Kesehatan

Jenis Vitamin Mata yang Dibutuhkan Agar Mata Tepat Sehat

Hidung, mata dna bibir merupakan bagian wajah yang sering diperhatikan oleh orang lain. Dari bagian wajah tersebut, mata menjadi bagian wajah yang paling banyak mendapatkan banyak perhatian. Orang lain yang memperhatikan mata kita biasanya melihat bentuk dan pancaran mata yang kita miliki. Meskipun kita memiliki bentuk deep set eyes, mata akan terlihat semakin menarik dan cantik jika menghasilkan pancaran mata yang indah. Untuk memiliki pencaran mata yang indah, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah menjaga kesehatan mata dengan baik dan benar. Guna menjaga kesehatan mata, vitamin mata merupakan hal yang dapat kita andalkan. Vitamin A menjadi salah satu jenis vitamin yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A merupakan vitamin yang dapat bekerja untuk mengubah cahaya menjadi impuls listrik yang nantinya akan dialirkan secara langsung menuju otak. Jika seseorang kekurangan asupan vitamin A, orang tersebut akan mengalami masalah pada penglihatan. Fungsi retina yang menurun menjadi dampak lainnya yang akan dialami oleh mereka yang kekurangan vitamin A. Akibat kinerja retina yang menurun, penglihatan akan terganggu dan mengakibatkan mata minus atau rabun jauh. Karena penglihatan seseorang akan berkurang dengan bertambahnya usia, mengkonsumsi vitamin A secara bertahap menjadi kebiasaan yang perlu untuk dilakukan agar penglihatan tidak semakin berkurang atau memburuk. Agar mata dapat selalu berada dalam keadaan baik dan penglihatan tidak terganggu, vitamin A bukan satu-satunya jenis vitamin yang dapat kita manfaatkan. Lutein dan zeaxanthin menjadi jenis asupan vitamin lainnya yang harus kita konsumsi demi memiliki mata yang sehat.

www.pexels.com

Mengenal Vitamin Mata Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin merupakan karotenoid dengan pingmen kuning hingga merah yang dapat kita temukan pada buah-buahan dan sayuran. Pada tanaman, kedua karotenoid ini memiliki fungsi untuk menyerap energi matahari berlebih agar tanaman tidak mengalami kerusakan. Tidak hanya terdapat pada tumbuhan, lutein dan zeaxanthin juga dapat kita temukan pada lensa mata, retina dan makula. Guna menjaga kesehatan mata dengan baik, mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin menjadi keputusan yang tepat untuk kita lakukan. Sekedar informasi, lutein dan zeaxanthin mampu mengurangi resiko terkena degenerasi makula mata dan katarak jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Karena peranan lutein dan zeaxanthin yang baik bagi mata, vitamin A bukan menjadi satu-satunya vitamin mata yang dapat kita konsumsi demi mendapatkan mata yang sehat.

Menjadi jenis vitamin yang jarang kita dengar, lutein dan zeaxanthin memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan mata. Sebagai jenis karotenoid yang mampu mencegah degenerasi makula, sudah selayaknya bagi kita untuk mengenal lebih lanjut akan manfaat dari lutein dan zeaxanthin tersebut. Untuk mengenal lebih lanjut akan manfaat dari lutein dan zeaxanthin, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Mampu memperlambat perkembangan penyakit yang berkaitan dengan mata

Salah satu manfaat dari lutein dan zeaxanthin adalah memperlambat perkembangan penyakit yang berkaitan dengan kesehatan mata. Sebuah penelitian mengatakan, mengkonsumsi lutein dan zeaxanthin dalam jumlah yang tepat mampu meringankan proses degenarasi makula. Akibatnya, perkembangan penyakit mata dapat diperlambat sehingga tidak mudah mengalami perkembangan.

  1. Mengatasi permasalahan penyakit katarak

Manfaat lutein dan zeaxanthin lain adalah untuk mengatasi permasalahan penyakit katarak. Katarak merupakan salah satu jenis penyakit mata yang umum dialami oleh mereka yang memasuki usia senja. Pencegahan terhadap penyakit katarak dapat diatasi dengan lutein dan zeaxanthin. Hal ini dapat disebabkan oleh kemampuan lutein dan zeaxanthin dalam menangkal radikal bebas penyebab katarak.

www.pexels.com

Sumber Makanan yang Baik untuk Mata

Vitamin A, lutein dan zeaxanthin tidak serta merta kita dapatkan melalui tubuh dengan sendirinya. Untuk mendapatkan vitamin mata tersebut, kita harus mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kandungan vitamin A, lutein dan zeaxanthin. Salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah bayam. Sebagai salah satu sayuran dengan kandungan zat besi yang tinggi, bayam juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang cukup. Seperti pembahasan sebelumnya, lutein dan zeaxanthin dapat kita manfaatkan untuk mencegah regenerasi makula dan penyakit katarak pada usia senja. Dengan mengkonsumsi bayam yang cukup, resiko terkena penyakit katarak dan regenerasi makula dapat berkurang. Selain bayam, berikut merupakan sumber makana lainnya yang dapat kita konsumsi untuk menjaga kesehatan mata dengan baik:

  1. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A. Tidak hanya vitamin A, pepaya juga mengandung flavonoid yang mampu mencegah kerusakan pada selaput lendir. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh buah pepaya juga dapat digunakan untuk mencegah mata dari peradangan.

  1. Labu

Labu menjadi sumber makanan lainnya yang baik untuk menjaga mata agar tetap sehat. Di dalam 100 gram labu, ada kandungan vitamin A sebesar 8.513 IU. Dengan kandungan vitamin A yang ada di dalam labu, tak mengherankan jika labu menjadi salah satu vitamin mata alami yang dapat dikonsumsi sesering mungkin.

www.pexels.com
  1. Tomat

Buah yang identik dengan warna merah berbentuk bulat ini menjadi pilihan buah lainnya yang dapat kita konsumsi demi menjaga kesehatan mata. Untuk menjaga agar mata selalu sehat, kita hanya perlu mengkonsumsinya satu buah setiap harinya. Dengan kandungan likopen yang dimiliki oleh timat, mata akan terlindung dari pancaran sinar UV yang merugikan. Tidak hanya mengandung likopen yang cukup tinggi, tomat juga mengandung vitamin E yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan retina. Dengan retina yang baik, maka penglihatan kita juga akan berada dalam keadaan yang baik.

  1. Pistachio

Pistachio menjadi salah satu jenis kacang yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko regenerasi makula. Kacang yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa lapar ini dapat pula digunakan untuk menangkal radikal bebas yang mengganggu penglihatan mata. Jika kacang Pistachio dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, kesehatan mata akan selalu terjaga,

  1. Custard apple

Custard apple menjadi buah yang mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk meningkatkan penglihatan. Tidak hanya itu, Custard apple juga mengandung vitamin B2 yang berfanfaat untuk mengusir radikal bebas.

www.pexels.com

Vitamin mata yang terdiri dari vitamin A, lutein dan zeaxanthin dapat dikonsumsi dalam jumlah yang semestinya sehingga masalah penglihatan dapat kita hindari. Selama mengkonsumsi vitamin A, lutein dan zeaxanthin, kita sebaiknya memberikan kesempatan bagi mata untuk beristirahat dalam waktu tertentu agar mata tidak lelah. Kebiasaan menggunakan kacamata hitam di siang hari dapat berguna melindungi mata dari pancaran sinar matahari yang merugikan. Dengan begitu, mata kita akan terjaga dengan baik dan akan selalu berada dalam keadaan yang sehat. Semoga dengan informasi yang telah dijelaskan di atas, kita tidak lagi salah dalam menjaga dan mengkonsumsi sumber makanan yang baik bagi mata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *