Islam

12 Syarat Umroh yang Harus Dipenuhi Sebelum Keberangkatan

Dalam menjalankan perjalanan umroh, banyak hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya dibutuhkan fisik dan rohaniah. Namun selain itu, perlu dipersiapkan beberapa persyaratan administratif. Bentuknya beragam, namun sangat mudah untuk dipersiapkan. Sudahkah anda mempersiapkan syarat umroh yang dibutuhkan? Jika belum, siapkan segera dan serahkan pada travel. Namun hal ini hanya dapat dilakukan jika telah mengetahui persyaratan yang dibutuhkan. Lantas, bagaimana jika belum mengetahuinya?

 

Jika anda belum mengetahui syarat yang dibutuhkan, sebaiknya tanyakan pada travel tentang persyaratannya. Biasanya persyaratan yang dibutuhkan tidaklah terlalu rumit, namun jika tidak disiapkan tentunya akan menyulitkan. Satu hal lain yang perlu diketahui, bahwa setiap travel dan promo umroh solo memiliki syarat masing-masing. Karenanya penting mengetahui, syarat-syarat yang dibutuhkan oleh travel yang diikuti. Sedangkan persyaratan umumnya, dapat ditemukan di sini

 

unsplash.com

Syarat Umroh yang Harus Dipenuhi

Inilah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum keberangkan menuju Tanah Suci. Jika terdapat kekurangan, segera lengkapi agar tidak ada hambatan. Berikut ulasannya,

  1. Paspor Asli

Saat melakukan keberangkatan, jamaah Indonesia sangat membutuhkan paspor. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah paspor asli yang berisi 48 halaman. Di dalamnya, terdapat data anda sebagai jamaah. Serta, perhatikan apakah paspor yang dimilikki masih dapat digunakan sampai 8 bulan sebelum keberangkatan.

  1. Fotokopi Kartu Keluarga

Data berikutnya yang dibutuhkan adalah fotokopi kartu keluarga. Siapkan data ini beberapa lembar sebagai data simpanan. Terlebih lagi, jika anda akan berangkat dengan keluarga besar, fotocopy KK akan sangat dibutuhkan. Pastikan kembali, bahwa nama yang tertera di KK sama dengan nama yang tertera pada paspor.

  1. Fotokopi KTP

Sebagai orang dewasa dan warga negara, tentunya anda telah memiliki KTP. Dalam mendaftar sebagai jamaah, dibutuhkan fotokopi KTP. Siapkan beberapa lembar, karena travel akan meminta beberapa sebagai cadangan data. Cek kembali apakah nama dan data yang tertera di KTP sudah sesuai dengan data-data yang lainnya.

unsplash.com
  1. Surat Nikah

Bagian yang satu ini hanya berlaku untuk anda yang telah menikah. Dengan catatan, bahwa istri masih dibawah 45 tahun dan melakukan keberangkatan bersama-sama. Surat nikah yang diberikan haruslah surat nikah asli. Jadi, disarankan untuk membawanya saat keberangkatan untuk mencegah terjadinya fitnah.

  1. Akta Kelahiran

Selanjutnya dibutuhkan sebuah akta kelahiran untuk anak-anak yang berusia dibawah 18 tahun. Akta juga dibutuhkan untuk anak laki-laki yang berangkat dengan ayahnya serta perempuan dibawah 45 tahun. Simpanlah beberapa lembar kopian sebagai data pegangan, jika nanti dibutuhkan di imigrasi.

  1. Kartu Kuning Vaksin

Bagian selanjutnya adalah mempersiapkan kartu kunik vaksin. Vaksin ini harus dijalankan sebelum anda melakukan keberangkatan. Cara mendapatkannya mudah, yaitu mendatangi kantor kesehatan di bandara. Bawa fotocopi paspor serta foto. Setelahnya, jamaah akan diberikan kartu kuning telah melakukan vaksin meningitis.

  1. Foto Berwarna

Siapkan pula foto terbaru berwarna dengan latar belakang berwarna putih. Perlu diingat bahwa berfoto tidak diperbolehkan dengan seragam dinas. Untuk perempuan, diharus menggunakan kerudung dengan warna. Foto kemudian dicetak dengan ukuran 4×6 dan 3×4. Disarankan untuk mencetaknya dalam jumlah besar untuk simpanan selama perjalanan.

unsplash.com
  1. Berangkat dengan Pendamping

Terakhir, anda yang telah berusia 60 tahun diharuskan berangkat dengan pendamping. Dalam hal ini, persyaratan juga berlaku jika jamaah dalam keadaan sakit. Pendamping dibutuhkan jika sewaktu-waktu jamaah membutuhkan bantuan dan dalam keadaan darurat. Jika tidak ingin menyulitkan orang lain, sebaiknya berangkat dalam keadaan sehat.

  1. Biaya Umroh

Setiap biaya yang dikeluarkan untuk umroh, tentunya berbeda. Untuk itu, anda harus mengetahui berapa besar dana yang harus dikeluarkan untuk umroh. Perbedaan harga yang dikeluarkan tergantung pada fasilitas yang diinginkan selama perjalanan. Semakin banyak fasilitas yang diinginkan, maka semakin mahal pula dana yang dikeluarkan.

  1. Dana Tambahan

Selama melakukan perjalanan, anda mungkin saja membutuhkan dana lebih. Dana lebih dibutuhkan untuk membeli peralatan ataupun membeli oleh-oleh. Sebenarnya travel akan memberikan dana untuk jamaah. Namun jika kurang, inilah waktunya jamaah mengeluarkan dana lebih secara mandiri. Jadi, disarankan untuk tidak berbelanja secara berlebihan.

  1. Beragama Islam

Mungkin bagian ini sangat mudah disampaikan oleh banyak orang. Namun sangat berarti jika dimaknai secara dalam. Artinya, jika anda akan menjalankan umroh, bersiaplah untuk melakukan semua rukum islam dengan baik. Serta, mencerminkan bahwa diri merupakan muslim sejati dan menunjukkan nilai-nilai positif selama menjalankan aktivitas harian.

unsplash.com
  1. Merdeka

Pada beberapa travel, persyaratan ini sering disampaikan. Dalam hal ini meredak memiliki arti bahwa anda bukanlah budak. Melainkan orang yang merdeka dan tidak dalam tekanan pihak manapun. Jika masih membutuhkan tambahan informasi tentang hal ini, sebaiknya cari tahu lebih dalam melalui travel. Sehingga didapatkan pengetahuan lebih jelas tentang poin ini.

 

Apakah semua persyaratan sudah anda milikki? Jika belum, sebaiknya siapkan persyaratan segera. Jangan sampai terdapat satu poin syarat umroh yang terlewat. Karena jika persyaratan administratif terlewat, mungkin ibadah tidak dapat dijalankan atau terhambat. Tidak ingin hal ini terjadi bukan? Sebaiknya segera persiapkan sejak dini dan nikmati perjalanan ibadah anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *