Umum

Mengenal Sistem Epoxy Lantai

Apabila saat ini anda sedang mencari informasai tentang epoxy lantai maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Cat epoxy merupakan sebuah cat lantai yang terdiri dari dua komponen yang dikombinasikan dengan polimer amina sebagai Hardener dan polomer epoxy sebagai cat. Kedua komponen tersebut di campur dengan takaran yang tepat agar membentuk dengan baik dan hasilnya kering sempurna. Setelah proses pencampuran, cat tersebut dapat diterapkan pada berbagai metode pengerjaan didalam sistem epoxy.

Sistem epoxy lantai ini memiliki keunggulan utama pada sifat lapisannya yang kuat. Lapisan ini tahan terhadap berbagai bahan kimia dan thinner. Selain itu sistem ini memiliki daya tahan yang kokoh terhadap gesekan atau abrasi.

Secara umum Cat epoxy ini digunakan untuk pengecetan lantai beton. Cat ini juga dapat anda terapkan pada lantai bengkel dan garasi. Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk dibersihkan ketika terkena bekas oli kendaraan. Selain itu juga dapat diaplikasikan pada dinding, keramik, lantai kamar mandi, logam dan masih banyak lainnya. Cat ini memiliki tampilan yang menarik dengan berbagai warna pilihan. Anda pun dapat memesan khusus warna kesukaan agar lebih memuaskan.

pxhere.com

Sistem Epoxy Lantai

Epoxy Coating merupakan sistem epoxy lantai yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Epoxy coating ini berbahan dasar resin yang khusus digunakan untuk mengecat lantai beton. Keberhasilan dan kekuatan sistem aplikasi epoxy coating ini dipengaruhi oleh kualitas permukaan beton yang akan anda cat.

Apabila permukaan lantai beton yang bagus maka dapat dipastikan cat epoxy coating ini dapat melekat dengan kuat dan dapat tahan lebih lama. Sistem ini biasanya akan diterapkan pada ketebalan0,8 mk sampai 3 mm. Peran lingkungan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan  pengecatan lantai pada ketebalan 3 mm.

Cat epoxy ini lebih lengket dan tebal kalau dibandingkan dengan cat biasa. Para aplikator biasanya akan menggunakan alat roll khusus untuk membuat lantai lebih halus ketika finish. Kalau diterapkan pada permukaan yang basah seperti kamar mandi maka perlu ditambahkan butiran pasir silica agar dapat membantu menutup  pada permukaan glossy. Hal ini tentunya bertujuan agar lantai tidak licin ketika basah. Metode ini juga diterapkan ketika akan melakukan pengecetan lantai kolam renang.

Epoxy lantai ini sangat cocok digunakan pada pabrik, rumah tinggal, ruang kantor, rumah sakit, dapur, area parkir dan masih banyak lagi lainnya. Cat lantai ini memiliki banyak manfaat seperti tahan dengan lalu lintas roda baja dan tidak harus mengganti lantai beton yang sudah ada. Selain itu cat ini juga tahan terhadap gesekan, tahan terhadap bahan kimia dan terlihat lebih mengkilap.

pxhere.com

Jenis-Jenis Sistem Epoxy Lantai :

  1. Epoxy mortar

Mortar merupakan jenis sistem epoxy yang paling kuat daripada sistem lainnya. Bahan mortar ini terdiri dari 100% padatan yang sudah dikombinasikan dengan pasir kuarsa atau pasir silica. Setem ini sangat kokoh, tahan terhadap bahan kimia, tahan terhadap benturan dan tentunya tahan lama. Sistem ini juga sangat efektif untuk memperbaiki lantai yang berlubang. Selain itu juga dapat digunakan sebagai leveling, untuk mengurangi permukaan lantai beton yang bergelombang atau kurang rata. Sistem ini digunakan untuk lantai dengan ketebalan 3 sampai 10 mm. sistem cat ini cocok digunakan untuk lantai gedung, dapur komersial, kamar mekanik, garasi dan area yang sering dilewati oleh alat berat.

  1. Sistem epoxy lantai self leveling

Sistem ini paling banyak digunakan, namun sistem ini tidak dapat diaplikasikan pada lantai beton yang kondisinya masih baru. Sehingga sistem lantai self leveling ini lebih tepat digunakan pada lantai beton yang kondisinya sudah lama. Kondisi lantai yang sudah retak dijadikan halus dan terlihat lebih mulus sehingga akan mudah dalam pemeliharaan.

Sistem cat lantai ini sudah tersedia dalam berbagai pilihan warna. Sistem epoxy lantai ini dibutuhkan ketika anda sedang membutuhkan estetik. Sistem self leveling ini sangat cocok diaplikasikan pada gudang, ruang pameran, dapur, tempat parkir, gelanggang olahraga dan lainnya.

  1. Sistem epoxy lantai anti-Static

Sistem ini merupakan sistem yang berbahaya digunakan di lingkungan kerja. Siste lantai ini mengandung konduktif yang berfungsi sebagai grounding untuk menetralkan setiap potensi statis. Sistem laintai ini lebih disarankan digunakan pada lingkungan yang mengandung bahan yang mudah terbakar seperti fasilitas kesehatan, daerah yang terdapat gas dan cairan mudah terbakar.

pxhere.com
  1. Sistem epoxy flake

Sitem lantai Flake ini dibuat dengan menaburkan serpihan chip di atas lapisan yang masih basah. permukaan chip ini agak kasar sehingga dapat mencegah permukaan licin ketika basah. Serpihan ini sudah tersedia dengan berbagai tekstur, gaya dan ukuran yang dapat dicampur serta dikombinasikan sesuai pilihan anda. sistem cat ini dapat anda aplikasikan pada kamar ganti, dapur komersil, ruang pameran otomotif dan gelanggang olahraga.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lengkap terkait jasa epoxy lantai maka silahkan hubungi layanan epoxy lantai yang ada di daerah anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang perkembangan sistem epoxy lantai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *