Islam

Sejarah Peradaban Islam dan Fashion Muslim di Dunia

Sudah lebih dari 14 abad peradaban Islam terbangun oleh umatnya, selama itu tentu saja ada catatan penting yang menjadi sebuah sejarah. Jika dilihat dari sejarahnya sebenarnya Islam bukan merupakan agama yang baru saja ada 14 abad yang lalu melainkan pada abad tersebut ajarannya semakin disempurnakan oleh Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wassalam.

Islam adalah agama yang mengajarkan umatnya tentang ketauhidan dan perintah untuk menyembah Allah SWT dari zaman Nabi Adam hingga saat ini. Nah buat anda yang ingin mengetahui tentang catatan sejarah peradaban Islam maka simaklah urainnya dibawah ini.

www.pexels.com

Islam Sebelum Masa Kenabian Muhammad SAW

Hampir semua masyarakat dunia beranggapan bahwa agama Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Anggapan ini tentunya tidak tepat karena Islam telah ada sejak Nabi Adam AS meskipun ajarannya belum sempurna seperti sekarang ini.

Sebelum Nabi Muhammad SAW ada para rasul sebelumnya hanya menyampaikan wahyu atau ajaran kepada umatnya masing-masing. Seperti misalnya Nabi Musa yang diutus untuk kaum Bani Israil kemudian Nabi Luth yang diutus untuk kaum Negeri Sodom. Hal ini tentu berbeda dengan Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad yang bersifat menyeluruh.

Penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Rasul dan Nabi bukanlah hal yang mudah, terdapat cukup banyak pertentangan keras di masyarakat. Tak jarang para Nabi dan Rasul justru mendapatkan perlakuan yang kejam dan dilakukan oleh kaum kafir.

Meski demikian dalam periode penyebaran tersebut ada kejadian penting yang menjadi sebuah sejarah seperti pada saat dibangunnya Baitullah yang kemudian dikenal sebagai Ka’bah ketika zaman Nabi Ibrahim. Sejarah-sejarah tersebut terus berlanjut dari Nabi ke Nabi dan Rasul hingga sampai pada Nabi Muhammad SAW.

www.pexels.com

Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabi’ul Awwal dan kelahirannya merupakan permulaan dalam penyempurnaan agama Islam seperti sekarang ini. Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dan menerima wahyu melalui Malaikat Jibril. Wahyu tersebut kita kenal sebagai Al-Qur’an dan menjadi sebuah pedoman hidup bagi umat muslim.

Bukan hanya Al-Qur’an namun perkataan Nabi Muhammad SAW juga menjadi sebuah pedoma, perkataan tersebut dikenal sebagai Hadits. Pada masa Muhammad SAW ada banyak sekali catatan sejarah untuk umat Islam. Seperti misalnya adanya peperangan umat islam yaitu perang Uhud, Badar, dan juga perang lainnya.

Catatan sejarah yang tak kalah penting adalah pada saat terjadinya perang yang dimenangkan oleh Rasullolah dan mampu merebut kota Mekah. Sejarah tersebut dikenal dengan peristiwa Fathul Mekah, peristiwa inilah yang membuat banyak kaum Arab yang kemudian memeluk Agama Islam.

Catatan sejarah berikutnya adalah tentang dimulainya pembangunan peradaban umat Islam, hal ini dimulai dari dikembalikanna fungsi Ka’bah. Ka’bah dibersihkan, disucikan dan dibebaskan dari yang namanya berhala yang merupakan persembahan kaum Quraisy. Selain itu dibangun juga Masjid Nabawi, dan Masjid besar lainnya yang dijadikan sebagai tempat beribadah bagi umat muslim.

Perkembangan penyebaran Islam juga semakin meluas bukan hanya terjadi di Arab namun di luar negara atau daerah yang lain. Nabi Muhammad SAW mengirimkan utusan untuk ke kerajaan Persia dan Kerajaan lain yang berada di sekitar Jazirah Arab, tentu proses ini mendapatkan penolakan.

Setelah Nabi Muhammad SAW wafat kepemimpinan umat islam dalam peradaban diteruskan oleh para Khalifah. Mereka disebut sebagai Khulafaur Rasyidin, ada empat khalifah besar yang termasuk di dalamnya. Ke empat khalifah tersebut adalah Abu Bakar As Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan yang terakhir adalah Ali bin Abi Thalib.

Pada masa kepemimpinan keempat Khalifah tersebut ada juga catatan sejarah yang penting yaitu terjadinya perang riddah yang terjadi ketika kepemimpinan Abu Bakar As Siddiq. Kemudian beliau juga melakukan pembinaan dalam bidang administrasi pemerintah dan mulai memberlakukan Musyawarah dalam menentukan sebuah keputusan. Selain itu beliau juga memulai untuk menyebarkan agama Islam hingga ke Syria.

Selanjutnya adalah Masa Khalifah Umar bin Khattab yang memulai untuk mengintegrasi pembangunan administrasi pemerintahan. Beliau memisahkan kekuasaan legislatifm yudikatif dan juga eksekutif. Selain itu beliau juga mulai memberlakukan sistem gaji bagi semua elemen masyarakat yang bekerja.

Untuk masa Khalifah Usman bin Affan, beliau menyebarkan Islam hingga sampai di Turki, Armenia, dan sekitarnya. Pada masa kepemimpinannya juga terjadi perluasaan wilayah Masjid Nabawi yang ada di Madinah. Sedangkan pada Masa Khalifah Ali bin Abi tholib yang membuat terjadinya perpecahan diantara umat muslim dan munculnya pemberontakan kaum murtad.

Setelah beliau wafat maka pemerintahan Islam dilanjutkan oleh kekuasaan Bani Umayyah dan juga Bani Abbasiyah. Setelah itu peradaban terus berjalan hingga mencapai saat ini, sekarang agama Islam telah tersebar di seluruh penjuru negeri. Ada banyak sekali perubahan yang terjadi dan sesuai dengan perubahan zaman. Salah satu perubahannya adalah dalam bidang fashion muslim, untuk lebih jelasnya maka bisa anda simak dibawah ini.

www.pexels.com

Perkembangan Fashion Muslim di Dunia

Fashion busana muslim di dunia mengalami perubahan trend yang cukup signifikan, bisa dibilang bahwa pakaian muslim saat ini tidak akan membuat penggunanya terkesan tidak up to date dan ketinggalan zaman. Ada banyak sekali model pakaian muslim yang bisa membuatmu terlihar trendi namun tidak meninggalkan ketentuan ajaran Islam dalam berbusana. Seiring perkembangan zaman saat ini ada banyak sekali model gamis terbaru dan aneka pilihan busana muslim lain yang bisa digunakan oleh muslimah.

Perkembangan fashion muslim ini memang tidak bisa terlepas dari semakin banyaknya designer yang terjun dalam bidang ini. Dengan adanya trend ini memang bisa memunculkan efek yang positif karena muslimah tidak merasa ragu lagi untuk menggunakan pakaian muslim. Mereka bisa tampil mempesona namun tetap bisa menjaga aurat dengan tidak menggunakan pakaian yang dilarang dalam agama.

Banyak sekali jenis pakaian untuk muslimah yang ada di pasaran yang muncul berdasarkan pada kebutuhan dan kemampuan setiap individu. Selain itu hijab pun juga semakin beragam sehingga bisa digunakan untuk menunjang kegiatan anda sehari-hari.

www.pexels.com

Perkembangan fashion muslim ini juga tidak bisa dipungkiri berimbas pada perkembangan dunia bisnis. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya peluang sehingga memunculkan pengusaha baru yang mampu menyerap tenaga kerja sehingga bisa saling bermanfaat bagi semua. Tentu dengan semua proses ini menjadi sebuah hal yang positif dan patut untuk diapresiasi bukan.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai perkembangan peradaban Islam dan juga perkembangan fashion muslim yang terjadi di dunia. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan bagi anda semua. Mengikuti sebuah trend fashion memang bukan merupakan hal yang salah namun tetaplah berpegangan pada aturan agama. Islam mengatur bagaimana umatnya berbusana tentu memiliki tujuan yang baik yaitu untuk melindungi anda. Jadi bersikaplah bijak dalam mengikuti trend fashion yang ada pada zaman sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *