Islam

Keistimewaan Surat Maryam Untuk Wanita Hamil

Allah memberikan petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dengan baik melalui surat-surat yang ada di dalam Al Quran. Kitab suci umat islam atau nama lain Al Quran ini banyak menjadi identitas lain yang disandang oleh Al Quran. Dengan Al Quran manusia akan bisa menjalani kehidupan dengan baik dan lurus serta tidak akan mudah terjerumus dalam jebakan setan yang akhirnya hanya akan membuat mereka sebagai kaum yang merugi. Bagi umat islam seluruh surat yang ada dalam Al Quran merupakan rambu-rambu dan aturan yang harus dipatuhi untuk mendapatkan jalan kehidupan yang diridhoi oleh Allah.

Melalui Al Quran kita bisa tahu bagaimana seharusnya kita bersikap sebagai umat yang berakhlak, manusia yang beriman dan manusia yang menghargai kehidupan lain yang ada di dunia. Banyak orang yang tersesat dan akhirnya masuk dalam kenikmatan dunia yang sebenarnya hanya bersifat fana dan sementara serta banyak juga manusia yang menjalani kehidupan hanya berdasarkan nafsu yang mereka miliki saja. Pada akhirnya hal ini akan menjadikan manusia memiliki pribadi yang tamak, serakah, sombong dan tidak bisa mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Kita pastinya tidak ingin menjadi golongan manusia yang akan merugi di akhirat karena hanya menjalani kehidupan berdasarkan nafsu duniawi dan melupakan Al Quran sebagai pedoman hidup yang paling utama bagi seorang muslim. Al Quran akan memberikan kita banyak petunjuk dan  penjelasan untuk menjadi manusia yang disukai oleh Allah dan manusia yang mampu hidup seimbang antara dunia dengan akhirat salah satunya melalui Surat maryam dan berbagai surat pendek yang ada di dalam Al Quran.

Mulai dari masalah hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan sesama makhluk hidup yang ada di dunia ini, perilaku ekonomi manusia, bagaimana manusia harus bersikap dan bagaimana manusia bisa memiliki akhlak yang mulia semua telah dijelaskan dengan panjang dan jelas melalui ayat-ayat yang ada di dalam Al Quran. Untuk itu jangan hanya membaca Al Quran sebagai sebuah tuntutan yang akhirnya kita tidak memahami dengan baik setiap ayat yang kita baca. Namun posisikan membaca Al Quran sebagai aktivitas yang kita butuhkan. Dimana kita tidak hanya sekedar membaca Al Quran tetapi kita juga memahami makna dari setiap ayat yang kita baca dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sayangnya sekarang ini banyak orang yang mulai meninggalkan pedoman utama umat islam ini karena terlalu sibuk mengejar urusan dunia. Meskipun banyak muslim atau muslimah yang dapat membaca Al Quran dengan lancar namun hanya sedikit dari mereka yang tahu dan paham betul dengan makna dan isi dari ayat yang ada di dalam Al Quran. Tidak heran juga jika saat ini ada banyak manusia yang mulai kehilangan pegangan hidup dan nilai-nilai islam dalam diri mereka. Sesungguhnya kemampuan mendalami makna dan isi setiap ayat yang ada di dalam Al Quran adalah salah satu kemuliaan yang bisa membawa manusia untuk menjalankan kehidupan yang sesuai dengan yang telah ditentukan oleh Allah dan manusia juga bisa mendapatkan kesuksesan dalam menjalankan hidup. Untuk itu kita perlu memulai langkah untuk mendalami makna ayat-ayat Al Quran dengan terlebih dahulu belajar tentang makna dan keistimewaan surat pendek bagi manusia. Dimulai dari terjemahan dan keistimewaan Surat maryam bagi wanita yang dalam kondisi hamil atau mengandung.

 

pexels.com

Terjemahan Dari Surat Maryam

Surat maryam adalah salah satu surat yang banyak dianjurkan untuk di baca oleh wanita yang sedang dalam keadaan hamil. Tentu saja ada alasan mengapa surat maryam ini banyak dianjurkan untuk dibaca dan diamalkan oleh wanita yang sedang dalam kondisi hamil. Tapi sebelum menjelaskan tentang keistimewaan surat maryam bagi wanita hamil maka berikut adalah terjemahan 20 ayat surat maryam dari 98 ayat yang ada di surat maryam:

  1. Kaf ha ya ‘ain Shod
  2. Yang dibacakan ini merupakan penjelasan tentang rahmat Tuhanmu kepada hambanya, Zakaria.
  3. Ketika dia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut
  4. Dia (Zakaria) berkata: “ Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku-
  5. Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabatku sepeninggalanku, padahal istriku seorang yang mandul, maka anugerahilah aku seorang anak dari sisi-Mu-
  6. Yang akan mewarisi aku dan mewarisi dari keluarga yakub, dan jadikanlah dia seorang yang diridhoi”
  7. “ Wahai Zakaria! Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki namanya Yahya, yang kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya.”
  8. “ Ya Tuhanku, bagaimana aku akan mempunyai anak, padahal istriku seorang yang mandul dan aku sesungguhnya telah mencapai usia yang sangat tua?”
  9. “ Demikianlah” Allah berfirman “ Hal itu mudah bagi-Ku, sungguh, engkau telah aku ciptakan sebelum itu, padahal (pada waktu itu) engkau belum berwujud sama sekali”
  10. “ Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda”. Allah berfirman, “Tandamu ialah engkau tidak bisa bercakap-cakap dengan manusia selama 3 malam, padahal engkau sehat”
  11. Maka ia keluar dari mihrab menuju ke kaumnya, lalu dia memberi isyarat pada mereka, bertasbihlah kamu pada waktu pagi dan petang.
  12. “ Wahai Yahya ambillah kitab (taurat) itu dengan sungguh-sungguh” dan kami berikan hikmah kepadanya (Yahya) selagi dia masih kanak-kanak,
  13. Dan (kami jadikan) rasa kasih sayang (kepada sesama) dari kami dan bersih (dari dosa). Dan diapun seorang yang bertakwa
  14. Dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya, dan dia bukan orang yang sombong (bukan pula) orang yang durhaka.
  15. Dan kesejahteraan bagi dirinya pada hari lahirnya, dan pada hari dia dibangkitkan hidup kembali.
  16. Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah maryam di dalam kitab Al Quran, ketika ia mengasingkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur (Baitulmaqdis),
  17. Lalu dia memasang tabir (yang melindunginya) dari mereka, lalu kami mengutus roh kami (jibril) kepadanya, maka ia menampakkan diri di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna.
  18. Dia (Maryam) berkata, “Sungguh, aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih terhadapku, jika engkau orang yang beriman.”
  19. Dia (jibril) berkata, “ sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak laki-laki yang suci.”
  20. Dia (Maryam) berkata, “ Bagaimana mungkin aku mempunyai anak laki-laki, padahal tidak pernah ada orang yang menyentuhku dan aku bukan seorang penzina!”

Terjemahan 20 ayat dari 98 ayat yang ada di surat maryam tersebut bisa menjadi pengantar dan pembuka pemikiran kita mengapa surat maryam merupakan surat yang dianjurkan dibaca dan diamalkan oleh perempuan yang sedang dalam kondisi hamil.

pexels.com

Keistimewaan Melantunkan Surat Maryam Saat Hamil

Setelah tahu makna dari sebagian ayat yang ada di Surat maryam maka kita bisa melanjutkan pembahasan kita tentang berbagai keistimewaan dan manfaat melantunkan surat maryam bagi wanita yang sedang dalam keadaan hamil atau mengandung. Beberapa keistimewaan dan manfaat surat maryam untuk ibu hamil adalah:

  1. Menambah keimanan, ibu hamil dan anak yang sedang dikandung dapat meneladani kisah keimanan Maryam dan Isa anak laki-laki yang dianugerahkan melalui malaikat jibril.
  2. Membaca surat maryam juga menjadi salah satu amalan istigfar yang bisa dilakukan ibu hamil agar senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan serta mendapatkan keberkahan dalam menanti proses kelahiran.
  3. Membaca surat maryam juga menjadi harapan dari seorang ibu untuk mendapatkan anak yang sholeh dan sholehah serta memiliki budi pekerti yang baik.
  4. Membaca surat maryam bisa membuat ibu hamil memahami tanda-tanda kebesaran Allah. Karena tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah dan memahami jika kehamilan adalah salah satu tanda kebesaran dari Allah SWT.
  5. Membaca surat maryam juga bisa membuat ibu hami senantiasa berprasangka baik pada apa yang terjadi dan dialami oleh mereka selama menjalani proses kehamilan dan proses persalinan.
  6. Surat maryam juga berisi peringatan agar ibu hamil dan anak yang dikandung harus memiliki ketaatan, keimanan dan perilaku yang baik agar tidak akan menjadi golongan yang menyesal di akhir jaman.
  7. Surat maryam bisa menjadi doa dan harapan dari seorang ibu agar jika anak yang dikandungnya adalah anak perempuan bisa menjadi anak perempuan yang sholehah dan senantiasa taat pada aturan agama.
  8. Ibu hamil harus bisa sabar dalam menghadapi masa kehamilan yang sulit. Dengan membaca surat maryam ibu hamil dapat meneladani kisah maryam yang begitu sabar mengandung, melahirkan dan merawat bayinya.
  9. Membaca surat maryam akan membuat ibu hamil tahu jika Allah akan selalu mendengar permintaan umatnya. Sehingga saat terjadi kesulitan pada masa kehamilan ibu hamil hanya harus berdoa dan meminta kepada Allah SWT.
  10. Berisi kisah maryam perempuan sholehah dalam menjalankan masa kehamilan, melahirkan dan merawat bayi Isa As. Dari kita maryam ibu hamil dapat mencontoh ketaatan, keihklasan dan kesabaran yang dimiliki oleh maryam.
pexels.com

Bagi ibu hamil bisa menjalani masa kehamilan dengan sabar dan ikhlas serta bisa melaksanakan kelahiran dengan lancar menjadi keinginan yang paling utama. Untuk itu senantiasa melakukan amalan istighfar dengan membaca surat maryam adalah salah satu yang bisa dilakukan. Apalagi dalam Surat maryam ada kisah wanita sholehah dan kebesaran Allah SWT serta kisah maryam dalam menjalankan masa kehamilan dan kelahiran dengan ikhlas dan sabar bisa menjadi tauladan bagi ibu hamil.

Membaca surat maryam juga menjadi harapan bagi seorang ibu untuk mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah serta memiliki budi pekerti yang baik. Untuk itu membaca surat maryam banyak dianjurkan untuk dilakukan oleh para wanita yang sedang dalam keadaan hamil. Karena ada banyak manfaat dan keistimewaan yang akan didapatkan perempuan yang sedang dalam keadaan hamil jika membaca surat maryam secara rutin serta memahami dan mengamalkan apa yang dijelaskan di dalam surat maryam. Insyaallah surat maryam dapat memberikan tauladan kisah yang baik dari seorang perempuan sholehah dan menggambarkan salah satu kebesaran Allah yaitu memberikan keturunan dan kehamilan bagi wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *