Umum

Kenali! Ini 7 Jenis Truk Angkutan Barang

 

Anda pasti pernah melihat truk angkutan barang, bukan? Namun begitu, tahukah Anda jika jenisnya berbeda?

Sekarang ini, truk banyak digunakan untuk pengangkutan barang. Entah itu oleh bisnis ataupun pribadi. Karenanya, jasa angkutan barang dengan truk kini menjadi bagian dari sistem transportasi. Yang mana memudahkan dalam pengiriman barang. Nah, tahukah Anda apa saja jenis truknya?

Jenis Truk Angkutan Barang

Adapun jenis-jenis truk yang umum digunakan mengangkut barang, antara lain ialah:

  1. Truk Colt Diesel Engkel

Sering disebut truk engkel atau disingkat CDE. Truk ini mempunyai total 4 roda. Yakni 2 di bagian depan dan 2 lainnya di bagian belakang. Dengan memiliki bak atau box terbuka sekitar 3 meter-an.

Kapasitas daya angkut truk maksimal dibawah 5 ton. Karenanya, truk CDE umum dipakai mengangkut barang medium. Meski secara keseluruhan ukuran cukup kecil. Apabila dibandingkan jenis-jenis truk lain.

Namun keuntungannya, truk ini bisa melewati jalanan kecil. Sehingga bisa masuk ke dalam gang sempit. Dengan modelnya yang mini.

  1. Truk Colt Diesel Dobel

Biasa disingkat truk CDD, truk ini memiliki 6 buah roda. Yang terdiri dari 2 roda di depan dan 4 roda di belakang. Truk jenis ini biasanya memiliki bak atau box sepanjang 4 meter. Dengan lebar dan tinggi sekitar 2 meter.

Truk ini mampu mengangkut barang maksimal 3-6 ton. Sementara kubikasinya kurang lebih 15 kubik. Di mana truk ini banyak dipakai mengangkut barang hasil pertanian. Seperti sayuran, buah-buahan dan lainnya.

  1. Truk Tronton

Truk angkutan barang ini memiliki 10 jumlah roda. Terdiri dari 2 roda di bagian depan. Serta 6 roda di bagian belakang. Truk tronton juga terdiri dari 3 sumbu. Yang artinya, truk ini punya barisan 3 roda sejajar bila dilihat dari samping.

Letak roda truk ini biasanya 2-4-4. Di depan 2, di tengah 4 di mana kanan kirinya double. Begitu juga yang paling belakang. Terdiri dari 4 roda dengan 2 di kanan dan 2 di kiri.

Panjang truk tronton standar kurang lebih 7 meter. Dengan lebar 2,5 meter dan tinggi bak 1,6 meter. Sementara kapasitas daya angkutnya diatas 13 ton. Dengan barang kubikasi 42-44 kubik.

  1. Truk Fuso

Merupakan truk yang umum untuk angkutan barang. Truk ini memiliki 6 roda. Yang mana terdiri dari 2 roda depan dan 4 roda belakang. Mirip truk CDD. Hanya saja ukurannya lebih besar dengan daya angkut 6-15 ton.

Ukuran panjang baknya pun bervariasi. Mulai dari 6-8 meter. Dengan lebar 2,2 meter dan tinggi 2 meter. Truk ini juga punya model yang beragam. Contohnya truk fuso bak standart, fuso long dan banyak lainnya.

  1. Truk Gandeng

Truk ini sebenarnya adalah truk fuso yang dimodifikasi. Dengan menambahkan bak di bagian belakangnya. Di mana disambung dengan bak depan.

Jenis ini termasuk truk angkutan kelas berat. Dengan ukuran sekitar 5-6 meter. Dan total keseluruhan sampai 10-12 meter.

Truk ini sendiri sering terlihat di jalanan besar. Mengangkut berbagai macam barang untuk antar kota antar provinsi.

  1. Truk Wing Box

Didesain untuk memudahkan akses bongkar muat barang. Truk jenis ini punya kelebihan bagian sisi samping yang bisa dibuka.

Wingbox mampu mengangkut barang hingga seberat 13-20 ton. Dengan kubikasi 50 kubik. Keunggulan dari truk ini, keamanan muat barang akan lebih terjamin. Sebab terlindungi dengan box-nya yang terbuat dari besi.

  1. Truk Trailer

Jenis truk ini didesain untuk mengangkut barang secara maksimal. Baik dari segi volume maupun tonase. Panjang baknya bahkan mencapai 14 meter. Dengan 45 ton beban muatan maksimal.

Truk ini biasa digunakan untuk pengiriman barang ekspor impor. Oleh sebab itu seringkali di jumpai di pelabuhan. Atau jalur lintas provinsi.

Layanan Jasa Angkutan Truk

Seperti yang kita ketahui sebelumnya. Pengiriman barang dengan angkutan truk banyak dilakukan. Apalagi ditambah dengan bisnis online sekarang ini. Karenanya, jenis truk-truk diatas kian banyak dibutuhkan.

Karena itu juga, jasa sewa truk semakin diperlukan. Sebab pasti akan sulit jika pebisnis harus punya truk sendiri. Sehingga akan lebih memudahkan bila bekerja sama dengan independent dispatch services. Guna memperoleh truk pengangkut lebih mudah.

Dengan kerja sama ini, penyedia jasa layanan truk juga bisa cepat mendapatkan muatan. Di mana ini akan saling menguntungkan. Pengiriman barang pun bisa dilakukan dengan aman. Menggunakan truk yang siap tersedia mengangkut barang.

Namun demikian, tentukan jenis truk angkutan yang cocok. Sesuaikan dengan barang yang akan dimuat. Untuk penggunaan armada truk yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *