teknologi

Mudahnya Membuat Website Menggunakan Server/Hosting

Menjelajahi internet memang merupakan aktivitas yang sudah lumrah dilakukan bagi setiap orang. Hal yang dilakukan di internet juga banyak macamnya, seperti menulis update di media sosial, menonton video hiburan maupun edukasi, membaca berita terkini, menulis jurnal, menulis review, sampai melakukan transaksi jual beli semua bisa dilakukan di internet. Dan untuk dapat mengakses itu semua, maka disediakanlah website atau situs web untuk laman tertentu yang dapat mempermudah pencarian kategori.

Website sendiri adalah suatu kumpulan laman internet yang saling terhubung dan dapat diakses dengan mengunjungi laman utama dari website tersebut. jika berbicara tentang website atau situs web tentu tidaklah luput dari Server/Hosting. Server/Hosting adalah dua hal yang berbeda. Server merupakan sistem komputer yang menyediakan layanan yang menghubungkan program komputer dan usernya. Layanan ini merupakan layanan di mana pengguna (internet) bisa mendapatkan segala informasi atau layanan tertentu yang disediakan oleh server jaringan. Sedangkan hosting adalah sebuah perangkat yang mengontrol segala jenis komunikasi di dalam suatu jaringan seperti dengan adanya malware scanning dan tempat penyimpanan database berupa data, tulisan, foto, alamat domain, dan lain sebagainya.

Dalam membuat website atau blog, terdapat dua hal pokok yang dibutuhkan yaitu hosting dan domain. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hosting merupakan sebuah perangkat yang mengontrol segala jenis komunikasi di dalam suatu jaringan, domain adalah nama atau alamat yang ingin Anda gunakan untuk website Anda. Jika diibaratkan, hosting merupakan sebidang tanah dengan luas tertentu. Sebidang tanah tersebut dapat dibangun menjadi rumah, toko, kantor, atau bangunan lain. Nah, bangunan yang hendak Anda bangun di atas bidang tanah tersebut adalah website. Katakanlah Anda membangun sebuah toko, maka tentu saja toko itu harus diberi nama dan alamat sehingga tidak ada klien yang salah datang maupun tersesat. Alamat atau nama toko inilah yang disebut sebagai domain. Klien atau pengunjung yang datang ke toko Anda jika dikaitkan dengan pembahasan website bisa merupakan orang yang mengakses website tersebut atau juga dapat berupa perangkat atau aplikasi yang digunakan seperti komputer maupun browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

pexels.com

Jenis Server/Hosting

Jenis Server/Hosting ternyata banyak macam tergantung fungsinya. Berikut adalah jenisnya agar penggunaaannya tidak tertukar:

  • Server
  1. Application Server

Server jenis ini memungkinkan pengguna atau user di dalam suatu jaringan untuk menjalankan sekaligus menggunakanya tanpa harus menginstall salinan aplikasi di perangkat yang dimilki. Dalam server aplikasi, yang bertindak sebagai klien adalah computer atau perangkat yang memiliki aplikasi web browser.

  1. Web Server

Server ini berfungsi untuk menyimpan segala data yang terdapat di dalam sebuah web seperti konten tulisan web, foto, domain, video, pengaturan, dan lain-lain. Web server bekerja dengan mengirimkan data atau tampilan yang diminta oleh klien dan kemudian ditampilkan di halaman website melalui browser. Yang menjadi klien di dalam server ini adalah komputer maupun perangkat yang memiliki aplikasi browser.

  1. FTP Server

Server jenis ini agak mirip dengan web server. Hanya saja jika menggunakan server FTP Anda bisa mengunggah data jenis apapun yang kemudian akan disimpan secara otomastis ke dalam database server FTP. Lalu jika kemudian ada orang lain yang ingin mengakses atau mengunduh data yang sudah Anda unggah sebelumnnya, server FTP akan memberikan akses agar orang tersebut dapat mengaksesnya.

  1. Communication Server

Jika perangkat yang Anda gunakan mampu mengakses banyak aplikasi maupun segala jenis provider yang memungkinkan Anda tetap bisa berkomunikasi, maka berterima kasihlah pada server yang satu ini. Server komunikasi merupakan sistem komputer yang beroperasi sebagai platform dengan cangkupan luas ke segala server. Yang menjadi klien dalam server ini adalah si pengguna komputer itu sendiri.

  1. Database Server

Server ini menyediakan segala jenis data yang dikumpulkan dari banyak jaringan atau website dan telah diklasifikasikan berdasarkan jenis dan kebutuhannya. Klien dalam server ini kebanyakan berupa aplikasi atau perangkat pengolah angka dan dokumen karena aplikasi atau perangkat tersebut membutuhkan banyak sekali data. Salah satu pengaplikasiannya adalah auto-saving di perangkat microsoft office.

  1. Game Server

Jika Anda suka bermain game pasti tidak asing lagi dengan yang namanya online multiplayer games. Multiplayer games memungkinkan kita untuk bermain satu game dengan lebih dari satu pemain. Hal seperti ini bisa terjadi karena adanya game server. Game server berfungsi untuk menghubungkan komputer atau perangkat lain yang dalam suatu jaringan sehingga multiplayer games dapat terjadi. Yang menjadi klien di dalam server ini adalah perangkat komputer, handphone, maupun konsol game.

  1. File Server

Server ini merupakan server yang menghubungkan file-file yang terdapat di perangkat Anda melalui melalui jaringan. Contohnya adalah ketika Anda ingin memindahkan file dari handphone ke komputer menggunakan kabel data atau jaringan internet. Atau ketika Anda ingin mengunggah maupun mengunduh media dari dan/atau media sosial. Yang bertindak sebagai klien di server ini adalah komputer yang memiliki program terhubung oleh jaringan.

  1. Mail Server

Di zaman digital seperti ini surat berbentuk fisik mulai kehilangan popularitasnya dan mulai digantikan dengan surat elektronik ataupun email.  Email memungkinkan kita untuk mengirim pesan hanya dalam waktu yang singkat, tidak seperti surat fisik yang membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk sampai di penerima. Komunikasi yang cepat seperti inilah yang difasilitasi dengan adanya mail server. Yang menjadi klien dalam server ini tentu saja si pengirim maupun penerima email tersebut.

  1. Media Server

Hobi menonton film namun tak ada waktu untuk pergi ke bioskop? Maka layanan streaming lah jawabannya. Film-film atau lagu yang kita tonton dan dengar dihubungkan menggunakan jaringam berupa layanan streaming dan membuat kita dapat langsung menikmatinya tanpa harus mengunduh media tersebut terlebih dahulu. Perangkat user yang dilengkapi dengan monitor dan perangkat audio merupakan klien di dalam server ini.

  1. Proxy Server

Server ini berfungsi untuk mengatur dan mengawasi proses pencarian di internet. Ketika kita memasukkan kata kunci tertentu di laman pencarian internet, maka server inilah yang memberikan hasil pencarian dari kata kunci tersebut. segala perangkat yang terhubung dengan koneksi internet adalah klien di dalam server ini.

pexels.com
  • Hosting

Setelah mengetahui jenis-jenis server, berikut adalah jenis-jenis hosting:

  1. Shared Hosting

Hosting jenis ini merupakan jenis hosting yang tepat untuk para pemula yang ingin membuat website. Sistem hosting ini adalah berbagi, yang mana berarti di dalam satu server terdapat beberapa website, termasuk website Anda. Karena menggunakan sistem berbagi, maka biaya untuk hosting ini relative terjangkau. Kelemahan server ini adalah ruang server yang terbatas. Jika di dalam server terdapat terlalu banyak website, maka website Anda akan menjadi lambat untuk diakses dan akan berimbas kepada website lain di dalam server yang sama.

  1. VPS Hosting

VPS merupakan abreviasi dari Virtual Private Server. Meskipun menggunakan sistem berbagi seperti shared hosting, VPS hosting lebih stabil. Hal itu dikarenakan oleh satu server yang dibatasi hanya untuk beberapa website saja sehingga tidak terjadi ‘kemacetan’ yang mengakibatkan satu website menjadi lambat untuk diakses.  VPS hosting mengatur limit untuk pengaksesan website, sehingga apabila viewers website Anda melebihi batas, website Anda akan menjadi sedikit melambat namun hal ini tidak membuat website lain di dalam server yang sama mengalami perlambatan.

  1. Dedicated Hosting

Hosting jenis merupakan hosting favorit yang biasa digunakan dalam pembuatan website yang jumlah pengunjungnya dapat membludak dengan cepat karena hosting ini menyediakan satu server untuk website Anda sendiri sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan perlambaan akses website Anda yang disebabkan oleh jumlah website yang melampaui batas. Dengan kelebihan ini, tentu membuat harga Dedicated Hosting lebih mahal jika dibandingkan hosting satu server dengan banyak website. Jika Anda ingin menggunakan hosting ini untuk membuat website, maka pastikan Anda sudah mengerti tentang komputer dan seluk-beluknya terutama tentang server. Karena Anda harus membuat web server, portal penghapus malware, dan keamanan website. Jika Anda masih belum paham tentang seluk-beluk server, maka Anda bisa merekrut seorang admin server.

  1. Cloud Hosting

Cloud hosting mungkin masih banyak belum dijual di beberapa tempat penyedia hosting. Cloud hosting dapat menghubungkan website yang Anda buat dengan gabungan beberapa server, sehingga website Anda dapat diakses lebih banyak orang dengan mudah. Salah satu keuntungannya yang lain adalah jika website Anda menggunakan hosting dengan 1 server untuk banyak website, biasanya jika terjadi pembludakan jumlah viewers, maka website Anda dan bahkan website lain di dalam server tersebut akan melambat atau bahkan down. Namun dengan cloud hosting, jika website Anda mendapat jumlah viewers yang melebihi batas, servernya akan mengatur lonjakan tersebut tanpa harus membuat akses website Anda menjadi lambat atau bahkan membuatnya menjadi down.

  1. Colocate Hosting

Jenis hosting yang satu ini terbilang memiliki sistem yang unik. Dengan menggunakan hosting jenis ini, Anda harus menyewa ‘tempat’ di suatu server, yang mana nanti Anda sendirilah yang membuat perangkat penunjang agar dapat membuat hosting. Dengan begini, Andalah yang memiliki kendali penuh terhadap perangkat yang Anda miliki dan juga penyimpanan database.

pexels.com

Membuat Website atau Blog Menggunakan Server/Hosting

Segala informasi yang kita dapatkan dari internet disediakan di dalam bentuk website. Banyak sekali jenis website yang ada di laman internet, seperti media sosial, situs toko jual beli online, portal berita online, blog yang berisikan jurnal maupun karya dan portfolio seseorang, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin membuat website, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Tentukan Konten

Website atau blog memiliki fungsi dan kontennya masing-masing. Apakah Anda ingin membuat website atau blog untuk berbisnis? Atau untuk menaruh karya-karya Anda agar kelak dapat dijadikan portfolio? Dengan menentukan konten yang ingin Anda masukkan ke dalam website atau situs  maka akan mempermudah Anda untuk merancang desainnya.

  1. Registrasikan Domain atau Alamat Situs

Hal ini menjadi salah satu langkah yang krusial karena siapa cepat dia dapat. Jika Anda tidak buru-buru mendaftarkan nama domain Anda, maka besar kemungkinan nama domain yang Anda inginkan dapat diambil oleh orang lain yang lebih dahulu mendaftar. Sebagai tips, jika Anda berencana untuk membuat sebuah website namun masih belum memutuskan konten apa yang tepat, langsung saja daftarkan nama domainnya agar tidak diambil orang lain.

  1. Pilih Web Hosting yang Tepat

Terdapat berbagai jenis hosting dengan rentang harga yang berbeda serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari tiap jenis hosting. Sesuaikan apa yang menjadi prioritas dan kebutuhan Anda dalam membuat website dengan hosting yang tepat untuk itu. Apakah satu server dengan jumlah website yang banyak adalah yang terbaik untuk Anda, atau satu server untuk website Anda sendiri?

  1. Pilih Platform

Setelah mendaftarkan domain dan memilih jenis web hosting, saatnya memilih platform yang akan Anda gunakan untuk membuat website. Terdapat banyak sekali pilihan platform yang bisa Anda gunakan, beberapa di antaranya bahkan ada yang bersifat gratis. Jika Anda tidak mau menggunakan jenis platform yang sudah ada, Anda bisa membuat website sesuai dengan setelah yang Anda inginkan dengan menggunakan website builder.

  1. Buat Konten

Setelah website sudah selesai dibuat, rancanglah konten apa yang ingin Anda masukkan ke dalam website tersebut. Apakah Anda akan menulis konten itu sendiri atau menyewa jasa penulis konten. Ketahui juga kiat-kiat menulis sehingga banyak yang tertarik untuk mengunjungi website Anda.

pexels.com
  1. Siapkan Strategi Pemasaran

Jika ingin membuat website Anda banyak dikunjungi, maka Anda harus rajin mempromosikan website Anda. Untuk mempromosikan sesuatu tentu harus dipikirkan strateginya, jika Anda terus-terusan mempromosikan website kepada orang-orang dengan cara yang tidak mengenakkan, maka kecil kemungkinan website Anda akan mendapat banyak pengunjung dan kemudian akan ‘mati’. Salah satu cara promosi konten adalah melalui google. Namun Anda harus melakukan beberapa optimasi dulu. Agar lebih praktis, bisa memesan jasa PBN pushrank.id.

Terlepas dari budget, untuk membuat website atau blog hanya diperlukan waktu yang singkat dengan mengandalkan Server/Hosting juga domain. Dengan membuat website atau blog Anda dapat mengembangkan ide usaha atau hobi Anda dan dapat dilihat oleh banyak orang terlebih dalam usaha bisnis. Anda tidak perlu membuang tenaga dan waktu untuk mempromosikannya dari rumah ke rumah. Hanya dengan mengirimkan alamat website atau domain, semua orang sudah bisa mengakses dan mengunjungi website ini.

Membuat website atau blog memang perkara mudah, apalagi dengan sudah banyaknya toko baik online maupun offline yang menyediakan hosting sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Bahkan Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam membeli hosting dengan menggunakan kode promosi Niagahoster di beberapa tempat. Selain mengetahui jenis Server/Hosting yang tepat, pastikan website Anda mudah diakses ataupun dicari dengan menggunakan alat pencari seperti Google, Yahoo, maupun Mozilla.

Jika Anda tidak begitu mengerti tentang seluk-beluk komputer, terutama perihal server jaringan, jangan ragu untuk meminta bantuan dengan cara mempekerjakan seorang admin server atau berkonsultasi dengan ahlinya karena website yang tidak terlihat profesional lambat laun akan kehilangan target pasarnya. Selain itu Anda juga  harus memperbarui konten Anda secara teratur agar para pengunjung tidak merasa bosan dengan konten yang itu-itu saja. Hal penting lainnya adalah jangan lupa untuk memasukkan detail kontak Anda di website, karena siapa tahu akan ada klien yang tertarik untuk bekerja sama setelah melihat konten yang diunggah di website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *