kedua printer ini sangat berbeda dan tentu saja hasil yang paling dihasilkan dari cetakan printer ink jet.

Mengapa menjadi salah satu unggulan, karena hasil cetakan berwarna cukup mendapatkan hasil yang terbaik dibandingkan dengan printer dot matrix. Adapun cara kerja printer memiliki konsep dengan cara menggunakan nozzle yang disemprotkan sesuai dengan informasi cetakan yang didapatkan dari komputer. Penggunaan tinta cair ini menjadi salah satu masalah karena harus menunggu kering terlebih dahulu.

Kemudian kertas yang digunakan harus memiliki ketebalan tersendiri agar tinta yang digunakan tidak dapat tembus pada kertas. Kepala cetak yang dimiliki printer ini akan menyemprotkan tinta seusai dengan informasi yang sudah didapatkan. Kemudian kepala cetakan yang satu ini dikenal dengan namacartridge. Adanya kepala cetak yang satu ini menyebabkan proses pencetakan dokumen menjadi lebih bersih dibandingkan dengan printer yang sebelumnya hadir. Hal inilah yang menyebabkan printer ink jet menjadi pilihan.

  1. Printer Laser Jet

Cara kerja yang dimiliki oleh printer ini sangatlah mudah. Kinerjanya hampir sama dengan printer ink jet. Namun bedanya pada printer ini menggunakan tinta bubuk. Tinta bubuk ini yang menjadi solusi untuk membuat hasil cetak lebih cepat kering dibandingkan dengan menggunakan ink jet. Kemudian tinta bubuk ini biasanya dikenal dengan nama toner. Namun dalam penggunaannya perlu dipanaskan terlebih dahulu sehingga tidak dapat langsung digunakan untuk mencetak dokumen.

Walaupun hampir mirip dengan printer ink jet namun cara kerja yang dimiliki cukup unik yaitu menggunakan photographic drum. Tahukah anda tentang photographic drum? Teknologi tersebut adalah teknologi yang biasanya digunakan di mesin foto kopi. Dengan memanfaatkan dua teknologi yang berasal dari photographic drum dan laser, maka hasil yang cetakan yang dimiliki oleh printer yang satu ini hasilnya lebih baik dibandingkan dengan printer ink jet. Walaupun hasil yang dimiliki cukup baik, namun masalah waktu pencetakan cukup lama sehingga menjadi salah satu kekurangannya.

  1. Printer LCD

Printer yang satu ini juga merupakan teknologi baru yang sedang banyak dibicarakan saat ini. adapun nama printer ini bernama printer LCD. Seperti dengan namanya, printer yang satu ini memanfaatkan LCD atau LED sebagai salah satu media untuk mencetak sebuah dokumen. Karena teknologi yang satu ini cukup terkenal, maka akan dijelaskan pula cara kerjanya.Sudah dijelaskan sebelumnya jika printer ini memakai LCD sebagai penembak ion yang langsung diberikan ke photoreceptor.

Printer LCD memiliki kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan printer – printer lainnya. Hal ini dikarenakan ion yang terpancar ditembakkan secara langsung ke arah kertas. Mau tau cara kerjanya? Printer yang satu ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan prinsip kerja printer laser jet yang menggunakan laser. Karena penggunaan teknologi yang satu ini, maka hasil dari cetakan menggunakan printer ini memiliki kualitas grafis yang sangat tinggi dibandingkan dengan printer – printer lainnya.

  1. Harga Printer Epson

Kali ini tidak akan membahas spesifikasi printer epson karena sudah banyak pembahasan dalam hal tersebut. Oleh karena itu pada artikel ini hanya diberikan daftar harga untuk printer epson. Dari harga pun, anda bisa dengan mudah menemukan bahwa semakin mahal harganya maka semakin bagus pula spesifikasinya. Berikut ini adalah bebera harga dari printer epson.

  • Harga Printer Epson LX800 adalah sekitar Rp. 265.000
  • Harga Printer Epson I310 adalah sekitar Rp. 1.810.000
  • Harga Printer Epson I565 adalah sekitar Rp. 3.570.000
  • Harga Printer Epson I220 adalah sekitar Rp. 950.000
www.pexels.com

Cara Mudah Merawat Printer

Jika anda sudah mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan sejarah dan cara kerja penggunaan printer, maka hal tersebut tidaklah cukup dalam mengetahui printer sejauh secara jauh. Ada beberapa hal lain yang perlu anda ketahui. Salah satunya adalah mengetahui tentang cara merawat printer. Hal inilah yang perlu anda pahami sebelum anda memang akan membeli printer drivers. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam merawat printer. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda ketahui untuk merawat printer.

  1. Sering menggunakan printer

Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam merawat printer adalah dengan menggunakannya setiap hari. Pada printer terdapat berbagai komponen yang sangat penting. Adapun komponen – komponen tersebut bisa saja terjadi kerusakan karena cartridge yang macet atau hal – hal lainnya yang tidak bisa digunakan karena tidak pernah memakai printer. Dipakai setiap hari secara berlebihan adalah hal yang salah, namun alasan tidak menggunakan printer juga salah karena hal ini bisa membuat printer menjadi macet dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu jika anda ingin membeli atau sudah memilikinya, pastikan anda gunakan setiap hari.

  1. Pembersihan secara berkala

Tahukah anda jika alat elektronik yang kotor saja dapat menjadi penyebab masalah dari error nya sebuah alat elektronik. Oleh karena itu pembersihan berkala sangatlah penting sehingga perlu dijadwalkan jika anda ingin merawat printer yang anda gunakan. Pembersihan printer bisa anda mulai dari komponen yang terlihat hingga komponen – komponen yang berada di dalamnya. Kemudian jika sudah dibersihkan, pastikan pula di coba kembali karena bisa saja terdapat kesalahan setelah dibersihkan. Pastikan jika anda membersihkan printer, maka anda harus mengamati posisi yang ada pada printer tersebut.

  1. Penggunaan secara benar

Sebenarnya merawat printer sangatlah mudah. Salah satu caranya adalah dengan pengoperasian yang benar. Mengapa demikian? Jika dari awal cara penggunaannya kurang baik, maka bisa saja kerusakan bukan terjadi karena macetnya nozzle atau habisnya tinta, namun dikarenakan penggunaan yang kurang baik. Pastikan anda memiliki buku petunjuk penggunaan dan juga mematuhi segala hal yang berkaitan dengan cara penggunaan. Pastikan pula jika terjadi kesalahan, maka anda mengatasinya sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Jika semua hal yang dilakukan sudah sesuai namun masalah yang terjadi tidak kunjung selesai, maka anda bisa menghubungi pihak produsen untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Selalu cek tinta yang digunakan

Penggunaan printer biasanya sangat lupa dengan pengecekan tinta. Hal ini bisa ditandai dengan yang namanya kehabisan tinta pada saat sedang proses pencetakan. Hal ini sebenarnya bisa terlihat dari wadah tinta yang anda miliki atau bisa anda lihat dari hasil print yang warnanya semakin pudar. Jangan sampai anda menggunakan printer dengan posisi tinta habis di tengah jalan. Jika kejadian seperti ini terus berulang, maka bisa menyebabkan hal yang kurang baik dalam proses pencetakan dan dapat membuat printer yang anda miliki menjadi lebih cepat rusak. Sungguh sangat disayangkan jika umur printer yang seharusnya bisa sampai 5 tahun namun sudah rusak di tahun ketiga.

  1. Pemakaian kertas yang seharusnya

Kertas juga menjadi masalah pada proses pencetakan. Terkadang jika tidak dirawat dengan baik, kertas juga dapat menjadi sebuah masalah yang besar dalam proses penggunaan printer. Adapun kertas yang digunakan jika sesuai dengan tinta dan kebutuhannya akan menjadi salah satu hal yang sangat baik pada saat proses penggunaan printer. Pada dasarnya jangan sampai anda menggunakan printer dengan kertas yang tertekuk atau yang tidak layak pakai. Hal ini cenderung akan membuat printer tidak akan memproses pencetakan karena macet di tengah jalan. Oleh karena itu pemilihan kertas sangatlah penting untuk penggunaan printer.

www.pexels.com

Cara memilih Printer yang baik

Sekarang sudah saatnya anda mengetahui cara memilih printer yang baik atau yang sesuai dengan anda setelah anda mengetahui cara merawat dan beberapa harga printer epson. Ada beberapa cara untuk mengetahui cara memilih printer yang terbaik untuk anda. Hal ini memang mudah, namun tetap saja hal tersebut harus dipertimbangkan dengan matang agar hasil yang didapatkan lebih sempurna saat sudah memiliki printer. Berikut ini merupakan sedikit penjelasan untuk anda dalam memilih printer.

  1. Sesuai dengan kebutuhan

Saat ini banyak sekali orang – orang membeli printer namun tidak seusai dengan kebutuhannya saat ini. hal ini menandakan orang tersebut tidak mengetahui apa yang di inginkan saat membeli printer. Jika anda ingin membeli printer dengan kecepatan cetak yang tinggi maka anda bisa memilih printer yang dapat mencetak dengan cepat. Jika anda ingin menginginkan printer yang memiliki kualitas gambar yang bagus di hasil cetakannya, maka anda membeli printer yang menghasilkan gambar atau grafik yang sangat jelas.

  1. Sesuai dengan biaya atau budget

Saat ini harga printer sangatlah bermacam – macam. Hal yang dimaksudkan adalah banyaknya variasi yang dimiliki oleh printer maka semakin bervariasi pula dengan biaya yang digunakan. Pada dasarnya printer yang harganya terjangkau bisa di dapatkan dengan harga sekitar Rp. 300.000. Adapun harga printer yang lebih mahal juga ada sehingga hal inilah yang perlu dipikirkan setelah anda mengetahui harganya. Apalagi kalau bukan memikirkan tentang  biaya yang anda miliki berapa kemudian ditambah dengan printer yang anda butuhkan seperti apa. Oleh karena itu sebelum anda membeli printer, sebaiknya anda survey harga terlebih dahulu pada printer yang akan anda beli. Pada dasarnya semua printer yang anda beli memiliki spesifikasi masing – masing namun semakin tinggi spesifikasi nya maka harganya pasti akan semakin tinggi.

  1. Jangan perhatikan merk. Namun perhatikanspesifikasi yang anda inginkan

Merk adalah salah satu jaminan yang dimiliki oleh konsumen saat membeli sebuah produk baru. Oleh karena itu merk selalu menjadi acuan dalam membeli sebuah barang. Hal ini juga berlaku saat seseorang membeli produk seperti printer. Adapun jika memperhatikan lebih baik lagi yaitu sesuaikan dengan spesifikasi yang anda inginkan bukan hanya merk saja. Jika merk yang anda beli sangat bagus namun spesifikasi yang didapatkan tidak sesuai maka hal tersebut sama saja anda tidak mendapatkan apa yang anda inginkan. Pastikan spesifikasi yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan agar anda tidak kesusahan saat nantinya anda menggunakan printer.

  1. Sesuai dengan komputer yang anda gunakan

Setekah sesuai dengan spesifikasi yang anda inginkan, sudah saatnya anda memikirkan kompatibilitas atau kecocokan perangkat printer yang akan anda gunakan dengan komputer anda. Hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan karena sama saja hal yang sia – sia jika anda membeli sebuah printer namun tidak dapat digunakan di komputer atau laptop anda. Pastikan anda mengetahui spesifikasi yang komputer anda miliki kemudian setelah itu konsultasi pada penjual printer dan tanyakan pula printer yang sesuai dengan komputer yang sedang anda gunakan. Jangan sampai anda sia – sia membeli printer karena printer yang anda gunakan tidak cocok dengan komputer anda.

www.pexels.com

Lebih Hemat dengan beli Printer Second

Ada beberapa hal yang membuat anda diharuskan membeli printer. Pastinya dikarenakan tugas kantor atau tugas kuliah yang membutuhkan dokumen sebagai salah satu bukti hasil pekerjaan anda. mungkin saja bisa pergi ke temapt rental printer, namun hal tersebut sangat merepotkan jika anda melakukan kegiatan print setiap hari. Oleh karena itu alasan membeli printer menjadi sangat masuk akal. Namun jika biaya yang anda miliki sangat minim janganlah khawatir, anda bisa membeli printer second atau bekas. Jika anda kebingungan bagaimana caramemilih yang terbaik, berikut ini merupakan tips untuk anda.

  1. Beli di tempat yang terpercaya

Alasan membeli printer second atau bekas adalah biaya yang minimal sekali. Namun jika anda ingin membeli printer second maka hal tersebut tetap sah – sah saja. Pada dasarnya saat membeli printer bekas, pastikan tempat yang dituju dalam membeli printer sudah terpercaya. Hal ini sangat penting karena jika anda tidak membeli di tempat yang terpercaya, bisa saja anda mendapatkan barang yang jelek dengan harga jual yang sangat tinggi. Pastinya anda tidak ingin mendapatkan kerugian kan? Oleh karena itu sebelum membeli printer bekas, pastikan anda membelinya di daerah atau tempat yang terpercaya.

  1. Tanyakan detail barang yang dibeli dan minta garansi

Ada hal lain yang perlu anda ketahui selain mencari tempat yang terpercaya daka membeli printer. Hal tersebut adalah menanyakan detail dari barang yang akan anda beli. Pastikan pula printer yang anda beli berjalan dengan baik sehingga pas anda bawa pulang tidak terjadi kerusakan. Pastikan pula anda mengetahui cara merawatnya karena printer second biasanya memiliki masalahnya sendiri. Jika anda sudah membelinya, pastikan anda meminta garansi kepada penjual printer tersebut. Paling tidak minimal meminta garansi 3 hari sebagai jaminan jika printer yang anda beli bukanlah printer abal – abal. Hal ini juga menjadi sebagai bukti bahwa si penjual tetap masih memiliki tanggung jawab terhadap barang yang sudah di jual.

Demikian informasi yang bisa diberikan untuk anda tentang printer dan printer epson. Pada dasarnya sat anda membeli printer driver, pastikan anda memang menginginkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *