Wisata

Wisata Sejarah Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Berwisata merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang. Terlebih lagi untuk mereka yang super sibuk dan jarang sekali ada waktu walau hanya sekedar untuk liburan. Tentu saja waktu liburan merupakan hari yang akan ditunggu-tunggu bukan? Mengapa waktu liburan merpakan waktu yang paling ditunggu-tunggu untuk orang yang super sibuk?  Hal ini dikarenakan dengan melakukan perjalanan wisata tentu saja sama dengan kita merefresh otak kita dan berefreshing sehingga membuat pikiran kita menjadi lebih fresh. Ada kalanya otak kita juga harus direfresh agar lebih segar dan tidak suntuk. Jika kita sudah suntuk dan jenuh dengan segala rutinitas yang ada, pastinya ini juga akan mempengaruhi kinerja bukan? Kinerja anda bisa saja menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu refreshing sangat diperlukan dalam segala rutinitas yang ada.

Ada banyak pilihan wisata yang bisa anda pilih diantaranya adalah wisata hiburan, wisata rekreasi, wisata religi, wisata edukasi, sampai dengan wisata sejarah. Wisata sejarah di Indonesia merupakan salah salah satu tujuan wisata yang bisa memberikan kita pengetahuan dan merasakan sejarah yang ada di Indonesia. Wisata sejarah ini sangat cocok untuk anda kunjungi karena selain kita bisa berefreshing kta juga bisa mendapatkan manfaat pengetahuan dan informasi seputar sejarah di Indonesia.  Mungkin kebanyakan orang kurang tertarik dengan wisata sejarah yang kurang menghibur. Namun seperti kata pepatah yakni “jas merah” yang  berarti bahwa jangan sekali-sekali melupakan sejarah, membuat wisata sejarah ini sangat recommended  untuk dikunjungi.  Lalu apa saja pilihan wisata sejarah di Indonesia yang wajib untuk anda kunjungi? Tentu anda penasaran bukan? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini.

Apa Saja Wisata Sejarah di Indonesia Yang Recommended

Untuk anda yang penasaran apa saja deretan wisata sejarah di Indonesia yang bisa anda kunjungi, berikut adalah beberapa ulasannya dan tentunya tidak akan membuat anda kecewa dianaranya adalah sebagai berikut:

  1. Candi Borobudur. Candi ini merupakan salah satu bangunan candi yang sangat popular dan terkenal di Indonesia. Bahkan Candi Borobudur oleh UNESCO dijadikan sebagai salah satu warisan dunia. Tentu saja ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Indonesia bukan? Jika anda ingin mengunjungi situs wisata sejarah purbakala yang sangat terkenal ini, anda bisa mendatangi Magelang Jawa Tengah yang merupakan lokasi dari situs tersebut. Di sana anda bisa mendapati bangunan yangdibangun tidak menggunakan semen sama sekali. Bangunan tersebut bisa terbentuk dengan megah hanya menggunakan balok yang disusun sedemikian rupa dengan sistem kunci.  Sangat unik dan menarik bukan? Tidak heran jika situs yang berdiri sejak zaman kejayaan Hindu-Budha di Nusantara ini sangat banyak pengunjungnya yang berminat untuk melihat kemegahan bangunan candi tersebut.
  2. Kota Tua Jakarta. Untuk anda masyarakat Jakarta dan sekitarnya tentu saja tidak asing bukan dengan tempat ini? Tempat ini terletak di Ibukota Indonesia yakni Jakarta. Mengapa Kota Tua dijadikan tempat wisata sejarah? Hal ini dikarenakan Kota Tua merupakan pusat kota pada zaman penjajaahan Belanda dulu. Untuk bisa ke tempat ini sangatah mudah. Lokasinya yang terletak di tengah kota membuat anda bisa dengan mudah mengaksesnya dengan berbagai transportasi seperti kendaraan umum bus trans Jakarta, kereta api, ataupu kendaraan pribadi.

    bloggerjakarta.com
  3. Benteng Fort Rotterdam, merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Sulawesi. Tempat wisata yang lebih dikenal dengan wisata sejarah Benteng Ujung Pandang ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Gowake ke-9. Benteng ini terbuat dari batu padas yang mana dulunya sempat menggunakan tanah liat. Menurut sejarah, benteng ini dulu diserahkan kepada pemerintahan Belanda yakni VOC karena kerajaan Gowa mengalami kekalahan pada saat pertempuran. Kemudian benteng ini dijadikan sebagai pusat pertahanan dan penampungan rempah-rempah untuk wilayah Indonesia Timur.
  4. Taman Sari Yogyakarta. Tempat ini merupakan salah satu dari banyak tempat wisata  bersejarah yang ada di  Seperti yang kita tahu bahwa Yogyakarta sangat kental dengan sejarahnya yang kuat. Tempat ini dulunya merupakan taman dari istana keratin Yogyakarta Hadiningrat yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Hamengkubuwono pertama yakni sekitar tahun 1755. Tempat ini dibangun tepat pada saat perjanjian Giyanti dibangun. Lokasi taman wisata ini sangatlah strategis, yakni terletak di 0,5 kilometer sebelah kanan dari Kraton Yogyakarta.  Tempat ini sangat cocok untuk refreshing karena tempat dan udaranya yang masih sejuk dan asri yang akan membuat anda lebih fresh. Tempat ini memiliki bagian tempat yang sakral, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal, dan juga lorong bawah tanah. Karena viewnya yang bagus, tidak heran jika tempat ini sangat terkenal baik di media sosial ataupun di internet. Dijamin anda tidak akan kecewa jika pergi berwisata di tempat ini.
  5. Situs Purbakala Kokas. Kali ini kita akan mengulas tempat wisata sejarah di Indonesia yang ada di Papua Barat tepatnya di daerah Fakfak. Tempat wisata ini merupaka tempat wisaa sejarah yang paling Timur di Indonesia. Untuk menuju ke sana anda pun harus menempuh perjalanan yang sangat panjang. Dari terminal Fakfak pun anda harus menempuh perjalanan sekitar kurang lebih dua jam untuk sampai di lokasi. Sampai di titik lokasinya pun anda juga harus naik longboat lagi dengan waktu satu jam untuk bisa melihat situs purbakala kokasnya. Sampai sana anda bisa melohat dengan jelas situs purbakala yang bersejarah tersebut. Terlebih lagi jika waktu ait laut sedang pasng, anda bisa melihat lebih jelas karena perahunya bisa lebih mendekat di stus tersebut. Tempat wisata ini memiliki lukisan cap tangan warna merah di tebing. Oleh karena itu masyarakat lokal menyebut situs tersebut dengan nama Tapuparang.
  6. Candi Prambanan. Candi ini merupakan salah satu candi hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini juga biasa dikenal dengan Cndi Roro Jonghrang karena menurut sejarah Candi ini dipersembahkan untuk Roro Joggrang yang dibangun selama semalam dengan 1000 candi sebagai persyaratan untuk meminangnya. Namun karena Roro Jonggrang sebenarnya tidak mau dengan menjadi istri Bandung Bondowoso sehingga dia mencari cara agar menggagalkan pekerjaan candinya yang kurang satu buah pada malam harinya. Oleh karena itu candinya menjadi 999 buah dan satunya adalah Roro Jonggrang itu sendiri karena dikutuk oleh Bandung Bondowoso karena telah menggagalkan pembangunannya. Sehingga bangunan tersebut utuh menjadi seribu buah. Cerita tersebut menjadi daya tarik tersendiri oleh kebanyakan orang, sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik mengunjungi Candi Hindu terbesar di Indonesia terebut karena penasaran dengan Candi Roro Jonggrang yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso.
  7. Lawang Sewu. Tempat ini merupakan salah satu gedung bersejarah yang ada di Semarang. Tempat ini dulunya merupakan kantor yang sangat berpengaruh pada masa penjajahan, lebih tepatnya adalah NIS (Nederlands-Indhische Spoorweg Maatschappij). Gedung ini dibangun pada tahun 1904 sampai dengan 1907.
  8. Makam Bung Karno. Siapa yang tidak kenal dengan salah satu tempat bersejarah ini? Salah satu pemakaman dari tokoh bersejarah dan berpengaruh dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sekaligus sebagai presiden pertama Republik Indonesia ini dirancang dan diabadikan sedemikian rupa di Blitar. Blitar merupakan salah satu kota kelahiran dari Bapak Presiden Pertama kita yakni Soekarno. Selain bisa anda gunakan untuk takziah dan   mendoakan Presiden pertama Republik Indonesia, anda bisa membeli oleh-oleh seperti baju Bung Karno, Soevenir yang berbau dengan Bung Karno, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, di dalam tempat tersebut juga tersedia perpustakaan negara yang sangat terkenal yang tersedia berbaga buku bahkan buku langka sekalipun. Anda juga bisa melihat-lihat berbagai lukisan Bung Karno dan juga tokoh pahlawan Indonesia lainnya.
  9. Istana Maimun atau yang lebih dikenal dengan naman istana Putri Hijau. Tempat ini merupakan salah satu tempat kebesaran dari Kerajaan Deli. Oleh karena itu tempat ini dikenal dengan  sebutan istana. Walaupun namanya adalah Istana Putri Hijau namun bukan berarti warna tempat itu didominasi oleh warna hijau. Warna tempat ini didominasi oleh warna kuning. Tempat ini juga merupakan salah satu ikon dari kota Medan tepatnya di provinsi Sumatera Utara. Tempt ini didesain       secara khusus oleh arsitek Italia dan Sultan Mahmud Al Rasyid atau yang biasa dikenal dengan Sultan Deli adalah yang membangun.  Pembangunannya dimulai pada 26 Agustus 1888 dan terselesaikan pada 18 Mei 1892.  Dengan bangunan yang cukup luas yakni sekitar 2772 meter persegi ini memiliki dua lantai dan beberapa bagian ruangan yang sangat terkenal . Salah satunya adalah Meriam. Mayarakat lokal di Medan menyebut ini denga Meriam Puntung  yang memiliki hubungan dengan Putri Hijau yang konon merupakan salah satu putri yang cantik jelita pada masa itu.

    wikimedia.org
  10. Kembali lagi Ke Yogyakarta yang memiliki tempat wisata sejarah yang sangat terkenal yakni Benteng Vredeburg. Bangunan ini sangat erat kaitannya dengan lahirnya kesultanan di Yogyakarta. Berdirinya bangunan ini bertepatan dengan adanya perjanjian Giyanti yang merupakan hasil politik Belanda yang selalu ikut campur urusan kerajaan di Jawa pada saat itu. Benteng tersebut dijadikan benteng strategi Belanda untuk memudahkan dalam mengontrol perkembangan kraton yang kemudian dengan mudah bisa mengatur strtaegi dan menyerang kraton yang ada di Jawa.

Itulah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai beberapa tempat  wisata sejarah di Indonesia yang wajib untuk anda kunjungi dan sangat recommended untuk anda.  Selain untuk berwisata dan berefreshing anda pun juga bisa menambah informasi dan juga pengetahuan mengenai sejarah-sejarah di masa lampau yang turut mendorong kemajuan dan perkembangan negara Indonesia.  Tidak hanya yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia. Terlebih lagi di wilayah Yogyakarta yang banyak memiliki tempat wisata bersejarah lainnya. Untuk mengunjunginya anda bisa menggunakan paket tour jogja yang sangat murah dan tersedia berbagai pilihan wisata dan budget yang tentunya sangat memudahkan anda. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja pilih tempat wisata mana yang akan anda kunjungi pertama kali sebagai tujuan wisata anda pada liburan pekan depan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *