pendidikan

Tips Mendapatkan Skor Tinggi pada Tes Toefl

Toefl menjadi sesuatu yang penting untuk menjadi syarat baik melanjutkan kuliah atau beberapa instansi juga membutuhkannya sebagai syarat lamaran pekerjaan. Oleh karena itu, dapat dikatakan jika toefl merupakan masa depan Anda. Terlebih saat ini, banyak universitas yang membuka beasiswa unggulan.

Namun persyaratannya harus memiliki sertifikat toefl dengan nilai maksimum yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkannya dari dini agar bisa mencapai passing grade yang telah ditentukan oleh masing-masing lembaga. Sebab untuk mencapainya tentu tidak semudah yang dibayangkan.

Terlebih bagi Anda yang kurang menguasai bahasa Inggris yang baik dan benar. Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk bisa memperoleh skor tinggi sebelum melakukan tes toefl. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Les Toefl

Oleh sebagian orang yang belum mahir dalam pengetahuan bahasa Inggris akan sangat disarankan untuk mengikiti les atau bimbel Toefl. Sebab pengetahuan tentang bahasa Inggris adalah hal yang paling berpengaruh tidak hanya kosak kata tetapi juga struktur dan cara pengucapannya.

Jika tidak sempet untuk mengikuti bimbel melalui lembaga, Anda bisa belajar online dengan memahami kisi-kisi ataupun jenis soal yang tersedia di internet. Bisa juga dengan belajar melalui aplikasi belajar online seperti edutore yang dirancang oleh Gramedia.

  1. Manfaatkan Waktu untuk Mempersiapkan Tes Toefl dengan Sebaik-baiknya.

Setelah Anda memutuskan untuk mengikuti tes, sebaiknya Anda persiapakan materinya dengan sebaik-baiknya. Bila memungkinkan, bisa dengan bimbel atau memilih untuk belajar mandiri sesuai dengan kemampuan diri masing-masing. Atau dengan belajar bersama teman yang juga ingin mengikuti tes.

stocksnap.io
  1. Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris

Karena tes ini tergolong sulit, terlebih bagi Anda yang masih kesusahan dengan bahasa Inggris. Maka, jangan menunggu mendekati hari tes tetapi asahlah kemampuan bahasa Inggris jauh sebelum itu. Berbagai media pembelajaran seperti menonton film, mendengarkan musik dan sering membaca yang berhubungan dengan bahasa Inggris.

Sehingga dapat memberikan manfaat seperti pemahaman saat membaca, menulis atau mendengarkan bahasa Inggris. Seperti yang diketahui, karena antara tulisan dengan bacaan itu berbeda tidak seperti bahasa Indonesia.

  1. Memperbanyak Pembenahan Kosak Kata

Tips yang selanjutnya yaitu memperbanyak kosak kata. Karena untuk menyelasaikan ujian Toefl, hal yang terpenting adalah mengetahui arti dari setiap kosak kata. Dengan begitu, Anda dapat secara mudah memahami soal apa yang ditanyakan. Selain itu, kosak kata juga menjadi perhitungan dalam toefl.

  1. Mengetahui Kelemahan Anda

Kelemahan yang dimaksud di sini yaitu tentang jenis atau karakter soal yang Anda lemah untuk bisa menyelesaikannya. Dengan mengetahui kelemahan, maka sebelum tes Anda bisa memfokuskannya dan belajar lebih keras lagi.

stocksnap.io
  1. Manajemen Waktu Belajar

Jika tidak mengikuti les atau bimbel, Anda bisa belajar gratis dengan pemahamannya sendiri dan bantuan dari internet. Adanya manajemen waktu untuk belajar maka akan semkain tertata dan lebh fokus. Untuk setiap perkembangan pembelajaran Anda, cobalah untuk mencatatanya.

  1. Mengetahui Kunci Lulus Toefl di Setiap Karakter Soal

Pada ujian toefl, ada beberapa tipe atau karakter soal yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kuncinya agar mendapatkan skor tinggi. Karakter soalnya yang ada seperti Listening Comprehension, Structure aand Written Expression dan Reading Comprehension.

Pada listening comprehension, biasanya adalah tipe soal yang cukup ditakuti oleh para peserta. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui perintah pada masing-masing part. Partnya sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu short conversation, longer conversation dan talk.

Kemudian, untuk kunci sukses pada structure and written seperti soal umum lainnya. Yaitu kerjakan soal-soal yang Anda anggap paling mudah. Selain itu, tidak boleh terpengaruh dengan bacaan, harus tetap memperhatikan soal atau perintahnya. Jika tidak terdapat bagian yang digaris bawahi maka bacalah secara lengkap pertanyaan.

Jika semua cara sudah dilakukan, maka cobalah Anda memahami tentang jenis kalimat sesuai dengan struktur. Atau cocokan dengan kata yang sesuai dengan pola kalimat. Jika memang Anda tidak mengetahui makna aslinya, karena sejatinya yang dibutuhkan disini adalah jenis atau pola kalimatnya.

Begitu juga dengan Reading Comprehension langsung menuju pada pertanyaan. Tidak perlu membaca keseluruhan teks, karena akan membuang waktu begitu saja. Selain itu juga akan lebih efektif dan juga efisien untuk menyelesaikan soal secara akurat dan tepat.

stocksnap.io
  1. Persiapkan Semuanya sebelum mengikuti tes

Sebelum hari tes, pastikan jika dokumen Anda sudah lengkap dan tidak ada satupun yang terlewat. Dengan begitu, persiapkan sebelum berangkat tesdan jangan dadakan. Sehingga akan mengurangi tingkat kecemasan dan tidak menjadi kosentrasi pudar.

  1. Istirahat yang Cukup dan Jaga Kesehatan

Tips yang terakhir adalah selalu menjaga kesehatan, sebab jika tidak dalam keadaan sehat maka akan mengurangi kosentrasi belajar Anda. Sehingga pastikan Anda tidur dengan cukup, makan teratur dan perbanyak minum susu dan air putih.

Seperti itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa mendapatkan skor yang tinggi dalam mengikuti ujian Toefl. Karena skor tersebut akan sangat berpengaruh terhadap masa depan Anda. Untuk menghemat biaya, ikutilah tes atau ujian toefl secara gratis yang disediakan oleh beberapa lembaga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *