Umum

Cari Tahu Tentang Rumah Adat di Indonesia

Di Indonesia banyak jenis Rumah Adat di Indonesia yang menarik untuk dilihat. Kamu mungkin sudah tahu sedikit tentang sebagian rumah adat yang ada di Indonesia. Rumah yang memiliki bentuk yang unik dan menarik untuk dilihat.jika kamu salah satu penggemar Home Decor pasti akan kaget dengan dekorasi yang dimiliki setiap Rumah Adat di Indonesia. Karena setiap rumah memiliki dekorasi yang berbeda-beda. Jika kamu yang tidak telalu tahu tentang Rumah Adat di Indonesia, artikel ini akan membantumu untuk mengetahui sedikit tentang Rumah Adat di Indonesia.

Macam-macam Rumah Adat di Indonesia

Untuk menambah wawasan yang kamu miliki tentang Indonesia, mari bahas mengenai Rumah Adat di Indonesia beserta asal daerahnya. Di bawah ini sudah ditunjukkan sebagian Rumah Adat yang ada di Indonesia:

  1. Rumah Gadang

Rumah yang pertama adalah rumah gadang atau terkadang disebut juga godang. Rumah ini berasal dari daerah Sumatra Barat. Gadang atau godang merupakan rumah adat Minangkabau yang masih bisa kamu jumpai di Sumatra Barat. Karena sampai sekarang rumah ini masih berdiri di Sumatra Barat. Rumah ini juga salah satu kebudayaan melayu yang cukup terkenal oleh sebagian orang yang mengetahuinya. Jika kamu berkunjung ke Malaysia mungkin kamu akan menemui sebagian rumah gadang. Kamu jangan menganggap kebudayaan Indonesia telah dicuri oleh Negara tetangga. Ini semua dikarenakan adat melayu yang sudah menyebar luas.

pxhere.com
  1. Rumah Limas

Rumah adat yang berasal dari Sumatra Selatan ini juga tidak kalah dengan yang lain. Ditambah daya tarik yang dimiliki oleh rumah ini. Apa kamu penasaran mengenai daya tarik yang dimiliki rumah ini? Jika kamu perhatikan atap rumah limas pasti tau apa daya tarik yang dimiliki rumah ini. Atap yang dimiliki rumah ini berbentuk limas, sehingga membuatnya terlihat berbeda dari rumah adat yang lainnya. Bentuk ini juga sesuai dengan nama rumah adatnya yaitu Rumah Adat Limas. Gaya arsitekturnya juga bagus dan menarik dengan lantai depan bertingkat yang terbuat dari kayu ulin dan tembesu.

  1. Rumah Joglo

Jika kamu suka berkunjung di daerah Jawa Tengah pasti tahu tentang rumah ada yang dimilikinya bukan? Rumah ada yang dimiliki daerah ini bernama Joglo. Rumah ini memiliki sebagian ruangan di dalamnya. Setiap ruangan juga memiliki fungsinya sendiri, sehingga jika kamu memasuki rumah adat yang satu ini harus tahu tujuanmu. Rumah ini memiliki ruangan utama yang bernama ruang dalem.

  1. Rumah Bolon

Rumah yang menjadi adat sukubatak di daerah Sumatra Utara. Jenis rumah adat ini sempat popular serta menjadi salah satu gaya arsitektur yang banyak ditempati oleh sebagian besar orang batak. Jenis yang dimiliki rumah bolon memang lebih dari satu, serta memiliki ciri khas tersendiri disetiap gaya rumahnya. Namun yang sangat disayangkan rumah bolon ini sekarang susah untuk ditemukan.

pxhere.com

Daftar Rumah Adat

Pada penjelasan sebelumnya hanya memperlihatkan sebagian Rumah Adat di Indonesia beserta penjelasannya. Untuk tahu lebih banyak tentang Rumah Adat Indonesia artikel ini memiliki daftar rumah adat serta daerah asalnya. Mungkin sebagian sudah ada yang kamu ketahui, karena sudah pernah dibahas di sekolah. Mulaia dari sekolah dasar pasti sudah ada penjelasan tentang rumah-rumah adat yang harus kamu ketahui. Berikut ini ada daftar Rumah Adat di Indonesia dan asal daerahnya:

  1. Mod Aki Aksa merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Papua Barat
  2. Dalam Loka merupaka Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat
  3. Baloy merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Kalimantan Utara
  4. Krong Bade merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam
  5. Panggung Kajang Leko merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Jambi
  6. Tanean Lanjhan merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Madura
  7. Nowou Sesat merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Lampung
  8. Selaso Jatuh Kembar merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Riau
  9. Bubungan Tinggi merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan
  10. Joglo Situbondo merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Timur
  11. Bangsal Kencono merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah DI Jogjakarta
  12. Kebaya merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah DKI Jakarta
  13. Rakit Limas merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Bangka Belitung
  14. Sunda merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat
  15. Tambi merupakan Rumah Adat Indonesia yang berasal dari daerah Sulawesi Tengah

Serta masih banyak lagi rumah adat yang ada di Indonesia yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa memberi pelajaran tambahan yang kamu miliki. Karena sebua wawasan yang luas dapat didapatkan dari mana saja. Baik dari pengalaman yang dijalani maupun orang lain. Pengalaman yang didapat dari orang lain mungkin berupa dari cerita atau melalui sebuah tulisan yang ada didalam buku. Dimana tulisan tersebut akan membantu penbacanya mengetahu sedikit wawasan yang diketahu oleh penulisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *