Umum

Rekomendasi Kuliah Jurusan Pertanian dengan Prospek Menjanjikan

 

Menempuh kuliah dengan jurusan pertanian mungkin terkesan kurang menarik bagi kebanyakan mahasiswa saat ini. Bidang ini memang sering diasosiasikan dengan pekerjaan kuno dengan prospek yang tidak semenarik jurusan lain. Namun benarkah anggapan seperti ini?

Potensi Kuliah Pertanian dan Bidang yang Bisa Dipilih

Perkembangan teknologi serta pergeseran tren karier saat ini membuat bidang pertanian justru lebih menarik di masa depan. Bidang pertanian sendiri menjadi salah satu sektor penting perekonomian di Indonesia  yang tercatat memiliki kekayaan alam dan komoditas pertanian serta peternakan melimpah. Dengan demikian, apabila Anda memang memiliki minat di bidang ini sebaiknya jangan disiakan. Berikut ini beberapa bidang pertanian yang mungkin cocok dengan kriteria Anda;

Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri) ‍

Prodi ini memfokuskan pada proses yang terjadi pada masa pasca panen atau dengan kata lain mempelajari cara mengolah hasil pertanian supaya dapat menghasilkan produk yang lebih berkualitas. Model pembelajaran yang diterapkan umumnya berbasis riset untuk menguasai kaidah penelitian yang sifatnya filosofis, aplikatif dan mandiri. Lulusannya bisa menjadi manajer produksi industri atau menjadi peneliti dan ahli teknologi pangan. ‍Program ini akan lebih cocok bagi Anda yang suka dengan Biologi, Fisika dan Ekonomi.

Peternakan ‍

Bidang ini akan mempelajari seputar ilmu dan teknologi pengembangan peternakan, industri peternakan hingga macam-macam kegiatan agrobisnis ramah lingkungan baik dari bidang ilmu, penelitian hingga penerapan. Mahasiswa akan mendapat pengetahuan teknologi terkait produksi, pakan, pengolahan hingga manajemen serta perencanaan usaha. Lulusan bisa saja menjadi ahli peternakan dan pengembangbiakan hewan ataupun peneliti hewan. Program ini akan lebih cocok untuk Anda yang suka dengan pelajaran Biologi.

Agroekoteknologi ‍

Cabang ilmu dari gabungan beberapa program studi dalam fakultas pertanian antara lain agronomi, ilmu tanah, ilmu hama dan penyakit tumbuhan yang intinya mempelajari dasar ilmiah untuk menemukan, menganalisa serta mencari solusi. Prospek karier yang bisa diambil dari jurusan ini misalnya peneliti tanah dan tumbuhan atau manajer pembibitan dan rumah kaca‍. Bidang lebih cocok  bila calon mahasiswa gemar dengan mata pelajaran Biologi dan Ekonomi.

Ilmu Tanah (Manajemen Sumberdaya Lahan) ‍

Sebagai bagian dari ilmu kebumian, program studi ini berguna dalam perencanaan serta pelaksanaan untuk pembangunan berkelanjutan dan upaya lain yang berhubungan dengan tanah. Ada banyak  bidang industri yang membutuhkan tenaga ahli dari bidang ini, sehingga peluang yang dimiliki para lulusan pun masih sangat cerah. Lulusan bisa saja menjadi ahli konservasi tanah dan air , peneliti geografi (kecuali Hydrilogist dan Geographer). ‍

Budidaya Perairan (Akuakultur) ‍

Akuakultur memang mirip dengan prodi Budidaya Perikanan, namun jangkauan Budidaya Perairan jauh lebih lebih luas dan tak hanya terbatas pada komoditas ikan semata sebab juga meliputi tumbuhan air dan kelestarian lingkungan. Prodi ini mempelajari ilmu pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan berbagai biota air laut dan air tawar mulai dari ikan, udang, tiram, rumput laut dan lain sebagainya.  Prospek kerja untuk lulusan inipun tak perlu diragukan mengingat luas wilayah Indonesia yang didominasi oleh perairan.

‍Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata ‍

Program studi ini menyajikan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang perlindungan serta pelestarian ekosistem hutan. Sementara proses pembelajaran dipusatkan kepada aktifitas penyelamatan, perlindungan, pengelolaan serta pemanfaatan sumberdaya hutan dengan lebih bijaksana demi kelestarian sumberdaya hutan. Metode pembelajaran yang digunakan umumnya akan meminta para mahasiswa untuk sering turun ke lapangan mengamati alam bebas.

Rekayasa Pertanian ‍

Bidang ini mengkombinasikan bermacam ilmu pertanian konvensional dengan prinsip rekayasa biosistem guna membangun serta mengelola pertanian. Jurusan ini akan mempelajari berbagai kompetisi teknis unggulan demi mengembangkan sistem pertanian secara berkelanjutan demi mencapai swasembada kebutuhan pokok serta meningkatkan kualitas hidup petani dan masyarakat. Lulusannya emiliki prospek karier antara lain sebagai peneliti tanah dan tumbuhan atau menjadi ahli teknik biologi.

Demikianlah beberapa jurusan pertanian yang layak untuk dipertimbangkan sebagai tujuan kuliah Anda di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *