Umum

Perjalanan Untuk Mengenal Lebih Jauh Mengenai Sejarah Surabaya

Ada banyak hal bisa kita bahas mengenai kota Pahlawan, Surabaya dimana salah satunya adalah mengenai sejarah Surabaya yang layak untuk disimak. Mungkin hal yang satu ini sudah pernah anda dengar, yaitu Asal-usul nama kota Surabaya. Salah satu hal yang telah banyak diketahui adalah Surabaya yang merupakan perpaduan dari kata Sura (Suro) dan Baya atau Boyo yang artinya adalah buaya. Nama yang juga sering dikenal dengan Sura ing Baya tersebut ada maknanya lho. Paduan kedua kata tersebut berarti “ Berani Menghadapai Tantangan”. Jika ditilik dari sisi filosofi kehidupan, kata Surabaya ini menggambarkan warga Surabaya yang hidup di wilayah pantai atau antara darat dan laut. Suro yang menggambarkan kehidupan laut dengan Boyo yang menggambarkan kehidupan darat, namun keduanya dapat bertemu di muara sungai. Hal ini juga dapat diartikan bahwa warga Surabaya yang meskipun berasal dari dua tempat yang berbeda, namun tetap menyatu dalam sebuah bernama Surabaya.

            Surabaya dalam Negarakartagama

Sebenarnya nama Surabaya ini juga telah disebutkan dalam buku Negarakertagama yang telah ada pada tahun 1365. Selain dalam buku Negarakertagama, ada juga beberapa cerita dan sumber yang menceritakan mengenai sejarah Surabaya. Berikut beberapa sumber dan ceritanya:

pxhere.com
  1. Mitos Cura-bhaya

Yang pertama ada sebuah mitos tentang Cura-bhaya yang diterbitkan dalam sebuah buku kecil pada tahun 1983 oleh penerbit Balai Pustaka. Hasi tulisan dari Soenarto Timoer ini berisi tentang cerita rakyat dengan judul buku Menjelajahi Jaman Bahari Indonesia “Mitos Cura-Bhaya”. Dalam buku ini disebutkan bahwa haro jadi kota Surabaya itu diantara tahun 1334 an. Sebenarnya Soenarto Timoer juga mengacu pada Negarakertagama pupuh XVII:5. Menurut buku ini juga sejarah dari Surabaya tidak dapat dilepaskan dari nama Hujunggaluh, yang katanya merupakan nama dari Surabaya sebelum akhirnya diganti. Arto dari Hujunggaluh ini juga sepertinya berkaitan dengan lokasi kota Surabaya yang agak menjorok ke laut.

  1. Surapringga

Selain katanya memiliki nama awal Hujunggaluh, ternyata Surabaya juga pernah dikenal dengan nama Surapringga dalam sebuah cerita. Karena bagaimanapun cerita tentang asal usul nama Surabaya serta pergantian namanya dari Hujunggaluh menjadi Surabaya juga tidak terlalu jelas. Namun muncul pula cerita yang menghubungkan informasi pergantian nama ini berhubungan dengan cerita mitos pertarungan Sura dan Baya yang ternyata sudah dikenal sejak abad XII-XIII.

  1. Jung Ya Lu dan Suyalu

Pada tahun 1975, saat adanya penetapan perubahan hari jadi untuk kota Surabaya terjadi, lokasi kota Surabaya dengan asal nama Hujunggaluh ini juga sebenarnya masih terjadi perdebatan. Salah satu sumber perdebatan tersebut diantaranya adalah mengenai nama Junggaluh yang menurut Prof. Dr.N.J.Krom diperoleh dari sejarah Tiongkok. Pendapat lain dari Drs. Oei Soe Nio juga memperkuat pendapat tersebut. Drs. Oei yang merupakan dosen sejarah Tiongkok di Universitas Indonesia. Menurutnya, dalam ejaan China ada kata Sugalu disebutkan terkait nama Junggaluh. Menurut mereka, cara baca kata Sugalu ini adalah Jung Ya Lu. Jika ditelisik lebih dalam, maka akan ada banyak pendapat dan sumber yang menceritakan tentang asal-usul nama kota Surabaya ini. Dan untuk mengenal lebih banyak mengenai sejarah kota Surabaya, mungkin tidak ada salahnya untuk mengunjungi kota yang memiliki cuaca cukup panas ini.

pxhere.com

Jika berniat pergi liburan atau sekedar wisata sejarah ke Surabaya, anda bisa gunakan jasa mobil Travel Malang Juanda. Apalagi untuk yang baru pertama kali ke Surabaya, tentunya sedikit kebingungan untuk mengunjungi Surabaya. Dengan menggunakan jasa travel, perjalanan akan lebih terjamin, dan biaya perjalanan juga lebih hemat. Bagaimanapun, cara terbaik untuk mempelajari sejarah sebuah kota adalah dengan mengunjunginya. Contohnya saja dengan mengunjungi ebberapa tempat bersejarah yang merupakan tempat peninggalan budaya dari nenek moyang. Lagipula, tidak ada salahnya juga menikmati liburan di Surabaya yang memiliki banyak destinasi wisata.

            Bertandang ke Surabaya dengan Jasa Travel

 

Sebenarnya tak hanya ke Surabaya, jasa mobil travel banyak ditawarkan untuk memberikan jasa mengantarkan kita ke berbagai daerah di Indonesia terutama untuk wilayah Jawa. Nah, untuk yang berniat bertandang ke Surabaya dan mempelajari tentang sejarah Surabaya, apalagi yang baru pertama kali akan lebih baik jika menggunakan jasa travel. Selain menghindari nyasar, dengan jasa mobil travel juga membuat kita tidak kesepian selama di perjalanan meski bepergian sendirian. Sebenarnya dari Juanda ke Surabaya bisa juga menggunakan transportasi umum. Bagaimanapun, ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan jika menggunakan jasa mobil travel untuk bepergian, diantaranya:

  1. Tidak perlu kebanyakan transit

Tujuan setiap orang yang melakukan perjalanan berbeda-beda dalam sebuah transportasi umum, sedangkan tujuan dari transportasi umum telah ditentukan. Namun, jika menggunakan mobil travel, anda bisa turun sampai tempat tujuan yang anda inginkan.

pxhere.com
  1. Lebih nyaman

Selain itu, karena mobilnya memang merupakan armada untuk melakukan travel, maka kendaraannya pun jauh lebih nyaman.

  1. Lebih aman

Tidak seperti transportasi umum yang biasanya masih dimasuki oleh para pengamen yang terkadang merangkap menjadi pencopet, dalam mobil travel biasanya tidak ada hal tersebut. Apalagi keamanannya lebih terjamin, karena biaya mobil travel memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan bus mobil bus biasa ataupun kereta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *